Cara Install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 5 Plus

Update :

Advertisement

Cara Root Xiaomi Redmi 5 Plus – Xiaomi Redmi 5 Plus adalah generasi terbaru dari ponsel seri murah atau redmi milik Xiaomi. Walaupun murah, ponsel seri redmi sangat populer terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Sebab kepopulerannya adalah disamping harganya yang murah, Xiaomi juga menyertakan sepesifikasi yang bisa dibilang diatas rata – rata untuk jajaran ponsel redminya.

Advertisement

Bahkan pada Q3 pada tahun 2017, Xiaomi berhasil mengapalkan kurang lebih 27.6 juta ponsel atau naik 102.6 persen dari kuarter yang sama tahun lalu. Hal itu menjadikan Xiaomi menjadi 5 besar vendor ponsel terbesar di dunia.

Cara Root Xiaomi Redmi 5 Plus (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Bagian depan Xiaomi Redmi 5 Plus terdapat kamera depan yang dilengkapi dengan beberapa sensor seperti acclerometer, proximity, gyro dan compass. Di belakang terdapat kamera utama yang dilengkapi dengan LED Flash serta sensor fingerprint di bawahnya.

Advertisement

Kamera utama yang dimiliki Xiaomi Redmi 5 Plus ini memiliki resolusi 12 MP dengan fitur seperti touch-focus, face/smile detection, panorama, HDR dan lain – lain. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang bisa digunakan untuk merekam video hingga resolusi 1080p.

Layar dari Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki tipe IPS LCD dengan bentang yang cukup lebar, yakni sebesar 5.99 inchi beresolusi FHD (1080 x 2160), tidak ketinggalan juga terdapat proteksi Corning Gorilla Glass untuk menambah keamanan layar ponsel.

Xiaomi sendiri menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki 8 inti Cortex-A53 dengan kecepatan maksimal 2 GHz. Untuk mendukung multimedia, terdapat juga GPU Adreno 506. Untuk RAM, Redmi 5 Plus menyediakan dua pilihan, yakni RAM 3 GB dan 4 GB. Untuk RAM 3 GB, Xiaomi melengkapinya dengan memori internal 32 GB, sedangkan versi 4 GB menggunakan memori internal sebesar 64 GB.

Advertisement

Cara Install TWRP di Xiaomi Redmi 5 Plus “vince”

Karena Redmi 5 Plus ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri.

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone anda, secara sederhananya anda dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Anda juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik anda sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone anda hampir dipastikan dapat di root.

Namun sebelum itu, sobat harus membuka bootloader Redmi 5 Plus milik sobat dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5 Plus, kemudian sobat ikuti saja instruksinya. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download

Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Advertisement

1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Redmi 5 Plus, caranya yakni:

  • Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
  • Kemudian cari “MIUI Version” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
  • Kembali lagi ke Settings.
  • Kali ini di dalam Settings, pilih “Additional Settings” dan cari “Developer mode”.
  • Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode”.
Mengaktifkan USB Debugging Xiaomi

2. Lalu install aplikasi minimal adb fastboot.

3. Copy file twrp, magisk dan noverity ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:/Program Files (x86)/Minimal ADB and Fastboot. Ekstrak file twrp, kemudian rename file TWRP menjadi Recovery.img, file Noverity menjadi DisableVerity.zip dan biarkan file Magisk.

4. Masih di folder tersebut, tekan dan tahan tombol Shift di keyboard sembari klik kanan pada area yang kosong di dalam folder, pilih “Open command window here”, jendela CMD kemudian akan keluar. Atau cukup buka aplikasi Minimal ADB and Fastboot di Windows.

cara root terbaru

5. Koneksikan ponsel ke dalam PC, tunggu sebentar. Kemudian di dalam jendela CMD tersebut, ketik:

adb device

Kemudian lihat ponsel anda untuk memberikan ijin mengakses adb.

Advertisement
Masuk ke mode fastboot

6. Lalu masuk ke mode fastboot dengan cara ketik:

adb reboot bootloader
Cara root Xiaomi terbaru

7. Setelah Xiaomi Redmi 5 Plus masuk ke mode fastboot, ketik :

fastboot flash recovery Recovery.img

8. Setelah selesai, reboot ke mode recovery dengan cara ketik :

fastboot reboot recovery

Jika gagal masuk ke recovery dengan perintah di atas, anda dapat masuk ke mode recovery dengan cara matikan Redmi 5 Plus lalu tekan dan tahan tombol Volume Up dan Power. Ketika ponsel mulai bergetar, lepas tombol Power namun tetap tahan tombol Volume Up hingga TWRP muncul.

Cara Root Xiaomi Redmi 5 Plus “vince”

Saya asumsikan saat ini anda sudah selesai atau sukses memasang TWRP dan ponsel dalam keadaan masih di TWRP. Maka ikuti langkah – langkah berikut ini.

1. Saat pertama masuk ke mode TWRP, kemungkinan ponsel Redmi 5 Plus akan meminta password, jangan gelisah terlebih dahulu. Coba terlebih dahulu password yang sedang anda pakai, namun jika tetap gagal, tekan cancel saja.

Advertisement

2. Pada saat pertama kali masuk ke mode TWRP, maka TWRP akan meminta ijin untuk memodifikasi sistem, jadi berikan ijin dengan cara swipe layar.

swipe to allow modification twrp

3. Pilih Advanced kemudian pilih adb sideload dan swipe untuk memulai adb sideload.

adb sideload twrp

4. Pada komputer anda, ketik :

adb sideload DisableVerity.zip

5. Tunggu hingga selesai dan tekan tombol Back hingga kembali ke menu utama TWRP, kemudian pilih Reboot > Recovery. Setelah ponsel reboot dan masuk ke mode TWRP lagi, pilih Wipe > Format Data dan tunggu hingga proses selesai.

6. Setelah proses format selesai, kali ini kembali lagi ke menu adb sideload dan gantian pasang Magisk dengan cara ketik :

adb sideload Magisk-v19.3.zip
install file dengan adb sideload

7. Kali ini pilih Reboot System dan tunggu hingga ponsel kembali menyala

Advertisement

Proses reboot ini memang cukup lama, jadi saya sarankan anda untuk lebih bersabar. Namun jika terlampau lama atau mungkin bootloop, masuk kembali ke TWRP dengan tombol Volume Up dan Power kemudian pasang decrypt seperti cara di atas lalu format data, setelah reboot kembali ke TWRP baru pasang Magisk dan reboot ke sistem.

Selain cara root, TutorAplikasi juga menyediakan cara flash Xiaomi Redmi 5 Plus guna mengembalikan ponsel anda seperti semula. Sampai jumpa di artikel TutorAplikasi selanjutnya. Terima Kasih.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

2 thoughts on “Cara Install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 5 Plus”

  1. Pingback: Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5 Plus (Sukses 100%)

  2. Pingback: Cara Sukses dan Cepat Flash Xiaomi Redmi 5 Plus (Hanya 10 Menit Saja)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *