Cara Mudah Root Moto G5s Plus (Sukses 100%) dan Install TWRP Recovery

Last Updated on

Cara Mudah Root Xiaomi Motorola Sony Samsung

Cara Root Moto G5s Plus – Moto G5s Plus merupakan ponsel Android yang memiliki spesifikasi mirip dengan ponsel terbaru Xiaomi, yakni Mi A1. Keudanya memang mengandalkan kamera ganda sebagai nilai jual utamanya. Seperti halnya smartphone Motorola lainnya, desain dari Moto G5s Plus ini terlihat menawan dengan bodi yang terbuat dari bahan metal dan kamera yang sedikit menonjol keluar selayaknya smartphone Motorola lainnya.

Selain kamera, bagian belakang dari ponsel ini cenderung polos, karena hanya ada logo Motorola di bagian tengahnya, sedangkan di bagian depan hanya ada tombol home yang juga berfungsi sebgai sensor sidik jari.

Layarnya mengusung resolusi FHD dengan bentang 5.5 inchi dengan berat yang cukup ringan, yakni 155 gram. Namun sayang, tidak seperti smartphone lainnya yang saat ini sudah menggunakan USB tipe C, Moto G5s Plus masih menggunakan microUSB, namun Motorola juga membenamkan fitur NFC di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, Moto G5s Plus tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Fine Gold dan Lunar Grey. Kamera ganda di belakang yang menjadi senjata ponsel ini memiliki resolusi masing – masing 13 megapixel yang dapat menghasilkan foto kualitas jempolan.

Cara Mudah Root Moto G5s Plus (Sukses 100%) dan Install TWRP Recovery

Moto G5s Plus

Bahkan, efek blur dan fokus dapat diatur setelah foto diambil dan sobat juga dapat mengganti background foto sesuai keinginan. Sedangkan kamera depannya menggunakan resolusi 8 megapixel dengan flash serta modus Panoramic Selfie.

Selain kamera gandanya, Moto G5s Plus dilengkapi juga dengan RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB serta prosesor Snapdragon 625 dan Android 7.1.1 Nougat. Motorola juga membenamkan baterai yang cukup besar yakni 3.000 mAh dan pastinya sudah support 4G LTE di Indonesia.

Smartphone ini dibandrol sebesar Rp 2.999.000 ekslusif di Lazada. Dan selama 5 hari, ribuan smartphone ini sudah ludes terjual menunjukkan minat besar masyarakat Indonesia.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Moto G5s Plus sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do it  at your own risk.

Cara Install / Flash TWRP di Moto G5s Plus

Karena Moto G5s PLus ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Walaupun TWRP ini belum resmi, namun menurut berbagai tes pengguna di forum XDA, TWRP ini sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi dan Samsung

Tampilan TWRP

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Baca Juga :  Cara Root Lenovo K5 Play dan Memasang TWRP Recovery

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun untuk dapat menginstal/flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Moto G5s Plus milik sobat dahulu.

  • Pertama, sobat mesti mensetting ADB di komputer terlebih dahulu, caranya yakni download ADB disini.
  • Kemudian double klik atau jalankan filenya.
  • Nantinya sobat akan melihat jendela command prompt dengan background biru. Ketik Y dan enter terus menerus hingga kurang lebih tiga kali.

    Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

    Menginstal ADB

  • Setelah ADB selesai terinstal, maka jendela cmd itu nantinya akan tertutup sendiri dan sobat sudah sukses menginstal ADB.

Setelah ADB sudah selesai diinstal, maka sobat harus membuka bootlader dengan buka artikel ini cara unlock bootloader Motorola , kemudian sobat ikuti saja instruksinya.

Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download TWRP untuk Moto G5s Plus disini kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Buka folder tempat hasil download file TWRP tadi.

2. Kemudian di addres barnya, ketik cmd dan tekan Enter. Jendela command prompt akan muncul.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

Address Bar

3. Sekarang reboot Moto G5s Plus milik sobat ke mode fastboot, caranya yakni pertama matikan Moto G5s Plus sobat lalu tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power selama kurang lebih 7 detik, nanti akan muncul logo fastboot.

