Cara Root Moto M XT1663 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Last Updated on

Cara Root Moto M XT1663 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Moto M XT1663 – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Motorola Moto M, jadi tolong baca sampai akhir artikel.

Motorola atau sekarang disingkat Moto, mengeluarkan produk terbaru untuk pasar menengah yakni Moto M setelah mereka mengeluarkan produk untuk kelas premium dalam diri Moto Z dan Moto Z Play. Moto M ini mengutamakan penampilan yang bergaya dengan balutan material metal unibodi dan warna yang berkilau.

Desain dari Moto M ini memang memiliki kesan yang menunjukkan ponsel mahal tanpa meniru desain dari ponsel lain. Desain dari Moto M ini terlihat bold dengan sudut yang agak lebar yang juga menandakan bahwa produk ini tidak mirip seperti kebanyakan ponsel lain dari Samsung misalnya.

Moto sepertinya cukup berhasil dalam mengeksekusi desain dari ponsel ini, selain tampilannya yang elegan, Moto M juga nyaman digenggam dan terasa kokoh. Apalgi bodi Moto M juga dilapisi dengan nano coating yang dapat membuat ponsel ini cukup aman dari cipratan air maupun noda lain.

Bagian bawah ponsel terisi dengan speaker yang mengapit lubang konektor USB tipe C seperti kebanyakan ponsel sekarang. Sedangkan bagian atasnya hanya terdapat lubang untuk jack 3.5mm. Tombol volume dan powernya sendiri terdapat di bagian kanan ponsel, sedangkan bagian kiri terdapat slot SIM dan MicroSD yang salah satunya adalah slot hybrid.

Di bagian belakang ponsel terdapat sensor fingerprint yang terdapat tepat dibawah kamera dan LED Flash. Terdapat juga logo M khas Moto disebelah bawahnya. Moto memberikan layar bertipe IPS selebar 5.5 inci dengan resolusi Full HD (1080p) pada ponsel Moto M ini.

Layarnya pun dilapisi dengan kaca 2.5D yang dapat memiliki visibilitas cukup baik saat berada di dalam maupun luar ruangan. Untuk prosesor yang dipakai, Moto M menggunakan MediaTek Helio P15 Octa-Core 2.2 GHz dilengkapi dengan GPU Mali T860 MP2.

Sebenarnya di Indonesia ini prosesor yang digunakan agak lebih modern karena versi lain dari ponsel ini masih menggunakan Helio P10. Dari segi RAM, Moto M menggunakan RAM sebesar 4GB dan memori internal 32GB.

Pada sisi kamera utama, ponsel Moto M dibekali kamera yang mempunyai resolusi 16Mp dan bukaan f/2.0, kamera ini dilengkapi juga dengan PDAF dan lampu LED Flash. Sementara itu kamera depannya menggunakan sensor sebesar 8MP tanpa adanya LED Flash.

Sensor yang terdapat dalam ponsel ini juga lumayan lengkap seperti Accelerometer, Proximity, Compass, Gyroscope dan Ambience. Moto M juga dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup yakni 3050 mAh dan juga mendukung semua jaringan 4G LTE untuk semua operator tanah air.

Selain itu, Moto M juga sudah mendukung USB OTG walaupun menggunakan USB Type-C. Pada awalnya, Moto M masih menggunakan Android 6.0 Marshmallow, namun pihak Motoroloa akhirnya meuncurkan update untuk Moto M ke Android 7.0 Nougat.

Baca Juga :  Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5 Plus "Vince" (Sukses 100%)

Moto M ini dijual di Indonesia dengan rentang harga 2 Jutaan dan dijual di banyak toko – toko online.

PENTING !!!!!!

CARA INI HANYA BISA DIGUNAKAN UNTUK PONSEL MOTO M DENGAN BUILD NUMBER XT1663_S356_170621. JIKA SOBAT MEMILIKI MOTOROLA MOTO M DENGAN BUILD NUMBER BERBEDA, MAKA JANGAN GUNAKAN CARA INI.

Sobat dapat mengecek build number dengan cara pergi ke Setting > About Phone > Build Number

Cara Install / Flash TWRP di Moto M

Karena Moto M ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya ponsel ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Dan ponsel yang sudah memasang TWRP berarti mendukung juga untuk di root.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi

Tampilan TWRP

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam ponsel sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika ponsel milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka ponsel sobat hampir dipastikan dapat di root.

