Cara Root Infinix Hot 6 Pro Dan Install TWRP Recovery

Update :

Advertisement

Cara Root Infinix Hot 6 Pro – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Infinix Hot 6 Pro di bawah.

Advertisement

Infinix kembali menghadirkan smartphone terjangkau untuk dirilis di Indonesia, kali ini smartphone itu muncul dari seri Infinix Hot. Direncanakan sebagai penerus Hot 5 Pro yang sepertinya tidak diluncurkan secara resmi di Indonesia, kali ini lewat Infinix Hot 6 Pro, pihak Infinix tentunya menginginkan smartphone ini untuk dapat menguasai pasar yang ditargetkannya.

Dilihat dari spesifikasinya, sepertinya Infinix Hot 6 Pro menyasar pasar menengah kebawah yang selama ini selalu dikuasai oleh Xiaomi di Indonesia. Dengan spesifikasi kekinian seperti layar yang sudah FullView berasio 18:9 dan dual kamera, tentunya Infinix Hot 6 Pro akan menjadi penantang yang serius dalam segmen pasar menengah kebawah ini.

Advertisement
Cara Root Infinix Hot 6 Pro - TutorAplikasi

Layarnya yang FullView ini memiliki bentang yang cukup luasa, yakni selebar 6 inci dan memiliki kecerahan layar 500 nits dan mode “Eye Care” yang diklaim oleh Infinix dapat meningkatkan pengalaman dalam gaming dan multimedia. Selain itu, Infinix juga mengklaim layar Hot 6 Pro cukup aman untuk digunakan untuk membaca pada malam hari.

Seperti yang sudah saya singgung diatas, Infinix Hot 6 Pro hadir dengan dual kamera di bagian belakangnya, dan hal itu sudah menjadi tren ponsel yang dirilis belakangan ini. Dual kamera tersebut memiliki resolusi 13 MP dan 2 MP yang dipadukan dengan fitur PDAF dan sensor dept of field untuk memotret dengan efek bokeh.

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang juga dilengkapi dengan fitur Face Unlock. Untuk dapur pacu yang digunakan, Infinix Hot 6 Pro memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 425 yang berjalan pada konfigurasi Quad-core Cortex-A53.

Advertisement

Cukup disayangkan karena prosesor ini sebenarnya sudah cukup usang, sekedar informasi saja, prosesor ini juga dipakai oleh smartphone Xiaomi Redmi 5A yang dijual tidak lebih dari sejuta. Namun tetap saja, prosesor ini sudah cukup baik untuk disematkan ke dalam ponsel.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai yang cukup besar khas ponsel-ponsel Infinix lainnya, kali ini baterainya memiliki kapasitas 4000 mAh. Ada dua varian Infinix Hot 6 Pro yang tersedia, yakni RAM 2GB ROM 16GB dan RAM 3GB ROM 32GB.

Untuk pemasaran pertamanya, Infinix Hot 6 Pro akan dijual lewat flash sale di Lazada dengan harga Rp1.5 juta untuk model RAM 2GB serta Rp1.8 juta untuk model RAM 3GB. Namun jika sudah lewat dari flash sale, maka harga normal dari Infinix Hot 6 Pro akan naik masing-masing 100 ribu.

Sebelum dapat melakukan root pada Infinix Hot 6 Pro, download terlebih dahulu file di bawah ini:

Kami tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada ponsel Infinix Hot 6 Pro (X606B) milikmu. Do With Your Own Risk. Cara ini juga akan menghapus semua data di hp.mu, jadi pastikan untuk backup terlebih dahulu.

Cara Unlock Bootloader Infinix Hot 6 Pro (X606B)

Seperti yang sudah disinggung diatas, sebelum dapat melakukan proses root, terdapat beberapa persyaratan, salah satunya adalah Unlock Bootloader, jadi ikuti langkah- langkah berikut ini untuk dapat membuka bootloader ponsel Infinix Hot 6 Pro milikmu.

Advertisement

Langkah #1. Pertama, buka Settings > About Phone > kemudian tekan sebanyak tujuh kali pada bagian “Build Number” hingga ada notifikasi bahwa developer option sudah aktif.

Langkah #2. Kemudian kembali ke Settings, lalu cari menu “Developer Options” dan aktifkan “USB Debugging” serta “OEM Unlocking”

Langkah #3. Buka aplikasi Minimal ADB Fastboot yang sudah dipasang tadi.

Langkah #4. Koneksikan ponsel ke dalam PC, tunggu sebentar. Kemudian di dalam jendela CMD tersebut, ketik :

adb devices

Langkah #5. Perhatikan layar ponsel Infinix Hot 6 Pro milikmu, pastikan pilih OK atau Allow untuk mengijinkan USB Debugging.

Advertisement
Pilih Allow USB Debugging Android - TutorAplikasi

Langkah #6. Setelah itu, ketik lagi perintah berikut ini :

adb reboot bootloader

Masuk ke mode fastboot - TutorAplikasi

Perintah tersebut digunakan untuk reboot ponsel Infinix Hot 6 Pro ke mode fastboot.

Langkah #7. Ketik perintah di bawah ini untuk UBL Infinix Hot 6 Pro milikmu.

fastboot oem unlock

Ikuti instruksi yang ada di sana, tekan volume keatas untuk mengkonfirmasi, ingat! Proses ini akan menghapus semua data di dalam ponsel.

Advertisement

Langkah #8. Setelah selesai, reboot ponsel dengan cara menekan tombol power selama kurang lebih 10 detik dan tunggu hingga ponsel menyala.

Cara Memasang TWRP Infinix Hot 6 Pro (X606B)

Langkah #1. Ekstrak file TWRP dan copy file TWRP ke dalam folder Minimal ADB Fastboot yang terletak di C:Program FIles (x86)MInimal ADB and Fastboot. Copy juga file Noverity dan Magisk ke dalam folder tersebut.

Langkah #2. Rename file Noverity menjadi Noverity dan rename file Magisk menjadi Magisk.

Langkah #3. Pastikan USB Debugging sudah aktif, lalu koneksikan ponsel ke PC dan buka aplikasi Minimal ADB Fastboot.

Langkah #4. Setelah itu, masuk ke dalam bootloader mode dengan cara seperti di atas.

Langkah #5. Setelah itu, kembali ketik perintah berikut untuk memastikan ponsel sudah terkoneksi dengan baik :

Advertisement

fastboot devices

Menegcek ponsel konek di fastboot mode - TutorAplikasi

Akan terdapat angka dan huruf random di samping tulisan fastboot jika ponsel sudah terkoneksi dengan baik.

Langkah #6. Saat sudah masuk ke mode bootloader, install TWRP dengan cara mengetik perintah berikut :

fastbooot flash recovery recovery.img

Proses pemasangan TWRP akan berlangsung dan tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, kamu akhirnya sudah berhasil memasang TWRP di Infinix Hot 6 Pro (X606B).

Cara Root Infinix Hot 6 Pro (X606B)

Kami asumsikan kamu sudah berhasil memasang TWRP dan ponsel masih dalam mode Fastboot. Jangan menyalakan ponsel terlebih dahulu, namun tekan dan tahan tombol Volume Up + Power. Setelah ponsel mati dan bergetar, lepaskan tombol Power, namun masih tahan tombol Volume.

Advertisement

Langkah #1. Dengan mengikuti cara di atas, kamu seharusnya sudah masuk ke mode TWRP Recovery dan pada saat pertama kali mungkin TWRP akan meminta passwor, klik cancel saja.

Langkah #2. Kemudian TWRP akan meminta ijin memodifikasi sistem, jadi swipe ke Allow Modification.

swipe to allow modification twrp

Langkah #3. Kemudian pilih Advanced dan pilih ADB Sideload.

swipe to sideload twrp

Langkah #4. Kemudian pada aplikasi Minimal ADB Fastboot, ketik perintah berikut :

adb sideload Noverity.zip

Langkah #5. Setelah proses memasang Noverity selesai, kembali lagi ke menu utama TWRP dan kali ini pilih Wipe > Format Data.

Advertisement
Format-Data-in-TWRP

Langkah #6. Kali ini kembali lagi aktifkan ADB Sideload seperti cara di atas, dan ketik perintah ini di aplikasi Minimal ADB Fastboot :

adb sideload Magisk.zip

Tunggu hingga proses selesai

Langkah #7. Setelah proses selesai, pilih Reboot System untuk restart ponsel.

Proses ADB Sideload selesai dan reboot system - TutorAplikasi

Proses reboot ini memang cukup lama, jadi kami sarankan kamu untuk lebih bersabar. Waktu yang dibutuhkan untuk reboot bisa mencapai 10 hingga 15 menit. Setelah selesai reboot, ponsel Infinix Hot 6 Pro (X606B) milikmu sudah berhasil diroot.

Begitulah cara root Infinix Hot 6 Pro dengan menggunakan PC, untuk lebih meyakinkannya lagi, silahkan download aplikasi root checker yang ada di PlayStore. Tunggu juga artikel selanjutnya tentang cara flash Infinix Hot 6 Pro. Sobat juga dapat melihat cara flash Infinix Hot 6 Pro  disini.

Advertisement
Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Cara Root Infinix Hot 6 Pro Dan Install TWRP Recovery”

  1. Pingback: Cara Flash Infinix Hot 6 Pro (Hanya 10 Menit Saja) - TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *