Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 (Sukses 100%)

Update :

Advertisement
Advertisement

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 – Dengan perkembangan sistem operasi Android yang dari hari ke hari semakin pesat, sistem keamanannya pun ikutan berkembang. Karena isu paling penting saat ini di ponsel Android selain masalah baterai adalah faktor keamanannya.

Advertisement

Android memang didesain sebagai sistem operasi terbuka sehingga semua orang dapat melihat kode pembuatan Android. Beda halnya dengan iOS yang dimiliki oleh Apple, karena bersifat sistem operasi tertutup, maka iOS bisa dibilang keamanannya lebih terjaga.

Namun tetap saja di semua ponsel entah itu yang menggunakan Android maupun iOS pasti ada suatu celah yang dapat disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan suatu aksi kejahatan. Karena seaman apapun suatu ponsel, para peretas juga tidak kalah pintar.

Cara UBL Asus Zenfone Max Pro M1 - TutorAplikasi

Entah itu mencuri suatu informasi atau gambar dan lain sebagainya. Walaupun para produsen ponsel kerap kali melakukan perubahan yang bersifat meningkatkan keamanan dari produknya, para pengguna biasanya ada yang tidak begitu peduli dengan keamanan perangkatnya sendiri.

Apalagi bagi para pengguna Android yang suka memodifikasi sistem Android miliknya, dikarenakan sistem keamanan yang baru tadi, memodifikasi sistem Android menjadi lebih sulit lagi.

Memodifikasi ini tidak hanya terbatas pada tampilan saja, namun terkadang dapat meningkatkan suatu hal yang ada ponsel seperti meningkatkan kinerja prosesor, atau meningkatkan durasi batre atau meningkatkan kualitas dari kamera dan lain sebagainya.

Bootloader merupakan sebuah kode yang harus dieksekusi terlebih dahulu sebelum sistem dapat berjalan. Pengertian bootloader ini bersifat universal yang berarti bootloader di suatu sistem operasi (OS) akan bekerja sama dengan OS yang lainnya yang berjalan di semua perangkat seperti laptop, ponsel, PC dan perangkat elektronik yang membutuhkan OS lainnya.

Pada dasarnya, bootlader pada perangkat elektronik ini merupakan petunjuk bagi sistem operasi agar dapat melakukan proses booting. Karena bootloader ini berjalan sebelum sistem operasi dinyalakan, maka setiap prosesor dan setiap motherboard memiliki bootloadernya masing – masing.

Advertisement

Inilah yang menyebabkan ponsel Android memiliki pengembangan custom ROM yang berbeda – beda karena ada banyak sekali macam prosesor yang dipakai di ponsel Android. Contohnya adalah Lineage OS yang merupakan salah satu custom ROM paling populer.

Beda halnya dengan iOS yang memiliki varian hardware sama di setiap tipe perangkatnya. Walaupun Android merupakan sistem operasi terbuka, namun para produsen ponsel Android biasanya akan mengunci bootloader.

Advertisement

Hal itu dilakukannya agar para pengguna tetap memkai custom ROM yang telah disediakan para pabrikan ini yang biasanya sudah mereka kembangkan sedemikian rupa agar dapat berjalan dengan stabil di ponsel buatan mereka sendiri. Beberapa contohnya adalah Samsung dengan TouchUI atau ASUS dengan ZenUI.

Advertisement

Dengan bootloader yang terkunci, proses pergantian ROM, root atau sekedar memasang custom recovery hampir pasti tidak dapat dilakukan. Beberapa pabrikan ponsel bahkan akan membatalkan garansi jika penggunanya membuka bootloader yang telah mereka kunci.

Bahkan proses membuka bootloader ini juga akan mengakibatkan memori internal di smartphone akan terhapus seluruhnya. Namun ada beberapa ponsel yang tidak terhapus memori internalnya seperti di beberapa smartphone Xiaomi.

Keputusan untuk membuka atau membiarkan bootloader tetap terkunci atau terbuka tergantung pada kebutuhanmu yang merupakan pengguna ponsel tersebut. Jika kamu menginginkan untuk root atau mencoba ROM baru, bootloader pastinya harus dibuka terlebih dahulu agar dapat melakukan hal tersebut.

Sebelumnya patut diperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum UBL Asus Zenfone Max Pro M1 :

  • Kamu tidak bisa mengunci kembali bootloader setelah membukanya
  • Garansi dari ponselmu akan hilang setelah proses ini
  • Kamu tidak akan mendapatkan update OTA dari Asus
  • Proses ini menghapus semua data ponselmu, lebih baik bacup terlebih dahulu data penting di dalamnya
  • Pihak service center Asus mungkin tidak akan menerima ponselmu yang rusak akibat unlock bootloader
  • TutorAplikasi juga tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada ponselmu. Do With Your Own Risk

Cara Unlock Bootloader ASUS Zenfone Max Pro M1

Baik langsung saja ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai proses UBL ASUS Zenfone Max Pro M1 milikmu.

Advertisement
Cara root, flash ASUS Zenfone terbaru
  • Pilih Android dalam Select OS, kemudian download UnlockTool
Cara root, flash ASUS Zenfone terbaru
  • Masukkan file apk yang sudah didownload tadi ke dalam ponsel kemudian install
  • Jika proses install terblokir, maka kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu “Unknown Source” di Settings > Security pada ponsel Zenfone Max Pro M1
Cara root, flash ASUS Zenfone terbaru
  • Setelah terbuka, sobat mungkin menyadari bahwa kotak untuk cek tidak dapat diaktifkan, untuk mengaktifkannya, terus saja scroll tulisan diatasnya sampai paling bawah sendiri
  • Setelah itu, kotaknya sudah dapat dicek dan pilih OK
Cara root, flash ASUS Zenfone terbaru
  • Ulangi lagi hal yang sama dan centang Agree kemudian pilih “Press to unlock your device” untuk membuka bootloader
Cara root, flash ASUS Zenfone terbaru

Dengan cara begitu, maka ponsel ASUS Zenfone Max Pro M1 milikmu sudah selesai dibuka bootloadernya dan siap untuk melakukan proses root Asus Zenfone Max Pro M1. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

2 thoughts on “Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 (Sukses 100%)”

  1. Pingback: Cara Root Asus Zenfone Max Pro M1 Dan Install TWRP Recovery

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *