Cara Root Samsung Galaxy A7 (2018) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Samsung Galaxy A7 2018

Cara Root Samsung Galaxy A7 2018

Cara Root Samsung Galaxy A7 (2018) – Galaxy A7 (2018) merupakan ponsel flagship terbaru Samsung yang baru saja diresmikan pada bulan Oktober 2018. Sebagai ponsel dari seri “A” atau bisa disebut semi-flagship-nya Samsung, tentunya Galaxy A7 (2018) punya spesifikasi dan fitur yang mendekati ponsel flagship dari Samsung seperti seri “S” dan “Note”.

Samsung Galaxy A7 (2018) diluncurkan pada bulan Oktober 2018 dengan beberapa spesifikasi yang cukup baik untuk ponsel menengah. Layarnya menggunakan Super AMOLED 6.0 inci dengan resolusi 1080 x 2220 piksel. Sistem operasi yang digunakan juga sudah Android 8.0 Oreo dipadukan dengan Chipset Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53.

Pilihan RAM yang tersedia ada satu, yakni 4 dan 6 GB, sedangkan storage yang dipilih juga ada tiga, yakni 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Kamera ponsel ini memiliki tiga lensa yang memiliki resolusi 24 MP, 8 MP dan 5 MP pada bagian belakang, sedangkan bagian depan adalah kamera dengan resolusi 24 MP. Ponsel dengan baterai 3300 mAh ini dijual dengan harga Rp4.499.000 di beberapa gerai resmi Samsung.

Note: Sebelum melakukan proses root, alangkah baiknya sobat melakukan Full Backup karena proses ini akan menghapus semua data di memori internal sobat.

Cara Memasang TWRP di Samsung Galaxy A7 (2018)

Karena Samsung Galaxy A7 (2018) ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Dan TWRP disini adalah versi TWRP yang resmi.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi

Tampilan TWRP

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun pertama, siapkan dulu bahan – bahan berikut untuk memasang TWRP Recovery:

Selain itu, perhatikan juga beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan untuk menggunakan kabel USB yang masih berfungsi dengan baik
  • Baterai Samsung Galaxy A7 (2018) usahakan minimal berada di 50%
  • Cara root ini akan menghilangkan garansi dari smartphone sobat
Baca Juga :  Cara Root Xiaomi Mi A2 dan Install TWRP Recovery

Ekstrak file root tool yang sudah didownload, kemudian install Samsung USB Driver. Jika semua hal di atas sudah terpenuhi oleh sobat, maka kita bisa melanjutkan tutorial ini.

1. Aktifkan OEM Unlocking

Untuk mengaktifkan OEM Unlocking, terlebih dahulu sobat harus aktifkan mode developer options. Caranya yaitu sangat mudah cukup buka “Settings” > “About Phone”. Kemudian tap atau tekan sebanyak tujuh kali “Build Number” (Nama Bentukan) hingga ada notifikasi kecil bahwa developer options sudah aktif.

Setelah itu sobat kembali buka Settings, dan scroll kebawah hingga menemukan Developer options. Buka Developers options dan cari OEM Unlocking lalu aktifkan, kemudian cari dan aktifkan juga USB Debugging.

2. Masuk ke Downloading Mode

Selanjutnya sobat harus masuk ke download mode yakni pertama matikan ponsel Samsung Galaxy A7 (2018) milik sobat terlebih dahulu. Kemudian tekan dan tahan tombol power + volume keatas + volume kebawah secara bersamaan hingga muncul tampilan mode downloading seperti di bawah ini.

Download Mode Samsung

Download Mode Samsung

Kemudian tekan tombol volume keatas untuk masuk kedalam downloading mode.

3. Flash File TWRP

Colokkan ponsel Samsung Galaxy A7 (2018) sobat yang sudah masuk ke mode downloading tadi ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Kemudian ekstrak file Odin yang sudah didownload dan buka Odin dengan klik kanan kemudian pilih “Run Administrator”.

