Cara Mudah Root Xiaomi Mi A1 “Tisson” (Sukses 100%) dan Install TWRP Recovery

Last Updated on

Cara Mudah Root di Xiaomi Mi A1 (sukses 100%) dan Install TWRP

Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Mi A1 – Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone terbaru yang masuk dalam program Android One milik Google. Android One sendiri merupakan program dari Google yang pada awalnya menyasar pasar ponsel dengan harga dibawah 100 USD.

Karena Google mengingkan semua orang dapat terhubung ke internet melalui program ponsel murah Android One. Semua hal mulai dari pemilihan hardware dan software dikontrol secara penuh oleh Google.

Namun saat ini, sepertinya murah bukan lagi prioritas Google, hal ini dibuktikan dengan Android One yang terbaru yakni Xiaomi Mi A1. Mi A1 ini menjadi ponsel Android One yang paling canggih serta yang paling besar.

Sebelumnya bentang layar dari Android One lain hanya sebatas 4.3 inchi namun Xiaomi Mi A1 kali ini mneggunakan layar berukuran 5.5 inchi dilengkapi dengan Gorilla Glass serta resolusi sebesar FHD (1080 x 1920).

Karena merupakan ponsel Android One, maka ponsel ini menggunakan sistem operasi Android murni tidak seperti ponsel Xiaomi yang lain yang biasanya menggunakan antarmuka MIUI.

Di sisi hardware, XIaomi Mi A1 mengusung RAM sebesar 4GB dan memori internal sebesar 64GB. Kamera bisa dikatakan merupakan nilai jual utama dari ponsel ini, sebab Xiaomi menanamkan dual kamera utama dengan resolusi masing – masing 12MP.

Salah satu dari kamera tersebut ditujukan untuk telephoto dan satunya untuk wideangel. Kamera utamanya ini dapat melakukan optical zoom hingga 2 kali, sedangkan digital zoomnya sebanyak 10 kali.

Sehingga dengan kemampuannya tersebut, pihak Xiaomi berani mengklaim bahwa kualitas kamera Mi A1 setara dengan kamera DLSR. Sedangkan kamera depan agak mengecewakan karena masih menggunakan resolusi 5MP, namun akan ada fitur Beautify seperti kebanyakan ponsel Xiaomi lainnya.

Cara Mudah Root Xiaomi Mi A1 (sukses 100%) dan Install TWRP Recovery

Xiaomi Mi A1

Baterai dari ponsel ini berukuran agak besar yakni 3.080 mAh dan didukung oleh fitur fast charging yang membuat waktu charge menjadi lebih singkat.

Sementara itu, prosesor Snapdragon 625 yang terkenal akan irit daya dipilih sebagai dapur pacu dalam ponsel ini. Namun sayang, tidak slot khusu untuk microSD di ponsel ini, namun Xiaomi Mi A1 menggunakan dua slot SIM jenis hybrid yang dapat dipakai menJadi slot microSD asal mengorbankan SIM kedua.

Xiaomi Mi A1 juga menggunakan port USB tipe C selayaknya smartphone baru lainnya. Karena ponsel ini masuk dalam program Android One, dapat dipastikan akan terus menerima update Android dari Google seperti update Android terbaru yakni Oreo atau Android 8.0.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Xiaomi Mi A1 sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do it  at your own risk.

UPDATE : Belakangan ini, perkembangan root di Mi A1 menunjukkan bahwa smartphone ini dapat diroot tanpa TWRP, silahkan baca pada akhir artikel ini
UPDATE 2 : File TWRP untuk Xiaomi Mi A1 sudah tersedia, namun masih membutuhkan tes lebih lanjut. Jika sobat masih ingin mencobanya, berikut ini link untuk TWRP Xiaomi Mi A1 yang masih dalam tahap pengembangan ini.
UPDATE 3 : Kali ini sudah ada tool yang memudahkan untuk melakukan proses root, unlock bootloader dan relock bootloader. Sang pengembang juga menjanjikan akan menambahkan fitur baru lagi kedepannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan scoll kebawah hingga akhir artikel ini.

Artikel ini akan selalu saya update selaras dengan perkembangan root untuk Xiaomi Mi A1.

Cara Install / Flash TWRP di Xiaomi Mi A1

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun untuk dapat menginstal/flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Xiaomi Mi A1 milik sobat dahulu.

  • Pertama, sobat mesti mensetting ADB di komputer terlebih dahulu, caranya yakni download ADB disini.
  • Kemudian double klik atau jalankan filenya.
  • Nantinya sobat akan melihat jendela command prompt dengan background biru. Ketik Y dan enter terus menerus hingga kurang lebih tiga kali.

    Cara Mudah Root di Xiaomi Mi A1 (sukses 100%) dan Install TWRP

    Menginstal ADB

  • Setelah ADB selesai terinstal, maka jendela cmd itu nantinya akan tertutup sendiri dan sobat sudah sukses menginstal ADB.

Setelah ADB sudah selesai diinstal, maka sobat harus membuka bootlader, caranya disini, kemudian sobat ikuti saja instruksinya di artikel itu. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download TWRP untuk Mi A1 disini.

Note: Link TWRP akan segera diupdate segera setelah ada TWRP yang benar – benar bekerja secara lancar dan stabil 

Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Buka folder tempat hasil download file TWRP tadi.

2. Kemudian di addres barnya, ketik cmd dan tekan Enter. Jendela command prompt akan muncul.

Cara Mudah Root di Xiaomi Mi A1 (sukses 100%) dan Install TWRP

Address Bar

3. Sekarang reboot Xiaomi Mi A1 ke mode fastboot, caranya yakni pertama matikan Mi A1 sobat lalu tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power selama kurang lebih 7 detik, nanti akan muncul logo fastboot.

Cara Mudah Root di Xiaomi Mi A1 (sukses 100%) dan Install TWRP

Logo Fastboot Xiaomi

Namun jika hal itu tidak berhasil, maka coba pakai tombol volume bawah + home + power secara bersamaan.

4. Jika sudah masuk mode fastboot, maka colokkan Mi A1 sobat ke PC menggunakan kabel USB, kemudian cek layar smartphone sobat, jika ada perintah untuk “Allow USB Debugging”, pilih Yes atau OK.

5. Selanjutnya sobat install TWRPnya dengan cara ketik perintah ini di jendela command prompt.

fastboot flash recovery twrp.img

6. Kemudian restart Mi A1 sobat dengan perintah ini.

 fastboot reboot

Itulah cara menginstal atau flash TWRP di Xiaomi Mi A1, untuk mengeceknya sobat dapat menulis perintah berikut di cmd tentunya dengan keadaan smartphone yang masih menancap ke PC. Namun saya sarankan untuk TIDAK membuka TWRP pada saat ini.

adb reboot recovery

Namun jika sudah sobat cabut, maka sobat dapat masuk ke mode recovery dengan cara matikan smartphone terlebih dahulu lalu tekan dan tahan tombol volume keatas dan power (jika tidak berhasil maka gunakan tombol volume keatas + home + power).

Ketika sobat pertama kali berada di mode recovery TWRP, maka akan ada TWRP akan menanyakan ijin untuk memodifikasi sistem. Namun sobat jangan pernah memberi ijin hal itu, pilih saja “Keep Read Only”.

Sebenarnya sobat dapat saja mengijInkan untuk mengotak – atik sistem ketika sobat sudah mengcopy file SuperSU atau DM verify disable.

Namun, saya perkirakan sobat belum kan ?

Oleh karena itu, untuk saat ini, sobat jangan ijinkan TWRP untuk mengotak – atik sistem terlebih dahulu. Alangkah lebih baik lagi jika sobat TIDAK perlu membuka TWRP ini sebelum melakukan proses root seperti dibawah.

Cara Root Xiaomi Mi A1

Ada dua cara yang bisa sobat lakukan untuk melakukan proses rooting di Xiaomi Mi A1, yakni dengan menggunakan Magisk dan satunya lagi menggunakan SuperSU.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

Logo Magisk dan SuperSU

Saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan Magisk karena sobat akan mendapatkan beragam kustomisasi karena beragam module yang ada di dalamnya, menyembunyikan akses root juga lebih mudah jika menggunakan Magisk.

Sedangkan SuperSU hanya bertugas untuk melakukan root pada smartphone sobat dan hanya itu saja. Apapun pilihan sobat tidak ada masalah sama sekali.

1. Download salah satu file dibawah, jika sobat memutuskan menggunakan Magisk maka sobat juga harus mendownload apk Magisk Manager.

