Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F Dan Install TWRP Recovery

Advertisement

Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime – Samsung J7 Prime adalah salah satu seri Samsung J Prime yang dirilis di Indonesia bersamaan dengan J2 Prime dan J5 Prime. J7 Prime sendiri merupakan varian paling tinggi diantara ketiganya. Desain ponsel ini terlihat mirip sekali dengan desain ponsel pintar Samsung lainnya dan bagi sebagian pasti sulit membedakan ponsel ini dengan ponsel Samsung lain.

Berbeda dengan J2 Prime, J7 Prime ini memiliki desain unibodi yang artinya cover belakang tidak dapat dibuka. Sayangnya bahan yang dipilih Samsung kali ini agak licin saat dipegang. Dan sesuai dengan ciri khas Samsung, sebuah tombol home dan back serta menu terdapat di bagian depan.

Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime

Di sisi kirinya terdapat tombol volume up/down dan terdapat Juga dua buah slot SIM. Slot pertama hanya bisa menampung satu SIM sementara slot keduanya dapat diisi SIM dan microSD secara terpisah.

Sedangkan bagian kanannya terdapat tombol power, dan di bagian bawahnya terdapat jack audio 3.5mm dan port micro USB, tidak ada hal yang menarik secara fisik di ponsel ini karena memang desainnya tidak ada perubahan dari seri ponsel lama Samsung.

Untuk layarnya, Samsung J7 Prime memakai layar 5.5 inci dengan resolusi Full HD (1080p). Namun sayang sekali, layarnya hanya memakai PLS TFT, tidak memakai Super AMOLED yang dapat menampilkan kualitas layar lebih baik.

Dan walaupun ponsel ini mengusung nama Prime, prosesor yang digunakannya masih sama seperti seri J7 biasa, yakni Exynos 7870 octa-core dengan kecepatan 1.6 GHz. Sementara untuk mendukungnya, terdapat GPU Mali-T830MP2. Sementara RAMnya berkapastias 3 GB dan memori internal 32 GB. Kapasitas 3 GB ini dapat dikatakan standart minimal bagi ponsel sekelas Galaxy J7 Prime.

Di sektor kamera utama, Samsung menanamkan sensor 13 MP dengan bukaan lensa f/1.9 serta LED Flash sedangkan kamera depannya menggunakan sensor 8 MP dengan bukaan lensa yang sama. Baterai ponsel ini berkapasitas 3300 mAh yang dapat digunakan seharian dengan penggunaan standar.

Namun sayangnya, sensor yang dimiliki ponsel ini terbilang minim. Selain fingerprint, cuma ada sensor accelerometer dan proximity sensor. Ponsel ini masih dapat perhatian dari Samsung terbukti dari dapat diupgradenya sistem operasi ini dari versi 6.0 (Marshmallow) ke 7 (Nougat), lalu ke 8 (Oreo) hingga ke 9.0 (Pie).

Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Samsung Galaxy J7 Prime kamu karena kami tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milikmu. Do With Your Own Risk.

Cara root dan flash ini akan menghilangkan garansi dari smartphone sobat, jadi pikirkan secara baik-baik terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya

Advertisement

Cara Install / Pasang TWRP di Samsung Galaxy J7 Prime

Pertama-tama, download terlebih dahulu bahan-bahan di bawah ini.

Selain itu, perhatikan juga beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan untuk menggunakan kabel USB yang masih berfungsi dengan baik
  • Baterai ponsel usahakan minimal berada di 50%
  • Cara root ini akan menghilangkan garansi dari ponsel
  • Cara root ini akan menghapus semua data di dalam ponsel
  • BACKUP terlebih dahulu file penting di dalam ponsel

Ekstrak file Tool Root Samsung yang sudah didownload, kemudian install Samsung USB Driver dan ekstrak Odin. Kemudian copy file Magisk dan Boot Image Patch ke dalam folder Minimal ADB Fastboot yang terletak di C://Program Files (x86)/Minimal ADB Fastboot.

1. Aktifkan OEM Unlocking

cara oem unlock samsung

Untuk mengaktifkan OEM Unlocking, terlebih dahulu kamu harus aktifkan mode developer options. Caranya yaitu sangat mudah cukup buka “Settings>About Phone”. Kemudian tekan sebanyak tujuh kali “Build Number” (Nama Bentukan) hingga ada notifikasi kecil bahwa developer option sudah aktif.

