Home » Cara Screenshot Panjang di Laptop / PC Windows

Cara Screenshot Panjang di Laptop / PC Windows

Advertisement

Last Updated on 31 August, 2020 by Firza

Cara Screenshot Panjang di Laptop – Windows 10 memiliki beberapa cara untuk mengambil screenshot. Cara yang paling mudah adalah dengan menekan dan menahan tombol Windows + Alt + PRTSC dan secara langsung Windows akan mengambil screenshot dari layarmu.

Advertisement

Selain itu, tool bawaan yang bernama Snipping Tool juga mampu mengambil screenshot hanya beberapa bagian layar atau hanya satu jendela aplikasi saja.

Cara screenshot panjang di laptop Windows - TutorAplikasi-min

Namun sayangnya Windows tidak memiliki fitur bawaan yang mampu mengambil screenshot secara panjang.

Kamu mungkin bingung dengan cara mengambil screenshot panjang di laptop atau PC Windows dan berakhir di artikel ini.

Sebagai jawaban dari kebingunganmu, aplikasi-aplikasi pihak ketiga di bawah ini akan mengatasinya. Berikut ini adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot panjang (scrolling screenshot) di Windows.

1. ShareX

ShareX adalah aplikasi yang sangat populer digunakan ketika hendak mengambil screenshot panjang.

Kepopuleran dari ShareX ini selain memang berfungsi dengan sangat baik, ShareX juga bisa kamu download di salah satu situs game terbesar, yakni Steam.

Cara screenshot panjang di laptop memakai ShareX

Oleh sebab itu, bukan hal yang mengherankan jika ShareX sangat populer di kalangan gamer, terutama di komunitas game streaming.

Selain mengambil screenshot, ShareX juga memiliki fitur tambahan seperti filter yang melimpah dan beragam efek yang dapat dipilih.

Advertisement

Untuk mengambil screechot panjang memalui ShareX, cukup buka aplikasinya, lalu kilk “Capture” dan pilih “Scrolling capture”.

Selanjutnya kamu bisa memilih jendela aplikasi mana yang akan diambil screenshot panjangnya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak seperti aplikasi gratis lainnya, tidak terdapat iklan satu pun di ShareX.

2. PickPick

PickPick adalah aplikasi screenshot dan edit gambar yang dikembangkan oleh NGWIN. Sama seperti ShareX, PickPick juga dilepas secara gratis dan memiliki fitur-fitur keren yang mungkin aplikasi screenshot berbayar tidak miliki.

PickPick memiliki 7 mode yang dapat kamu gunakan untuk mengambil scrrenchot, yakni Full Screen, Window Control, Active Window, Region, Scrolling Window, FreeHand dan Fixed Region.

Dengan beragam mode yang bisa dipilih, kamu bisa memakai PickPick pada beberapa kondisi yang kamu inginkan.

Untuk mengambil screenshot panjang menggunakan PickPick, pertama buka aplikasi PickPick, klik Yes pada saat jendela untuk mengganti Hotkeys, kemudian klik OK. Jika aplikasi gagal untuk mengganti hotkeys, kamu bisa mengklik Cancel atau No.

Cara screenshot panjang di PC

Setelah itu, buka halaman atau aplikasi apa yang ingin kamu ambil screenshot-nya.

Kembali ke PickPick, pilih Scrolling Screenshot.

Cara screenshot panjang di Windows 10

Selanjutnya pilih jendela mana yang akan dipilih dengan klik kiri, PickPick secara otomatis akan scroll ke jendela tersebut hingga yang paling bawah, kamu juga bisa scroll secara manual agar prosesnya lebih cepat.

Saat mencapai halaman paling bawah, PickPick secara otomatis akan membuka hasil screenshot halaman tadi. Kamu selanjutnya bisa mengedit hasil screenshot tersebut sesuai kebutuhan.

Advertisement
Cara screenshot panjang di Windows 7

Begitulah cara-cara yang dilakukan untuk mengambil screenshot panjang di laptop Windows, kunjungi juga artikel menarik lainnya seperti :

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *