Home » Cara Install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 5A

Cara Install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 5A

Advertisement

Last Updated on 18 May, 2020 by Firza

Cara Root Xiaomi Redmi 5A  – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Xiaomi Redmi 5a, jadi tolong baca sampai akhir artikel.

Advertisement

Redmi 5A merupakan ponsel Xiaomi penerus dari Xiaomi Redmi 4A yang memiliki harga yang terjangkau. Namun seperti halnya Xiaomi Redmi 4A, Redmi 5A ini walupun dipasarkan dengan harga yang terjangkau, ponsel ini memiliki spesifikasi yang bisa dibilang canggih untuk harga yang dipatoknya.

Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 5A "Riva" (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Desain dari ponsel sendiri masih tetap sama seperti Redmi 4A dimana tombol volume dan power terletak di sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri diisi dengan dua slot SIM yang salah satu diantaranya merupakan slot hybrid. Slot hybrid berarti sobat harus memilih diantara memakai kedua atau memakai microSD karena cuma satu saja yang dapat digunakan.

Untuk kesemuanya masih sama dengan Redmi 4A, namun yang paling terlihat menonjol adalah desainnya sekarang menggunakan material alluminium. Ukuran layar ponsel masih belum berubah, masih sama selebar 5.0 inchi dengan resolusi HD (720p X 1280) dan kepadatan pixelnya 296 ppi.

Namun walaupun menggunakan desain yang sama, ponsel Redmi 4A menggunakan baterai yang lebih besar, yakni sebesar 3120 mAh dibandingkan dengan ponsel Redmi 5A yang 3080 mAh, perbedaannya memang sangat kecil hingga kemungkinan besar pengguna tidak akan menyadarinya.

Dari kamera utama, keduanya masih sama yakni dengan resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2 dilengkapi dengan LED Flash, namun Redmi 5A lebih unggul diakibatkan karena kamera belakang Redmi 5A sudah menggunakan PDAF dibandingkan dengan Redmi 4A yang hanya auto focus.

Kamera depannya pun memiliki resolusi yang sama, yakni 5 MP namun ponsel Redmi 5A memiliki bukaan yang agak lebih kecil. Namun sayang, Xiaomi tidak mengupdrade prosesornya sehingga prosesor yang dipakai Redmi 5A masih sama sperti milik Redmi 4A, yakni Snapdragon 425 Quad-core 1.4 GHz didukung dengan Adreno 308.

Kapasitas RAM yang dipakai juga masih sama, yakni sebesar 2 GB dan memori internal 16 GB, namun Redmi 5A juga mendapatkan versi RAM 3 GB yang belum tentu akan dirilis di Indonesia.

Untuk urusan versi Android yang dipakai, Redmi 5A lebih unggul dengan sudah mengadopsi Android 7.1.2 Nougat dan custom UI khas Xiaomi, MIUI dengan versi 9.

Advertisement
Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Xiaomi Redmi 5A anda karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik anda. Do it at your own risk

Cara Install TWRP di Xiaomi Redmi 5A “riva”

Karena Redmi 5A ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri.

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain-lainnya ke dalam smartphone anda, secara sederhananya anda dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Anda juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik anda sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone anda hampir dipastikan dapat di root.

Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A, kemudian ikuti saja instruksinya jika sebelumnya bootloadaer ponsel anda masih terkunci. Anda tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download file berikut:

Kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Redmi 5A, caranya yakni:

  • Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
  • Kemudian cari “MIUI Version” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
  • Kembali lagi ke Settings.
  • Kali ini di dalam Settings, pilih “Additional Settings” dan cari “Developer mode”.
  • Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode”.
Mengaktifkan USB Debugging Xiaomi

2. Lalu install aplikasi minimal adb fastboot.

3. Copy file twrp, magisk dan noverity ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:/Program Files (x86)/Minimal ADB and Fastboot.

Ekstrak file twrp, kemudian rename file TWRP menjadi Recovery.img, file Noverity menjadi DisableVerity.zip dan biarkan file Magisk.

Advertisement

Note : Perubahan nama file dilakukan untuk mempermudah proses ketika mengetik perintah di CMD nantinya.

4. Masih di folder tersebut, tekan dan tahan tombol Shift di keyboard sembari klik kanan pada area yang kosong di dalam folder, pilih “Open command window here”, jendela CMD kemudian akan keluar. Atau cukup buka aplikasi Minimal ADB and Fastboot di Windows.

cara root terbaru

5. Koneksikan ponsel ke dalam PC, tunggu sebentar. Kemudian di dalam jendela CMD tersebut, ketik:

adb device

Kemudian lihat ponsel anda untuk memberikan izin mengakses adb.

Masuk ke mode fastboot

6. Lalu masuk ke mode fastboot dengan cara ketik:

adb reboot bootloader
Cara root Xiaomi terbaru

7. Setelah Xiaomi Redmi 5A masuk ke mode fastboot, ketik :

fastboot flash recovery Recovery.img

8. Setelah selesai, reboot ke mode recovery dengan cara ketik :

fastboot reboot recovery

Jika gagal masuk ke recovery dengan perintah di atas, anda dapat masuk ke mode recovery dengan cara matikan Redmi 5A lalu tekan dan tahan tombol Volume Up dan Power. Ketika ponsel mulai bergetar, lepas tombol Power namun tetap tahan tombol Volume Up hingga TWRP muncul.

Cara Root Xiaomi Redmi 5A “riva”

Saya asumsikan saat ini anda sudah selesai atau sukses memasang TWRP dan ponsel dalam keadaan masih di TWRP. Maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Saat pertama masuk ke mode TWRP, kemungkinan ponsel Redmi 5A akan meminta password, jangan gelisah terlebih dahulu. Coba terlebih dahulu password yang sedang anda pakai, namun jika tetap gagal, tekan cancel saja.

Advertisement

2. Pada saat pertama kali masuk ke mode TWRP, maka TWRP akan meminta ijin untuk memodifikasi sistem, jadi berikan ijin dengan cara swipe layar.

swipe to allow modification twrp

3. Pilih Advanced kemudian pilih adb sideload dan swipe untuk memulai adb sideload.

adb sideload twrp

4. Pada komputer anda, ketik :

adb sideload DisableVerity.zip

5. Tunggu hingga selesai dan tekan tombol Back hingga kembali ke menu utama TWRP, kemudian pilih Reboot > Recovery. Setelah ponsel reboot dan masuk ke mode TWRP lagi, pilih Wipe > Format Data dan tunggu hingga proses selesai.

6. Setelah proses format selesai, kali ini kembali lagi ke menu adb sideload dan gantian pasang Magisk dengan cara ketik :

adb sideload Magisk-v19.3.zip
install file dengan adb sideload

7. Kali ini pilih Reboot System dan tunggu hingga ponsel kembali menyala

Proses reboot ini memang cukup lama, jadi saya sarankan anda untuk lebih bersabar.

Namun jika terlampau lama atau mungkin bootloop, masuk kembali ke TWRP dengan tombol Volume Up dan Power kemudian pasang decrypt seperti cara di atas lalu format data, setelah reboot kembali ke TWRP baru pasang Magisk dan reboot ke sistem.

Selain cara root, TutorAplikasi juga menyediakan Cara Flash Xiaomi Redmi 5A disini. Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Redmi 5A milik sobat sudah berhasil di root.

Advertisement

Advertisement
author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

6 thoughts on “Cara Install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 5A”

  1. Pingback: Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A "Riva" (Sukses 100%)

  2. Pingback: Cara Sukses dan Cepat Flash Xiaomi Redmi 5A "Riva" (Hanya 10 Menit Saja) - TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *