Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A “ugglite”

Last Updated on

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Xiaomi Redmi Note 5a di bawah.

Xiaomi Redmi Note 5A merupakan ponsel seri redmi note terbaru dari Xiaomi yang baru diluncurkan pada tanggal 21 Agustus 2017 lalu di China. Smartphone ini sebenarnya suksesor dari Redmi 4A yang merupakan smartphone Xiaomi paling murah, bukan suksesor dari Redmi Note 4.

Karena merupakan suksesor dari Redmi 4A, kemungkinan harga smartphone ini juga akan murah namun masih menjajikan kualitas yang bagus layaknya Redmi 4A.

Desain dari smartphone ini hampir sama dengan pendahulunya, namun sekarang ukurannya agak besar mungkin saja menyeleralaskan dengan nama “Note” yang diusungnya. Selain itu, kali ini materialnya terbuat dari bahan metal, tidak plastik seperti Redmi 4A.Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian.

Xiaomi meletakkan posis speaker Redmi Note 5A ini dibagian bawah bodi berdampingan dengan port micro USB, sementara itu bagian belakangnya terdapat kamera dengan lampu flash LED bibagian kanannya serta sensor fingerprints di sebelah tengah.

Kamera belakangnya memiliki resolusi 13MP dengan beragam fitur seperti HDR, PDAF dan low light yang akan meningkatkan hasil kamera walaupun menggunakannya di tempat yang minim cahaya.

Sementara itu, untuk kamera depannya menggunakan resolusi 16MP yang dipadukan dengan lampu flash LED, namun lampu flash LED ini hanya tersedia untuk varian Redmi Note 5A yang memiliki RAM 3GB dan 4GB.

Sedangkan untuk Redmi Note 5A varian RAM 2GB, kamera depannya hanya memiliki resolusi 5MP dan tanpa kehadiran flash. Jika tadi fitur kamera yang berbeda dari varian satu ke lainnya, untuk ukuran maksimal memori SD masih tetap sama maksimal 128GB serta ketiganya mendukung dual SIM card.

Namun lain halnya dengan memori internal, ketiga varian Redmi Note 5A memiliki kapasitas memori internal yang berbeda – beda yakni varian Redmi Note 5A dengan RAM 2GB memiliki memori internal 16GB.

Sedangkan RAM 3GB memiliki memori internal 32GB sedangkan yang terakhir, 4GB memiliki memori internal 64GB. Di segi prosesor pun ada sedikit perbedaan yakni varian RAM 2GB menggunakan Snapdragon 425, sedangkan RAM 3GB dan 4GB menggunakan Snapdragon 435.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

Xiaomi Redmi Note 5A

Sedangkan sistem oprasi dari ketiga varian Redmi Note 5A menggunakan Android 7.1 Nougat dengan antarmuka MIUI 9 yang memiliki beberapa fitur yang diunggulkan seperti pencarian gambar, sistem AI dan split-screen.

Serta ketiganya juga mengusung layar dengan bentang 5.5 inchi. Ketiga variannya pun mengusung kapasitas baterai yang sama yakni 3.080 mAh dan juga smartphone ini memiliki beragam pilihan warna seperti Champagne Gold, Rose Gold dan Platinum Silver Gray.

Baca Juga :  Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 8 Lite (Sukses 100%)

Dari data yang terungkap lewat situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri) yang dikelola oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, ditampilkan disana terdapat pengajuan sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang telah diterima atau disahkan oleh pemerintah.

Dan dari data tersebut, terlihat ada dua model smartphone Xiaomi yang sudah mendapatkan sertifikat TKDN yakni smartphone Xiaomi dengan model MI MDG6 dan MI MDG2, kedua data tersebut terlihat sudah disahkan sejak tanggal 5 dan 6 September 2017.

Kode MI MDG6 ini dapat dipastikan merupakan kode smartphone Redmi Note 5A, sedangkan MI MDG2 hampir pasti merupakan Mi A1, smartphone Android One dari Xiaomi. Menurut rencananya, kedua smartphone milik Xiaomi ini akan diperkenalkan pada 20 September mendatang.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Xiaomi Redmi Note 5A sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do with your own risk.

Note 2: Cara ini hanya untuk XIaomi Redmi Note 5a “ugglite”. Jika sobat memiliki Redmi Note 5a Prime, silahkan klik untuk cara root Xiaomi Redmi Note 5a Prime “ugg”.

Cara Memasang / Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A

Karena Redmi Note 5A ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Walaupun TWRP ini belum resmi, namun menurut berbagai tes pengguna di forum XDA dan miui, TWRP ini sudah berjalan dengan baik dan lancar.

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun sebelum flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Redmi Note 5a milik sobat dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5a, kemudian ikuti saja instruksinya. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download

Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Langkah #1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Redmi Note 5a, caranya yakni:

  • Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
  • Kemudian cari “MIUI Version” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
  • Kembali lagi ke Settings.
  • Kali ini di dalam Settings, pilih “Additional Settings” dan cari “Developer mode”.
  • Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode”.

Langkah #2. Copy file noverity.zip ke dalam ponsel Xiaomi Redmi Note 5a sobat dan copy file recovery.img (TWRP Redmi Note 5a “ugglite”) ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:Program FIles (x86)MInimal ADB and Fastboot.

Baca Juga :  Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi Mix 2S (Sukses 100%)

Langkah #3. Sekarang reboot Redmi Note 5a milik sobat ke mode fastboot, caranya yakni pertama matikan ponsel sobat lalu tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power selama kurang lebih 7 detik, nanti akan muncul logo fastboot.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

Logo Fastboot Xiaomi

Langkah #4. Jika sudah masuk mode fastboot, maka colokkan Redmi Note 5a “ugglite” sobat ke PC menggunakan kabel USB, usahakan memakai kabel USB original atau kabel USB yang masih bagus kualitasnya.

Langkah #5. Selanjutnya sobat install TWRPnya dengan cara buka aplikasi Minimal ADB Fastboot dan ketik perintah berikut di dalam jendela cmd yang terbuka.

fastboot flash recovery twrp-ugglite.img
Langkah #6. Setelah selesai, cabut kabel dari ponsel dan matikan ponsel sobat. Kemudian restart Redmi Note 5a ke mode recovery sobat dengan cara tekan dan tahan tombol volume keatas dan power.

Ketika sobat pertama kali berada di mode recovery TWRP, maka akan ada TWRP akan menanyakan ijin untuk memodifikasi sistem. Namun sobat jangan pernah memberi ijin hal itu, pilih saja “Keep Read Only“.

Kemudian di dalam TWRP, pilih “Install” kemudian pilih file noverity yang sudah dimasukkan ke dalam ponsel tadi, file ini wajIb hukumnya untuk diflash terlebih dahulu sebelum memasuki sistem karena jIka tidak, maka kemungkinan ponsel tidak akan bisa masuk ke sistem alias bootloop.

cara root xiaomi terbaru

Setelah selesai menginstal file noverity, maka reboot ponsel lewat menu reboot yang ada di TWRP.

Dan jika ternyata sobat lupa belum memasukkan file noverity lalu ponsel Redmi Note 5a sobat mengalami bootloop, coba klik untuk cara flash Xiaomi Redmi Note 5a “ugglite” dengan sukses dan terdapat bahasa Indonesia di dalamnya.

Cara Mudah Root Xiaomi Redmi Note 5a “ugglite”

Saya asumsikan saat ini sobat sudah selesai atau sukses memasang TWRP dan ponsel dalam keadaan menyala. Hal yang selanjutnya dilakukan adalah mencopy file SuperSU ke dalam memori ponsel. SuperSU ini dapat didownload dengan cara mengikuti langkah – langkah berikut.

1. Download SuperSU terbaru : SuperSU Root

2. Copy file SuperSU yang didownload ke dalam Redmi Note 5a “ugglite” , tidak masalah apa itu di memori internal ataupun memori eksternal.

3. Masuk ke mode recovery seperti cara yang sudah sampaikan tadi (tekan dan tahan volume atas dan power).

4. Kali ini beri ijin TWRP untuk memodifikasi sistem dengan cara swipe layar.

5. Pilih “Install” dan pilih file SuperSU yang sebelumnya sudah sobat copy tadi.

6. Setelah itu, swipe layar dibagian bawah untuk memulai proses flashing.

7. Setelah proses flash selesai, sobat akan diarahkan ke opsi “Reboot System”, pilih opsi tersebut untuk merestart Xiaomi Redmi Note 5a “ugglite” sobat.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Redmi Note 5a milik sobat sudah berhasil di root.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A “ugglite” | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!