Cara Unlock Bootloader Semua Tipe Motorola dengan Mudah dan CepatCara Unlock Bootloader Semua Tipe Motorola dengan Mudah dan Cepat

Fastboot/Bootloader mode

Namun jika hal itu tidak berhasil, maka coba pakai tombol volume bawah + home + power secara bersamaan.

4. Jika sudah masuk mode fastboot, maka colokkan Moto G5s Plus sobat ke PC menggunakan kabel USB, kemudian cek layar smartphone sobat, jika ada perintah untuk “Allow USB Debugging”, pilih Yes atau OK.

5. Selanjutnya sobat install TWRPnya dengan cara ketik perintah ini di jendela command prompt.

fastboot flash recovery twrp-3.1.1-sanders.img

6. Kemudian restart Moto G5s Plus sobat dengan perintah ini.

fastboot reboot

Itulah cara menginstal atau flash TWRP di Moto G5s Plus, untuk mengeceknya sobat dapat menulis perintah berikut di cmd tentunya dengan keadaan smartphone yang masih menancap ke PC. Namun saya sarankan untuk TIDAK membuka TWRP pada saat ini.

adb reboot recovery

Namun jika sudah sobat cabut, maka sobat dapat masuk ke mode recovery dengan cara matikan smartphone terlebih dahulu lalu tekan dan tahan tombol volume keatas dan power (jika tidak berhasil maka gunakan tombol volume keatas + home + power).

Baca Juga :  Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi Mix 2S (Sukses 100%)

Ketika sobat pertama kali berada di mode recovery TWRP, maka akan ada TWRP akan menanyakan ijin untuk memodifikasi sistem. Namun sobat jangan pernah memberi ijin hal itu, pilih saja “Keep Read Only”.

Sebenarnya sobat dapat saja mengijinkan untuk mengotak – atik sistem ketika sobat sudah mengcopy file SuperSU atau DM verify disable.

Namun, saya perkirakan sobat belum kan ?

Oleh karena itu, untuk saat ini, sobat jangan ijinkan TWRP untuk mengotak – atik sistem terlebih dahulu. Alangkah lebih baik lagi jika sobat TIDAK perlu membuka TWRP ini sebelum melakukan proses root seperti dibawah.

Cara Root Moto G5s Plus

Ada dua cara yang bisa sobat lakukan untuk melakukan proses rooting di Moto G5s Plus, yakni dengan menggunakan Magisk dan satunya lagi menggunakan SuperSU.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

Logo Magisk dan SuperSU

Saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan Magisk karena sobat akan mendapatkan beragam kustomisasi karena beragam module yang ada di dalamnya, menyembunyikan akses root juga lebih mudah jika menggunakan Magisk.

Sedangkan SuperSU hanya bertugas untuk melakukan root pada smartphone sobat dan hanya itu saja. Apapun pilihan sobat tidak ada masalah sama sekali.

1. Download salah satu file dibawah, jika sobat memutuskan menggunakan Magisk maka sobat juga harus mendownload apk Magisk Manager.

2. Copy file yang didownload ke dalam Moto G5s Plus, tidak masalah apa itu di memori internal ataupun memori eksternal.

3. Masuk ke mode recovery seperti cara yang sudah sampaikan tadi (tekan dan tahan volume atas dan power).

4. Kali ini beri ijin TWRP untuk memodifikasi sistem dengan cara swipe layar.

5. Pilih “Install” dan pilih file Magisk atau SuperSU yang sebelumnya sudah sobat copy tadi.

6. Setelah itu, swipe layar dibagian bawah untuk memulai proses flashing.

7. Setelah proses flash selesai, sobat akan diarahkan ke opsi “Reboot System”, pilih opsi tersebut untuk merestart Moto G5s Plus sobat.

8. Jika sobat tadi memilih memakai SuperSU, maka cara ini sudah berakhir namun jika sobat memilih menggunakan Magisk, maka instal terlebih dahulu Magisk Manager yang sudah sobat download tadi.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Moto G5s Plus milik sobat sudah berhasil di root.

Cara Mudah Root Moto G5s Plus (Sukses 100%) dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!