Cara Root Infinix Zero 5 X603 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Last Updated on

Cara Root Infinix Zero 5 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Infinix Zero 5  (X603) – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Infinix Zero 5 di bawah.

Infinix Zero 5 merupakan salah satu smartphone terbaru yang dirilis oleh pihak Infinix Mobility pada 3 bulan yang lalu. Dan seperti halnya ponsel Infinix lainnya, sektor kamera menjadi unggulan smartphone ini.

Dan pada awal tahun ini, secara resmi Infinix Zero 5 masuk ke Indonesia, setelah sebelumnya juga sudah hadir Infinix Zero 3 dan 4. Penampilan dan desain dari Infinix Zero 5 memiliki perbedaan dibandingkan dengan ponsel – ponsel lain produksi Tiongkok.

Hal ini membuat penampilan dari ponsel ini lebih menyegarkan sebab pengguna tidak lagi dipertontonkan desain yang selalu itu – itu saja. Infinix Zero 5 memiliki layar selebar 5,98 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080), namun masih menggunakan rasio 16:9, tidak mengikuti tren smartphone yang memiliki rasio 18:9.

Ponsel berbahan metal ini juga sudah mengadopsi teknologi USB terbaru, yakni USB Type-C dan ponsel ini merupakan yang pertama dari Infinix yang mengadopsinya. Untuk spesifikasi sendiri, Infinix Zero memakai prosesor terbaru dari MediaTek, yakni MT6757 CD octa-core 2.6 GHz dan didukung oleh GPU Mali-T880 MP2.

Sedangkan dari segi RAM, Infinix Zero 5 memiliki RAM yang jumbo, yakni sebesar 6 GB dan memori internal sebesar 64 GB. Kemudian kamera belakang yang menjadi daya tariknya menggunakan “Dual Camera” yang terdiri dari 12 MP wide-angle dan 13 MP telephoto, kamera tersebut dapat melakuan digital zoom sebesar 10x.

Tentunya dengan spesifikasi kamera diatas, hasil foto yang dihasilkan pasti sangat baik. Sedangkan kamera depan juga tidak luput dari perhatian pihak Infinix Mobility karena Infinix Zero 5 ini memiliki kamera depan dengan resolusi 16 MP yang diklaim dioptimalkan untuk penggunaan selfie.

Infinix Zero 5 menggunakan baterai sebesar 4350 mAh dan berjalan pada XOS Hummingbird yang berbasis Android 7 Nougat. Infinix Zero 5 sendiri dibandrol dengan harga Rp 3.499.00 di Indonesia, harga yang menarik untuk ponsel flagship ini.

Sebelum dapat melakukan root pada Infinix Zero 5, lihat terlebih dahulu persyaratan di bawah ini:

  1. Baterai ponsel usahakan 50% keatas.
  2. Gunakan kabel USB original.
  3. Unlock Bootloader, dijelaskan di bawah.
  4. Download tool root Infinix Zero 5 (X603).

    Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Infinix Zero 5 sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do with your own risk.

    Note2: Terlebih dahulu lakukan full backup karena proses ini akan menghapus memori internal ponsel

Cara Unlock Bootloader Infinix Zero 5 (X603)

Seperti yang sudah disinggung diatas, sebelum dapat melakukan proses root, terdapat beberapa persyaratan, salah satunya adalah Unlock Bootloader, jadi ikuti langkah – langkah berikut ini untuk dapat membuka bootloader ponsel Infinix Zero 5 sobat.

Baca Juga :  Cara Flash Oppo A57 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja

Langkah#1. Pertama, buka Settings > About Phone > kemudian tekan sebanyak tujuh kali pada bagian “Build Number” hingga ada notifikasi bahwa developer option sudah aktif.

Langkah#2. Kemudian kembali ke Settings, lalu cari menu “Developer Options” dan aktifkan “USB Debugging” serta “OEM Unlocking”

Langkah#3. Lalu install aplikasi “minimal adb fastboot” yang sudah saya sediakan dalam paket download tadi.

Langkah#4. Setelah selesai menginstal, buka C:Program FIles (x86)MInimal ADB and Fastboot. Lalu tekan dan tahan tombol Shift di keyboard sembari klik kanan, pilih “Open command window here”. Jendela CMD kemudian akan keluar.

cara root

Membuka jendela CMD

Langkah#5. Koneksikan ponsel ke dalam PC, tunggu sebentar. Kemudian di dalam jendela CMD tersebut, ketik

adb device

Kemudian lihat ponsel sobat untuk memberikan ijin mengakses adb.

