Cara Root Oppo A5 Dan Install TWRP Recovery

Last Updated on

Cara Root Oppo A5 Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Oppo A5 – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Oppo A5 di bawah, jadi tolong baca sampai akhir artikel.

Oppo kembali menghadirkan ponsel barunya pada tahun 2018, pada kesempatan ini, Oppo A5 ditargetkan untuk mengisi segmen menengah. Oppo A5 tampil dengan desain bezel tipis dan notch di bagian atasnya, sedangkan di bagian belakang terdapat dual camera yang disusun secara horizontal.

Dimensi dari ponsel ini sebenarnya cukup lebar dengan layar yang besar 6,2 inci serta rasio 19:9. Selain itu, layar bertipe IPS LCD ini memiliki resolusi HD+ (720 x 1520 piksel). Sedangkan untuk dapur pacunya, Oppo memilih prosesor menengah dari Qualcomm yakni Snapdragon 450 yang berjalan dengan CPU octa-core 1,8 GHz dan tentunya dilengkapi pengolah grafis Adreno 506.

Untuk konfigurasi RAM, sementara ini Oppo hanya menghadirkan satu varian saja untuk A5, yakni RAM 4GB dan storage 64GB. Beralih ke sektor kamera, seperti biasanya ini akan menjadi nilai jual utama dari semua produk ponsel Oppo.

Kali ini ada setup dual kamera di bagian belakang, kamera tersebut memiliki resolusi 13 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4) dilengkapi dengan LED flash. Sedangkan kamera depan dari Oppo A5 memiliki resolusi kamera 8 MP dengan bukaan aperture f/2.2, tentunya kamera depan ini dapat digunakan sebagai Face Unlock seperti kebanyakan ponsel Oppo lainnya.

Sedangkan kelengkapan sensor di Oppo A5 ini standar saja seperti accelerometer, compass dan proximity tanpa kehadiran gyroscope. Oppo A5 hadir dengan baterai berkapasitas lumayan besar, yakni 4230 mAh dan tersedia dua pilihan warna yang cukup menggoda, yakni blue dan pink. Namun sayang, ponsel ini baru dirilis di Tiongkok saja dengan banderol 1500 Yuan atau sekitar 3,2 juta Rupiah.

Cara Install / Flash TWRP di Oppo A5

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun pertama, download dulu bahan  berikut untuk memasang TWRP Recovery untuk Oppo A5:

  • Download, link akan segera diupdate.

Langkah #1 .Setelah download selesai, ekstrak file tersebut maka sobat akan menemukan dua folder, yakni Root dan Xposed. Buka folder root dan install Mitool.

Langkah #2. Setelah itu, matikan ponsel dan tekan tombol power atas, bawah dan power secara bersamaan lalu koneksikan ponsel ke PC dengan kabel USB (Jika sudah benar, layar ponsel hanya hitam, tidak terjadi apa – apa).

Namun di layar PC, akan ada pemberitahuan bahwa driver Qualcomm sedang diinstal. Klik disini untuk mengetahui cara menginstal driver Qualcomm.

Langkah #3. Jika driver sudah diinstal dan sudah yakin benar – benar terinstal, buka MiFlashtool. Sobat akan melihat JIka ponsel terdeteksi dengan adanya tulisan “com10” atau semacamnya.

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Terdapat “com10” pada ponsel yang terdeteksi

Langkah #4. Kemudian pilih Browse, dan pilih folder tempat TWRP Oppo A5 Recovery Toolkit berada.

Langkah #5. Klik Flash untuk memulai memasang TWRP dan tunggu hingga proses flash selesai serta sukses.

Cara Mudah Root di Oppo A5

Jika TWRP sudah terinstal dengan benar maka proses root sangat mudah dilakukan. Dan meneruskan tutorial sebelumnya, kali ini sobat seharusnya sudah selesai dalam menginstal atau memasang TWRP. Ikuti langkah – langkah dibawah dengan saksama.

Note : Jika sobat menggunakan USB OTG, maka masukkan USB OTG sobat sekarang.

Langkah #1. Jangan nyalakan ponsel, tapi reboot ke mode recovery dengan cara tekan dan tahan tombol volume bawah dan power, TWRP Recovery akan muncul.

Langkah #2. Saat pertama masuk ke mode TWRP, kemungkinan ponsel Xiaomi Oppo A5 akan meminta password, jangan gelisah terlebih dahulu. Klik saja cancel, nanti TWRP akan membuka secara sendiri.

Langkah#3. Kemudian TWRP akan meminta ijin untuk memodifikasi sistem, jadi berikan ijin dengan cara swipe layar.

TWRP Recovery ini berbahasa China, namun cara pengoperasiannya masih sama seperti TWRP versi Inggris, hanya bahasa yang berubah. Sobat dapat merubahnya ke bahasa Inggris dengan cara seperti ini.

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Mengganti bahasa TWRP ke bahasa Inggris

Langkah #4. Kemudian pilih menu “Install”, disana memori internal sobat akan menjadi 0, hal itu wajar. Oleh karena itu pilih “Select Storage” dan pilih memori SD Card atau USB OTG sobat

cara root xiaomi

Langkah #5. Kemudian pilih file Noverity yang sudah dicopy tadi. Setelah selesai flash file noverity, kembali lagi ke menu awal TWRP dan pilih “Reboot” > “Recovery”.

Langkah #6. Setelah ponsel reboot dan masuk ke mode TWRP lagi, kali ini coba pilih “Install” dan cek apakah memori internal sobat Xiaomi Oppo A5 sudah kembali normal.

Jika masih 0, maka pilih Wipe > Data untuk menghapus semua data dalam memori internal sobat agar dapat digunakan lagi.

Langkah #7. Setelah memori internal kembali normal, kali ini pilih “Install” dan pilih file SuperSU atau Magisk yang sudah sobat download dan copy di SD Card / USB OTG tadi.

Note: jika sebelumnya memori internal sobat 0 dan sudah wipe, maka WAJIB untuk kembali flash file Noverity.zip untuk berjaga – jaga menghindari bootloop.

Setelah proses flash selesai, maka sobat akan diarahkan untuk reboot ponsel. Pilih untuk mereboot atau restart ponsel dan tunggu hingga ponsel Xiaomi Oppo A5 kembali menyala.

Setelah proses root selesai, ponsel sobat akan terdapat pemberitahuan yang menunjukkan bahwa ponsel mendeteksi root, hal itu menunjukkan bahwa proses root sukses alias berhasil.

Notifikasi "Root Detected" yang dirasa mengganggu

Notifikasi “Root Detected” yang dirasa mengganggu

Namun mungkin bagi sebagian dari sobat pasti merasa bahwa pemberitahuan itu cukup mengganggu sehingga disini saya akan memberikan cara agar menghilangkan peringatan “Rooting has been detected” yang berada di sebelah atas layar ponsel Oppo A5 ini.

Langkah #1. Cara yang pertama adalah install Xposed.apk yang sudah saya sediakan dalam file download tadi.

Langkah #2. Kemudian copy file xposed.zip dan matikan ponsel. Lalu masuk ke TWRP dan pilih Flash lalu pilih file xposed.zip yang sudah dicopy ke dalam ponsel tadi..

Langkah #3. Setelah selesai, reboot kembali ponsel dan tunggu hingga Oppo A5 milik sobat menyala.

Langkah #4. Saat ponsel kembali menyala, install ColorOS 3.apk dan buka aplikasi tersebut.

Langkah #5. Pilih semua opsi yang berbau China.

Langkah #6. Lalu buka aplikasi Xposed dan pilih modul ColorOS untuk diaktifkan.

Langkah #7. Reboot ponsel Oppo A5 setelah selesai dan peringatan root akan segera hilang dari layar ponsel sobat.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Oppo 157 milik sobat sudah berhasil di root. Jika sobat ingin mengembalikan lagi ponsel Oppo seperti dalam keadaan semula, coba ikuti link berikut untuk cara flash Oppo A5.

Cara Root Oppo A5 Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!