Cara Root Motorola E4 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Last Updated on

Cara Root Motorola E4 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Motorola E4 Dan Memasang TWRP Recovery – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Motorola E4  di bawah.

Moto E4 adalah penerus dari Moto E3 yang sudah dirilis di Indonesia bebrapa tahun yang lalu. Kali ini, desain dari E4 lebih terasa elegan berkat material logam yang digunakan. DI bagian muka ponsel, terdapat logo Moto, speaker, kamera serta sensor fingerprint.

Sedangkan bagian back covernya dipoles dengan finishing mate dan terlihat sangat cantik. Sedangkan sisi ponsel terdapat tombol power dan volume pada sebelah kanan, sedangkan bagian kirinya kosong. Untuk navigasi ponsel, pihak Moto menyediakan dua pilihan, yakni tombol virtual yang ada di layar atau dengan One Button Navigation.

One Button Navigation ini menggunakan gesture pada fingerprint untuk berbagai fungsi seperti home, back dan juga recent apps. Ketiga fungsi tersebut dapat diatur dalam aplikasi Moto. Untuk spesifikasi sendiri, Moto E4 menggunakan prosesor MediaTek MT6735 Quad-core 1,25 GHz dan GPU Mali T720MP2.

Sedangkan RAM yang diusung berukuran 2GB serta memori internal 16GB. Untuk sisi kamera, Moto E4 menggunakan kamera utama beresolusi 8MP plus LED Flash dan kamera depan yang menggunakan kamera beresolusi 5MP.

Moto E4 memiliki kapasitas baterai yang terbilang lebih kecil daripada pendahulunya, yakni hanya sebesar 2800 mAh. Di Indonesia sendiri, Moto E4 dijual secara resmi pada rentang harga 1.8 juta Rupiah saat rilis pertama kalinya.

Note: Cara ini hanya boleh digunakan untuk Motorola E4 versi prosesor Qualcomm, selain itu, saya sarankan jangan mencobanya.

Cara Memasang TWRP di Motorola E4

Karena Motorola E4 ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Walaupun TWRP ini belum resmi, namun menurut berbagai tes pengguna di forum XDA dan miui, TWRP ini sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga :  Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6 (Sukses 100%)

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun sebelum flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Motorola E4 milik sobat dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Motorola, kemudian ikuti saja instruksinya. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download

Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Langkah #1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Motorola E4, caranya yakni:

  • Pertama, buka Settings > About Phone > kemudian tekan sebanyak tujuh kali pada bagian “Build Number” hingga ada notifikasi bahwa developer option sudah aktif.
  • Kemudian kembali ke Settings, lalu cari menu “Developer Options” dan aktifkan “USB Debugging” serta “OEM Unlocking”.

Langkah #2. Lalu install aplikasi “minimal adb fastboot” yang sudah saya sediakan dalam paket download tadi.

Langkah #3. Copy file noverity.zip dan Magisk ke dalam ponsel Motorola E4 sobat dan copy file recovery.img (TWRP Motorola E4) ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:Program FIles (x86)Minimal ADB and Fastboot.

Langkah#4. Setelah selesai menginstal, buka C:Program FIles (x86)Minimal ADB and Fastboot. Lalu tekan dan tahan tombol Shift di keyboard sembari klik kanan pada area yang kosong di dalam folder, pilih “Open command window here”. Jendela CMD kemudian akan keluar.

cara root

Membuka jendela CMD

Langkah#5. Koneksikan ponsel ke dalam PC, tunggu sebentar. Kemudian di dalam jendela CMD tersebut, ketik

adb device

Kemudian lihat ponsel sobat untuk memberikan ijin mengakses adb.

Baca Juga :  Cara Flash Xiaomi Mi Mix 2S (Hanya 10 Menit) Sukses 100%

Langkah#6. Lalu masuk ke mode bootloader dengan cara ketik

adb reboot bootloader
Cara Unlock Bootloader Semua Tipe Motorola dengan Mudah dan CepatCara Unlock Bootloader Semua Tipe Motorola dengan Mudah dan Cepat

Tampilan Fastboot/Bootloader mode

Langkah#7. Setelah masuk ke mode bootloader, ketik

fastboot flash recovery twrp-perry.img
Langkah #6. Setelah selesai, reboot ke mode recovery dengan cara ketik
fastboot reboot recovery

Namun jika perintah itu gagal, maka gunakan perintah

 fastboot boot twrp-perry.img

Ketika sobat pertama kali berada di mode recovery TWRP, maka akan ada TWRP akan menanyakan ijin untuk memodifikasi sistem. Namun sobat jangan pernah memberi ijin hal itu, pilih saja “Keep Read Only“.

Cara Mudah Root Motorola E4

Saya asumsikan saat ini sobat sudah selesai atau sukses memasang TWRP dan ponsel dalam keadaan di dalam mode TWRP Recovery. Hal yang selanjutnya dilakukan mengikuti langkah – langkah berikut.

Langkah #1. Di dalam mode TWRP, pilih “Install” dan pilih file Magisk yang sebelumnya sudah sobat copy tadi.

Langkah #2. Setelah itu, swipe layar dibagian bawah untuk memulai proses flashing.

Langkah #3. Ulangi langkah pertama, namun kali ini giliran flash file noverity.zip

Langkah #4. Setelah proses flash selesai, sobat akan diarahkan ke opsi “Reboot System”, pilih opsi tersebut untuk merestart Motorola E4 sobat.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Motorola E4 milik sobat sudah berhasil di root. Dan jika sobat menginginkan Moto E4 untuk kembali ke versi pabrik, maka ikuti cara flash Moto E4 disini.

Cara Root Motorola E4 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!