Setelah itu kamu kembali buka Settings, dan scroll kebawah hingga menemukan Developer options. Buka Developers options dan cari OEM Unlocking lalu aktifkan kemudian cari dan aktifkan juga USB Debugging.

2. Masuk ke Downloading Mode

Download Mode Samsung

Selanjutnya kamu harus masuk ke download mode yakni pertama matikan ponsel Samsung Galaxy J7 Prime milikmu terlebih dahulu.

Kemudian tekan dan tahan tombol home + power + volume ke bawah secara bersamaan hingga muncul tampilan mode downloading seperti di atas. Kemudian tekan tombol volume ke atas untuk masuk kedalam downloading mode.

3. Flash File TWRP

Colokkan ponsel Samsung Galaxy J7 Prime kamu yang sudah masuk ke mode downloading tadi ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Kemudian ekstrak file Odin yang sudah didownload dan buka Odin dengan klik kanan kemudian pilih “Run Administrator”.

  • Setelah Odin terbuka, tunggu sebentar hingga Odin mengenali ponsel Samsung Galaxy J7 Prime milikmu
  • Coba lihat dibagian kiri Odin, jika terdapat tulisan “Added” berarti Galaxy J7 Prime kamu sudah terbaca dengan benar
Ponsel berhasil dideteksi oleh Odin
  • Namun jika tidak ada, maka kemungkinan besar Samsung driver tidak terinstal dengan baik atau bahkan kamu lupa belum menginstalnya
  • Jika sudah “Added”, klik AP dan pilih file TWRP yang sudah kamu download tadi
  • Hilangkan juga centang pada Auto Reboot seperti di bawah ini
Menghilangkan centang AutoReboot
  • Setelah itu klik Start untuk memulai proses pemasangan TWRP ke dalam Samsung Galaxy J7 Prime
  • Tunggu sebentar, jika semua sudah berhasil maka akan ada pesan “PASS” di Odin dan jika gagal maka ada pesan “Failed”
  • Jika kamu gagal, maka kemungkinan besar file TWRP yang didownload korup, maka coba download lagi lalu ulangi langkah seperti di atas sekali lagi.
Cara Root Samsung Galaxy
Proses flash sukses

Jika proses pemasangan TWRP sudah selesai, kamu dapat mencabut kabel USB yang terkonek ke PC dan masuk ke tutorial selanjutnya.

Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime

Setelah proses install TWRP selesai, ponsel kamu saat ini masih di Download Mode karena tadi tidak mencentang Auto Reboot di Odin.

Advertisement

Untuk bisa masuk ke TWRP, kamu perlu tekan dan tahan tombol volume ke bawah + home + power secara bersamaan.

Saat layar ponsel sudah hitam, dengan masih menahan tombol power dan home, segera lepaskan tombol volume ke bawah dan ganti volume ke atas hingga tampilan TWRP seperti di bawah ini muncul.

swipe to allow modification twrp
  • Pada pertama kali masuk ke TWRP, pilih untuk “Swipe to Allow Modification”
  • Langkah selanjutnya adalah Wipe memori internal dengan cara masuk ke menu Wipe kemudian pilih Format Data
  • Ketik yes untuk memulai proses wipe data Samsung Galaxy J7 Prime
  • Setelah selesai, kembali ke menu TWRP dan pilih Advanced > ADB Sideload
swipe to sideload twrp
  • Swipe to Start Sideload, lalu koneksikan Samsung Galaxy J7 Prime ke PC
  • Advertisement
  • Buka aplikasi Minimal ADB Fastboot
  • Ketik perintah berikut di dalam aplikasi Minimal ADB Fastboot

adb sideload no-verity-no-encrypt_ashyx.zip

Tekan enter, lalu tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah selesai, ketik lagi perintah berikut.

adb sideload Magisk-v20.3.zip

Kembali tekan enter dan tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, lihat layar ponsel dan pilih Reboot. Tunggu hingga ponsel menyala dan selamat Samsung J7 Prime sudah berhasil diroot.

Begitulah cara root Samsung Galaxy J7 Prime dan juga cara untuk install TWRP. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca juga root untuk ponsel Samsung Galaxy lainnya :

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Bagikan :