Cara Root Xiaomi Redmi 5 “Rosy” (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Last Updated on

Cara Root Xiaomi Redmi 5 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Xiaomi Redmi 5 – Xiaomi Redmi 5 adalah generasi terbaru dari ponsel seri murah atau redmi milik Xiaomi. Walaupun murah, ponsel seri redmi sangat populer terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Sebab kepopulerannya adalah disamping harganya yang murah, Xiaomi juga menyertakan sepesifikasi yang bisa dibilang diatas rata – rata untuk jajaran ponsel redminya.

Bahkan pada Q3 pada tahun 2017 ini, Xiaomi berhasil mengapalkan kurang lebih 27.6 juta ponsel atau naik 102.6 persen dari kuarter yang sama tahun lalu. Hal itu menjadikan Xiaomi menjadi 5 besar vendor ponsel terbesar di dunia.

Sukses tersebut tentu menjadikan Xiaomi terus menghadirkan produk – produk terbaru untuk mengikuti perkembangan jaman, dan Redmi 5 ini adalah salah satunya. Desain ponsel ini mengikuti desain ponsel – ponsel modern yang menggunakan bezel tipis sehingga layar terlihat lebih lebar daripada biasanya.

Bahkan aspek rasio layar ponsel ini pun sudah mengadposi rasio 18:9 yang banyak digunakan oleh ponsel – ponsel kelas atas dari vendor lain. Untuk penempatan dari tombol dan kamera, tidak ada perubahan drastis dari seri redmi terdahulu.

Tombol volume dan power terletak di sebelah kanan, sedangkan bagian kirinya terdapat dua slot SIM yang satunya masih menggunakan slot hybrid seperti seri ponsel Xiaomi lainnya. Sedangkan bagian atasnya terdapat lubang jack audio 3.5mm dan bagian bawah terdapat port USB yang digunakan untuk charger atau menngkoneksikan ponsel ke dalam PC.

Bagian depan Xiaomi Redmi 5 terdapat kamera depan yang dilengkapi dengan beberapa sensor seperti acclerometer, proximity, gyro dan compass. Di belakang terdapat kamera utama yang dilengkapi dengan LED Flash serta sensor fingerprint di bawahnya.

Kamera utama yang dimiliki Xiaomi Redmi 5 ini memiliki resolusi 12 MP dengan fitur seperti touch-focus, face/smile detection, panorama, HDR dan lain – lain. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang bisa digunakan untuk merekam video hingga resolusi 1080p.

Layar dari Xiaomi Redmi 5 memiliki tipe IPS LCD dengan bentang yang cukup lebar, yakni sebesar 5.7 inchi beresolusi HD (720p), tidak ketinggalan juga terdapat proteksi Corning Gorilla Glass untuk menambah keamanan layar ponsel.

Xiaomi sendiri menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 yang memiliki 8 inti Cortex-A53 dengan kecepatan maksimal 1.8 GHz. Untuk mendukung multimedia, terdapat juga GPU Adreno 506. Untuk RAM, Redmi 5 menyediakan dua pilihan, yakni RAM 3 GB dan 2 GB.

Untuk RAM 3 GB, Xiaomi melengkapinya dengan memori internal 32 GB, sedangkan versi 2 GB menggunakan memori internal sebesar 16 GB. Xiaomi Redmi 5 juga sudah menggunakan MIUI versi terbaru yakni MIUI 9 yang sudah menggunakan Android 7.1.2 (Nougat).

Baca Juga :  Cara Root Xiaomi Redmi S2 Dan Install TWRP Recovery

Baterai dari ponsel ini adalah sebesar 3300 mAh yang memiliki fitur Fast battery charging untuk mengisi daya yang lebih cepat. Untuk pasar China, Xiaomi menjual ponsel ini dengan harga sekitar Rp 1.6 juta yang tersedia dalam pilihan warna Black, Light Blue, Gold dan Rose Gold. Mari kita tunggu saja berapa harga dari ponsel Xiaomi Redmi 5 ketika nanti masuk ke Indonesia.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Xiaomi Redmi 5 sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di ponsel milik sobat. Do it  at your own risk.

