Cara Root Xiaomi Mi A2 Lite (daisy) dan Install TWRP Recovery

Bagikan :
Advertisement

Cara Root Xiaomi Mi A2 Lite – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Xiaomi Mi A2 Lite di bawah.

Tidak lama setelah merilis dua seri Redmi dengan nama Redmi 6 dan Redmi 6A, Xiaomi kembali memperkenalkan saudara barunya yakni Redmi 6 Pro atau Mi A2 Lite untuk versi global.

Cara Root Mi A2 Lite

Dipadukan dengan dua kamera belakang yang terletak di tepi, maka ponsel ini sekilas sangat mirip dengan iPhone X milik Apple. Selain itu, aspek rasio layar yang diusung juga cukup berbeda, jika kebanyakan ponsel sekarang menggunakan rasio 18:9, maka Xiaomi Mi A2 Lite menggunakan rasio 19:9.

Namun untung saja, dengan rasio lebar begitu, Xiaomi memutuskan untuk menggunakan resolusi layar yang cukup tinggi juga, yakni 1080 x 2280 piksel. Bentang layarnya sendiri berada diantara Redmi 5 Plus dan Redmi 5, yakni sebesar 5,84 inci.

Ponsel ini masih memakai prosesor paling populer dari Qualcomm untuk ponsel menengah, yakni seri Snapdragon 625 (Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53) yang dipadukan dengan Adreno 506. Xiaomi menyediakan tiga varian sekaligus sewaktu peluncurannya yang dipisahkan antara kapasitas RAM dan ROM, yakni varian 3GB/32GB, 4GB/32GB dan 4GB/64GB.

Untuk sektor kamera, Xiaomi kembali memakai setup dual camera dibagian belakangnya. Kamera tersebut terdiri dari lensa dengan resolusi 12 MP dan 5 MP serta LED Flash, sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang dapat digunakan untuk merekam video 1080p.

Namun sayang sekali, sensor infrared kembali absen di Mi A2 Lite ini seperti halnya di Redmi 6 dan 6A. Walaupun jarang digunakan, tapi fitur infrared ini saya rasa sangat berguna dalam keadaan tertentu.

Sebelum Root Xiaomi Mi A2 Lite

Karena Xiaomi Mi A2 Lite ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Dan versi TWRP ini adalah khusus untuk Xiaomi Mi A2 Lite

Kamu juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milikmu sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun sebelum flash TWRP, kamu harus membuka bootloader Xiaomi Mi A2 Lite milikmu dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 Lite, kemudian ikuti saja instruksinya. Kamu tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Sebelum dapat melakukan root pada Xiaomi Mi A2 Lite, download terlebih dahulu file di bawah ini:

Kami tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada ponsel Xiaomi Mi A2 Lite milikmu. Do With Your Own Risk.

Cara ini juga akan menghapus semua data di hp milikmu, jadi pastikan untuk backup terlebih dahulu.

Cara Memasang TWRP Xiaomi Mi A2 Lite

Langkah #1. Ekstrak file TWRP dan copy file TWRP ke dalam folder Minimal ADB Fastboot yang terletak di C/:Program FIles (x86)/Minimal ADB and Fastboot. Copy juga file Noverity dan Magisk ke dalam folder tersebut.

Langkah #2. Rename file Noverity menjadi Noverity dan rename file Magisk menjadi Magisk.

Langkah #3. Pastikan USB Debugging sudah aktif, lalu koneksikan ponsel ke PC dan buka aplikasi Minimal ADB Fastboot.

Langkah #4. Koneksikan ponsel ke dalam PC dan tunggu sebentar. Kemudian di dalam jendela CMD tersebut, ketik :

Advertisement

adb devices

Langkah #5. Perhatikan layar ponsel Infinix Note 4 milikmu, pastikan pilih OK atau Allow untuk mengijinkan USB Debugging.

Pilih Allow USB Debugging Android - TutorAplikasi

Langkah #6. Setelah itu, ketik lagi perintah berikut ini :

adb reboot bootloader

Masuk ke mode fastboot - TutorAplikasi

Perintah tersebut digunakan untuk reboot ponsel Infinix Note 4 ke mode fastboot.

Langkah #7. Setelah itu, kembali ketik perintah berikut untuk memastikan ponsel sudah terkoneksi dengan baik :

fastboot devices

Menegcek ponsel konek di fastboot mode - TutorAplikasi

Akan terdapat angka dan huruf random di samping tulisan fastboot jika ponsel sudah terkoneksi dengan baik.

Advertisement

Langkah #8. Saat sudah masuk ke mode bootloader, install TWRP dengan cara mengetik perintah berikut :

fastbooot flash recovery twrp-3.3.1-dees_troy-daisy.img

Proses pemasangan TWRP akan berlangsung dan tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, kamu akhirnya sudah berhasil memasang TWRP di Xiaomi Mi A2 Lite.

Cara Root Xiaomi Mi A2 Lite

Kami asumsikan kamu sudah berhasil memasang TWRP dan ponsel masih dalam mode Fastboot. Jangan menyalakan ponsel terlebih dahulu, namun tekan dan tahan tombol Volume Up + Power. Setelah ponsel mati dan bergetar, lepaskan tombol Power, namun masih tahan tombol Volume.

Langkah #1. Dengan mengikuti cara di atas, kamu seharusnya sudah masuk ke mode TWRP Recovery dan pada saat pertama kali mungkin TWRP akan meminta passwor, klik cancel saja.

Langkah #2. Kemudian TWRP akan meminta ijin memodifikasi sistem, jadi swipe ke Allow Modification.

swipe to allow modification twrp

Langkah #3. Kemudian pilih Advanced dan pilih ADB Sideload.

swipe to sideload twrp

Langkah #4. Kemudian pada aplikasi Minimal ADB Fastboot, ketik perintah berikut :

adb sideload Noverity.zip

Langkah #5. Setelah proses memasang Noverity selesai, kembali lagi ke menu utama TWRP dan kali ini pilih Wipe > Format Data.

Format-Data-in-TWRP

Langkah #6. Kali ini kembali lagi aktifkan ADB Sideload seperti cara di atas, dan ketik perintah ini di aplikasi Minimal ADB Fastboot :

adb sideload Magisk.zip

Tunggu hingga proses selesai

Langkah #7. Setelah proses selesai, pilih Reboot System untuk restart ponsel.

Proses ADB Sideload selesai dan reboot system - TutorAplikasi

Proses reboot ini memang cukup lama, jadi kami sarankan kamu untuk lebih bersabar. Waktu yang dibutuhkan untuk reboot bisa mencapai 10 hingga 15 menit. Setelah selesai reboot, ponsel Xiaomi Mi A2 Lite milikmu sudah berhasil diroot.

Kamu juga bisa melakukan cara flash Xiaomi Mi A2 Lite guna mengembalikan ponsel seperti semula. Sampai jumpa di artikel TutorAplikasi.com selanjutnya.

Advertisement
author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Cara Root Xiaomi Mi A2 Lite (daisy) dan Install TWRP Recovery”

Leave a Comment