Pertama – tama, sobat harus menginstal fastbootl tool dan ADB dalam PC agar proses root ini dapat berjalan, cukup download file minimal_adb_fastboot yang sudah saya sediakan di dalam paket dan instal dalam PC.

Setelah itu sobat harus membuka bootloader Redmi 4X milik sobat dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Moto M , kemudian sobat ikuti saja instruksinya. Sobat TIDAK akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download file berikut ini dan ekstrak kedalam komputer sobat.

Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Langkah #1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Moto M , caranya yakni:

  • Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
  • Kemudian cari  “Build Number” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
  • Kembali lagi ke Settings.
  • Kali ini di dalam Settings, dan cari “Developer Options”.
  • Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode” dan “Enable OEM Unlock”.

Langkah #2. Copy file SuperSU.zip ke dalam ponsel dan copy file TWRP Moto M dan boot.img ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:Program FIles (x86)Minimal ADB and Fastboot.

Langkah #3. Tekan dan tahan tombol Shift dan klik kanan di area kosong didalam folder tadi.

Langkah #4. Kemudian akan ada opsi untuk membuka command window atau membuka powershell window jika sobat menggunakan Windows 10, pilih salah satu saja. Rekomendasi saya pilih saja command window.

Baca Juga :  Cara Root Infinix Note 4 X572 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Dengan Mudah

Langkah #5. Sekarang koneksikan ponsel Moto M sobat yang masih aktif ke dalam PC dan ketik perintah berikut.

adb devices

Coba lihat ke layar smartphone, jika ada perintah untuk memberi ijin akses ke USB Debugging, maka klik OK.

Langkah #6. Setelah itu reboot smartphone ke mode fastboot dengan cara ketik perintah berikut.

adb reboot bootloader

Ponsel akan reboot ke mode bootloader, jadi tunggu sebentar hingga prosesnya selesai.

Langkah #7. Untuk lebih meyakinkan lagi apakh ponsel sudah benar – benar terhubung, coba ketik perintah berikut.

fastboot devices

Ketika sobat selesai mengetik perintah diatas dan menekan Enter, maka akan muncul nomor dan angka secara random yang menandakan bahwa PC atau laptop sobat sudah terkoneksi dengan Moto M milik sobat. Namun jika tidak muncul, maka coba tunggu sebentar atau ulangi prosesnya lagi mulai dari menginstal ADB driver.

Langkah #8. Selanjutnya sobat install file boot dengan cara ketik perintah berikut di dalam jendela cmd yang terbuka.

fastboot flash boot boot_XT1663_356.img
 Langkah #9. Tidak lupa juga install file TWRP recovery dengan perintah berikut.
fastboot flash recovery TWRP_Moto_M.img

Setelah prosesnya selesai. berarti ponsel sobat sudah berhasil terinstall TWRP Recovery dan siap untuk proses root. Kemudian cabut ponsel Moto M dan masuk ke mode recovery dengan cara, dalam keadaan ponsel mati, tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power.

Kemudian saat ponsel bergetar, lepaskan tombol power, sobat nantinya akan melihat logo Android.Dengan bantuan tombol volume keatas dan kebawah, sobat pilih recovery mode untuk masuk ke mode TWRP.

Ketika sobat pertama kali berada di mode recovery TWRP, maka akan ada TWRP akan menanyakan ijin untuk memodifikasi sistem. Pilih untuk Allow Modification.

Cara Root  Moto M

Jika sobat sudah mengikuti cara ini dengan benar, maka saat ini sudah pasti berada dalam mode TWRP recovery dan siap untuk masuk ke langkah selanjutnya untuk root ponsel Moto M milik sobat.

Langkah#1. Di dalam TWRP Recovery, pilih “Install” dan pilih file  SuperSU yang sebelumnya sudah sobat copy tadi.

Langkah#2. Setelah itu, swipe layar dibagian bawah untuk memulai proses flashing.

Langkah#3. Setelah proses flash selesai, sobat akan diarahkan ke opsi “Reboot System”, pilih opsi tersebut untuk merestart Moto M sobat.

Proses restart akan berjalan cukup lama, jadi mohon bersabar. Namun jika sobat mengalami bootloop, maka coba masuk kembali ke mode recovery dan kali ini pilih “Wipe” dan pilih Wipe Data untuk melakukan factory reset dan kembali lagi coba restart ponsel Moto M sobat. Namun jika masih belum bisa, maka saya rekomendasikan sobat untuk membaca artikel Cara Flash Moto M.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Moto M milik sobat sudah berhasil di root.

Cara Root Moto M XT1663 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!