2. Copy file yang didownload ke dalam Mi A1, tidak masalah apa itu di memori internal ataupun memori eksternal.

3. Masuk ke mode recovery seperti cara yang sudah sampaikan tadi (tekan dan tahan volume atas dan power).

4. Kali ini beri ijin TWRP untuk memodifikasi sistem dengan cara swipe layar.

5. Pilih “Install” dan pilih file Magisk atau SuperSU yang sebelumnya sudah sobat copy tadi.

6. Setelah itu, swipe layar dibagian bawah untuk memulai proses flashing.

7. Setelah proses flash selesai, sobat akan diarahkan ke opsi “Reboot System”, pilih opsi tersebut untuk merestart Xiaomi Mi A1 sobat.

8. Jika sobat tadi memilih memakai SuperSU, maka cara ini sudah berakhir namun jika sobat memilih menggunakan Magisk, maka instal terlebih dahulu Magisk Manager yang sudah sobat download tadi.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Xiaomi Mi A1 milik sobat sudah berhasil di root.

———————————————————————————————————————————

UPDATE : Seperti yang saya katakan sebelumnya, perkembangan root Mi A1 ini mengalami kenajuan. Kali ini ada metode baru untuk root yang tidak membutuhkan TWRP, berikut ini cara mudah root MI A1 tanpa TWRP. Namun pertama, penuhi dulu persyaratan dibawah

  • Pertama, pastikan smartphone sudah di buka bootloader, jika belum maka baca artikel di atas.
  • Kemudian, download ini
  • Aktifkan ADB debugging di developers options.
  • Kabel USB

Setelah semuanya persyaratan sudah selesai, ikuti langkah – langkah berikut untuk root Xiaomi Mi A1 tanpa TWRP.

1. Matikan ponsel, lalu masuk ke moode fastboot (tekan dan tahan tombol volume bawah + power)

2. Koneksikan ke PC dengan kabel USB.

3. Ekstrak file zip yang sudah didownload tadi dan jalankan file root.bat

4. Tunggu sebentar hingga ponsel nyala kembali.

Note: Cara ini sudah banyak dites oleh pengguna Mi A1 di forum XDA dan mereka mengatakan jika ponsel mereka telah sukses diroot.

———————————————————————————————————————————

UPDATE 3 : Seperti yang saya katakan sebelumnya, perkembangan root Mi A1 ini mengalami kenajuan. Kali ini ada metode baru untuk root yang hanya satu kali klik saja dengan sebuah tool. Namun pertama, penuhi dulu persyaratan dibawah:

  • ADB harus terinstal di dalam komputer, jika belum maka scroll keatas untuk cara install ADB.
  • Download MiA1 AIO Tool kemudian ekstrak.
  • Download juga Patched boot.img bagi sobat yang ingin root Xiaomi Mi A1. Pilih file sesuai dengan build dari ponsel.
  • Aplikasi flashfire yang dapat didownload di Google Play Store.
  • Download file zip SuperSU Root.

Sebelum melakukan proses root ini, ada beberapa hal yang harus sobat cermati, diantaranya adalah:

  • Proses ini tidak akan menghapus apappun dalam ponsel.
  • Walaupun sudah diroot, tapi sobat akan tetap menerima update. Namun saya sarankan agar TIDAK mengupdatenya karena dapat menyebabkan ponsel macet / hank.

Setelah semuanya persyaratan sudah selesai dan dua hal diatas sudah sobat baca, maka ikuti langkah – langkah berikut untuk root Xiaomi Mi A1 dengan tool diatas.

1. Ekstrak file patched boot yang didownload tadi ke dalam folder image dalam MiA1 AIO Tool.

2. Buka aplikasi MiA1 AIO Tool.

3. Pilih root dari menu dan ikuti instruksinya.

4. Setelah selesai dan ponsel kembali menyala, gunakan aplikasi flashfire untuk flash file SuperSU. Caranya adalah pilih file SuperSU dalam aplikasi flashfire kemudian buka tab EverRoot dan aktifkan opsi inject SuperSU lalu flash.

5. Dengan cara itu seharusnya ponsel MiA1 milik sobat sudah berhasil diroot.

Note: Cara ini sudah banyak dites oleh pengguna Mi A1 di forum XDA dan mereka mengatakan jika ponsel mereka telah sukses diroot.

Cara Mudah Root Xiaomi Mi A1 “Tisson” (Sukses 100%) dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!