Cara Memasang / Install TWRP di Xiaomi Redmi 5

Karena Redmi 5 ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya ponsel ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Dan TWRP disini adalah versi TWRP yang resmi.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi

Tampilan TWRP

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam ponsel sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika ponsel milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka ponsel sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun sebelum flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Redmi 5 milik sobat dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5, kemudian sobat ikuti saja instruksinya. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download

Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Langkah #1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Redmi 5, caranya yakni:

  • Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
  • Kemudian cari “MIUI Version” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
  • Kembali lagi ke Settings.
  • Kali ini di dalam Settings, pilih “Additional Settings” dan cari “Developer mode”.
  • Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode”.

Langkah #2. Copy file noverity.zip ke dalam ponsel Xiaomi Redmi 5 sobat dan copy file recovery.img (TWRP Redmi 5) ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:Program FIles (x86)MInimal ADB and Fastboot.

Langkah #3. Sekarang reboot Redmi 5 milik sobat ke mode fastboot, caranya yakni pertama matikan Redmi 5 sobat lalu tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power selama kurang lebih 7 detik, nanti akan muncul logo fastboot.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

Logo Fastboot Xiaomi

Langkah #4. Jika sudah masuk mode fastboot, maka colokkan Redmi 5 sobat ke PC menggunakan kabel USB, kemudian cek layar ponsel sobat, jika ada perintah untuk “Allow USB Debugging”, pilih Yes atau OK.

Baca Juga :  Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A "Riva" (Sukses 100%)

Langkah #5. Selanjutnya sobat install TWRPnya dengan cara buka aplikasi Minimal ADB Fastboot dan ketik perintah berikut di dalam jendela cmd yang terbuka.

fastboot flash recovery twrp-rosy.img
Langkah #6. Setelah selesai, cabut kabel dari ponsel dan matikan ponsel sobat. Kemudian restart Redmi 5 Plus ke mode recovery sobat dengan cara tekan dan tahan tombol volume keatas dan power.

Ketika sobat pertama kali berada di mode recovery TWRP, maka akan ada TWRP akan menanyakan ijin untuk memodifikasi sistem. Namun sobat jangan pernah memberi ijin hal itu, pilih saja “Keep Read Only“.

Kemudian di dalam TWRP, pilih “Install” kemudian pilih file noverity yang sudah dimasukkan ke dalam ponsel tadi, file ini wajIb hukumnya untuk diflash terlebih dahulu sebelum memasuki sistem karena jIka tidak, maka kemungkinan ponsel tidak akan bisa masuk ke sistem alias bootloop.

cara root xiaomi terbaru

Setelah selesai menginstal file noverity, maka reboot ponsel lewat menu reboot yang ada di TWRP.

Dan jika ternyata sobat lupa belum memasukkan file noverity lalu ponsel Redmi 5 Plus sobat mengalami bootloop, coba klik untuk cara flash Xiaomi Redmi 5 “Rosy” dengan sukses dan terdapat bahasa Indonesia di dalamnya.

Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 5 “Rosy”

Saya asumsikan saat ini sobat sudah selesai atau sukses memasang TWRP dan ponsel dalam keadaan menyala. Hal yang selanjutnya dilakukan adalah mencopy file SuperSU ke dalam memori ponsel. SuperSU ini dapat didownload dengan cara mengikuti langkah – langkah berikut.

1. Download SuperSU terbaru : SuperSU Root

2. Copy file SuperSU yang didownload ke dalam Redmi 5 “Rosy” , tidak masalah apa itu di memori internal ataupun memori eksternal.

3. Masuk ke mode recovery seperti cara yang sudah sampaikan tadi (tekan dan tahan volume atas dan power).

4. Kali ini beri ijin TWRP untuk memodifikasi sistem dengan cara swipe layar.

5. Pilih “Install” dan pilih file SuperSU yang sebelumnya sudah sobat copy tadi.

6. Setelah itu, swipe layar dibagian bawah untuk memulai proses flashing.

7. Setelah proses flash selesai, sobat akan diarahkan ke opsi “Reboot System”, pilih opsi tersebut untuk merestart Xiaomi Redmi 5 “Rosy” sobat.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Redmi 5 Plus milik sobat sudah berhasil di root.

Cara Root Xiaomi Redmi 5 “Rosy” (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!