Setelah Odin terbuka, tunggu sebentar hingga Odin mengenali ponsel Samsung Galaxy A7 (2018) milik sobat. Coba lihat dibagian kiri Odin, jika terdapat tulisan “Added” berarti Galaxy A7 (2018) sobat sudah terbaca dengan benar. Namun jika tidak ada, maka kemungkinan besar Samsung driver tidak terinstal dengan baik atau yang lebih parahnya sobat lupa belum menginstalnya.

Ponsel berhasil dideteksi oleh Odin

Saya asumsikan Galaxy A8 Plus (2018) sobat sudah terdeteksi di Odin. Selanjutnya klik AP dan cari file TWRP yang sudah didownload tadi. Selanjutnya di tab option, pastikan bahwa “Auto Reboot” dan “Re-partition” TIDAK tercentang. Setelah itu klik Start untuk memulai proses pemasangan TWRP ke dalam Samsung Galaxy A7 (2018).

Tunggu sebentar, jika semua sudah berhasil maka akan ada pesan “PASS” di Odin dan jika gagal ada pesan “Failed”. Jika sobat gagal, maka kemungkinan besar file TWRP yang didownload tadi korup, maka coba download lagi langkah seperti diatas sekali lagi.

Cara Root Samsung Galaxy

Proses flash sukses

Jika proses pemasangan TWRP sudah selesai, sobat dapat mencabut kabel USB yang terkeonek ke PC dan masuk ke tutorial selanjutnya.

Baca Juga :  Cara Root Xiaomi Mi Mix 2S dan Install TWRP Recovery

Cara Root Samsung Galaxy A7 (2018)

Saya asumsikan bahwa proses pemasangan TWRP sudah sukses dan sobat masih berada di Download Mode. Tahap selanjutnya yaitu reboot ke mode recovery. Caranya adalah tekan dan tahan tombol volume kebawah + power. Sesaat setelah layar menjadi hitam penuh, lepaskan tombol volume kebawah dan ganti menekan tombol volume keatas sambil tetap menahan tombol power.

Menekan tombol volume ke bawah ditujukan untuk mereboot ponsel, kemudian saat ponsel akan reboot maka ganti tombol volume keatas untuk reboot ke recovery, bukan ke sistem. Dengan cara itu, Samsung Galaxy A8 Plus (2018) sobat seharusnya berhasil masuk ke mode TWRP Recovery.

Pada pertama kali masuk ke TWRP, pilih untuk “Keep Read Only”, jangan berikan akses untuk memodifikasi sistem.

Keep Read Only

Langkah selanjutnya adalah Wipe memori internal dengan cara masuk ke menu Wipe kemudian pilih Format Data. Ketik yes untuk memulai proses wipe data Samsung Galaxy A7 (2018) sobat.

Setelah selesai, kembali ke menu TWRP dan pilih Mount > Enable MTP lalu koneksikan Samsung Galaxy A7 (2018) sobat ke PC.

Copy file Noverity, RMM Bypass dan Magisk yang sudah didownload tadi dan transfer ke dalam ponsel. Setelah selesai, langsung masuk ke menu Install di TWRP dan pilih file Noverity yang baru saja dicopy ke dalam Samsung Galaxy A7 (2018) sobat.

Setelah selesai flash Noverity, kali ini flash file Magisk dan RMM Bypass dengan cara yang sama, pastikan untuk flash RMM Bypass menjadi yang terakhir dari ketiga file tersebut.

Setelah semua file sudah selesai diflash, maka kembali ke menu TWRP dan reboot ponsel Samsung Galaxy A7 (2018) sobat ke OS dan tunggu hingga ponsel kembali menyala. Beginilah cara root Samsung Galaxy A8 Plus (2018), sampai jumpa lagi di TutorAplikasi.com.

Baca juga root untuk ponsel Samsung Galaxy lainnya :

Cara Root Samsung Galaxy A7 (2018) Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!