Langkah#6. Lalu masuk ke mode bootloader dengan cara ketik

adb reboot bootloader
Cara Unlock Bootloader Semua Tipe Motorola dengan Mudah dan CepatCara Unlock Bootloader Semua Tipe Motorola dengan Mudah dan Cepat

Tampilan Fastboot/Bootloader mode

Langkah#7. Setelah masuk ke mode bootloader, ketik

fastboot oem unlock

Ikuti instruksi yang ada di sana, tekan volume keatas untuk mengkonfirmasi, ingat! Proses ini akan menghapus semua data di dalam ponsel.

Langkah#8. Setelah selesai, reboot ponsel dengan cara menekan tombol power selama kurang lebih 10 detik dan tunggu hingga ponsel menyala.

Note: Cara ini akan menghapus semua data yang ada di ponsel sobat, jadi saya sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu pada data yang penting.

Cara Memasang TWRP Infinix Zero 5 (X603)

Saya ingatkan lagi untuk mengcopy terlebih dahulu file Magisk.zip ke dalam memori ponsel sebelum melanJutkan proses ini. Jika memang sudah, koneksikan ponsel ke dalam PC menggunakan kabel USB yang masih bagus, kemudian:

Langkah#1. Copy file TWRP yang sudah didownload dari file tool root yang sudah saya sediakan tadi ke dalam folder Minimal ADB Fastboot yang terletak di C:Program FIles (x86)MInimal ADB and Fastboot.

Baca Juga :  Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 Lite (Sukses 100%)

Sedangkan untuk file Noverity dan SuperSU atau Magisk silahkan copy ke sdcard atau USB OTG sobat.

Langkah#2. Lalu tekan dan tahan tombol Shift di keyboard sembari klik kanan dan pilih “Open command window here”

Langkah#3. Setelah itu, sama seperti tadi, ketik:

adb reboot bootloader

Untuk masuk ke mode bootloader.

Langkah#4. Setelah masuk ke dalam bootloader mode, ketik:

fastboot flash recovery twrp-infinixzero5.img

Dan tekan enter , dengan perintah tersebut, maka file TWRP akan diinstal ke dalam ponsel.

Note : Jika sobat menggunakan USB OTG, maka masukkan USB OTG sobat sekarang sebelum mengeksekusi perintah dibawah.

Langkah#5. Kemudian reboot ke mode recovery dengan cara ketik

fastboot reboot recovery

Namun jika perintah itu gagal, maka gunakan perintah

fastboot boot twrp-infinixzero5.img

Langkah#6. Ponsel akan reboot dan kemudian meminta password, abaikan saja dengan cara cancel, kemudian saat memasuki mode recovery, pilih untuk memberi ijin TWRP memodifikasi sistem kemudian ikuti gambar berikut untuk mengganti bahasa TWRP ke bahasa Inggris.

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Mengganti bahasa TWRP ke bahasa Inggris

Langkah#7. Kemudian pilih menu “Install”, disana memori internal sobat akan menjadi 0, hal itu wajar. Oleh karena itu pilih “Select Storage” dan pilih memori SD Card atau USB OTG sobat.

Langkah#8. Kemudian pilih file Noverity yang sudah dicopy tadi. Setelah selesai flash file noverity, kembali lagi ke menu awal TWRP dan pilih “Reboot” > “Recovery”.

Langkah#9. Setelah ponsel reboot dan masuk ke mode TWRP lagi, kali ini coba pilih “Install” dan cek apakah memori internal Infinix Hot Zero 5 sudah kembali normal.

Jika masih 0, maka pilih Wipe > Data untuk menghapus semua data dalam memori internal sobat agar dapat digunakan lagi.

Note: jika sebelumnya memori internal sobat 0 dan sudah wipe, maka WAJIB untuk kembali flash file Noverity.zip sebelum SUperSU/Magisk untuk menghindari bootloop. 

Langkah#10. Setelah semua sudah selesai, reboot ponsel melalui menu di TWRP Recovery dan tunggu hingga proses reboot selesai.

Begitulah cara root Infinix Zero 5 dengan menggunakan PC, untuk lebih meyakinkannya lagi, silahkan download aplikasi root checker yang ada di PlayStore. Tunggu juga artikel selanjutnya tentang cara flash Infinix Zero 5. Sobat juga dapat melihat cara flash Infinix Zero 5 disini.

Cara Root Infinix Zero 5 X603 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!