Cara Mudah Unlock Bootloader Lenovo A7700 (Sukses 100%)

Last Updated on

Cara Mudah Unlock Bootloader Lenovo A7700 (Sukses 100%)

Cara Unlock Bootloader Lenovo A7700 – Lenovo A7700 merupakan smartphone penerus dari Lenovo A700 yang diluncurkan pada athun 2014 silam. smartphone ini sudah memnuhi aturan TKDN di Indonesia sehingga Lenovo dapat mengintegrasikan teknologi 4G LTE di perangkat mereka.

Desain dari Lenovo A7700 sendiri tidak terlalu berbeda dari pendahulunya, material yang dipakai masih polycarbonat yang kini dipadukan dengan frame metal yang membuatnya terlihat lebih menarik dari segi penampilan. Baterai smartphone juga tipe removable yang berarti sobat dapat mencopotnya untuk diganti atau sekedar untuk memasukkan kartu SIM.

Namun jika dibandingkan dengan A7000, smartphone ini terlihat lebih besar namun juga lebih tipis dan terbilang ringan untuk ukuran smartphone 5.5 inchi. Layar perangkat ini walaupun tidak keterangan resminya apakah ada pelindungnya atau tidak, namun dalam beberapa pengujian ternyata layar ini cukup tahan dengan goresan, jadinya pengguna tidak perlu terlalu kuatir untuk meletakkan smartphone di suatu tempat.

Dan beruntung juga karena menggunakan polycarbonat, layar yang lebar tadi lebih mudah untuk digenggam karena material polycarbonat tersebut tidak memberikan efek licin terhadap smartphone. Seperti ciri khas dari Lenovo, smartphone A7700 ini memiliki tombol power dan volume yang terletak di sisi kanan smartphone.

Bagian atasnya terdapat microUSB dan lubang Jack audio 3.5mm untuk penggunakan headset. Sedangkan sis kiri dan bawah smartphone tidak terdapat apa – apa. Namun sayang sekali dari segi spesifikasi, Lenovo A7700 malah memiliki spesifikasi yang bisa dibilang tidak begitu berbeda daripada seri pendahulunya.

Kali ini, Lenovo memberikan prosesor MediaTek MT6752 yang memiliki performa lebih tinggi daripada prosesor yang dipakai Lenovo A7000 namun manajemen dayanya lebih rendah. Sedangkan untuk kapasitas RAM dan memori internal, keduanya masih memiliki kapasitas yang sama yakni sebesar 2 GB dan 16 GB.

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Lenovo A7700 memilik bentang layar sebesar 5.5 inchi dengan resolusi HD (720 x 1280) dengan kepadatan pixel mencapai 268PPI. Untuk urusan kamera, Lenovo A7700 memiliki kamera belakang beresolusi 8MP yang disandingkan dengan lampu LED Flash, sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 2MP. Lenovo A7700 berJalan pada Vibe UI khas Lenovo dengan Android 6.0 Marshmallow.

Baca Juga :  Cara Mudah Unlock Bootloader Huawei Honor 7X (Sukses 100%)

Baterainya sendiri berkpasitas 2900 mAh. Slot SIM ada dua buah dan kedua – duanya dapat digunakan untuk memaksimalkan kecepatan jaringan 4G di Indonesia. Namun sayangnya, sensor yang dibenamkan Lenovo dalam smartphone ini cenderung masih minim, sebut saja hanya terdapat sensor accelerometer, proximity dan light tanpa adanya sensor gyroscope dan compass.

Walaupun sensor yang dimiliki terhitung minim, Lenovo A7700 memiliki keunggulan tersendiri yang terletak pada audionya. smartphone ini menggunakan dua buah speaker stereo yang terletak di bagian cover belakang smartphone.

Untuk mendukung hardware audio tersebut, Lenovo juga membenamkan software pendukung berupa Waves MaxxAudio yang memungkinkan pengguna dapat lebih puas saat memutar musik dengan menggunakan speaker. Di paket penjualan smartphone, Lenovo memberikan kelengkapan berupa kabel USB, charger, kartu garansi, buku panduan dan tambahan pelindung layar.

Cara Unlock Bootloader Lenovo A7700

Namun sebeum sobat melakukan proses unlock bootloader, patut diketahui bahwa proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di memori internal, jadi sebaiknya sobat melakukan backup semua data terlebih dahulu. Jadi setelah sobat sudah selesai melakukan backup, maka ikuti langkah – langkah dibawah.

Langkah #1. Pertama download Minimal ADB and Fastboot, dan instal kedalam laptop atau komputer sobat.

Langkah #2. Kemudian buka folder tempat instalasi aplikasi tadi yakni di

C:Program Files (x86)Minimal ADB and Fastboot

Langkah #3. Tekan dan tahan tombol Shift dan klik kanan di area kosong didalam folder tadi.

Langkah #4. Kemudian akan ada opsi untuk membuka command window atau membuka powershell window jika sobat menggunakan Windows 10, pilih salah satu saja.

Langkah #5. Setelah itu, di smartphone Lenovo A7700, buka Settings > About Phone > kemudian tekan sebanyak tujuh kali di bagian “Build Number” sehingga developer option akan aktif.

Cara Mudah Unlock Bootloader Lenovo A7700 yang Sukses dan Cepat

Mengaktifkan Developer Option

Langkah #6. Kembali lagi ke Settings, kali ini buka “Developer Option” dan pilih “Enable the OEM Unlocking” dan “USB Debugging” lalu matikan Lenovo A7700 sobat.

Baca Juga :  Cara Mudah Root Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Langkah #7. Setelah itu, tekan tombol volume kebawah dan power secara bersamaan kurang lebih selama 5 detik untuk masuk ke mode fastboot.

Langkah #8. Jika sudah berhasil masuk ke mode fastboot, sobat koneksikan Lenovo A7700 menggunakan kabel data ke PC atau laptop. Untuk lebih yakin lagi apakah Lenovo A7700 sobat sudah terkoneksi ke dalam laptop, coba ketik perintah

fastboot devices

di dalam jendela command prompt atau powershell yang sudah sobat buka tadi.

Langkah #9. Ketika sobat selesai mengetik perintah diatas dan menekan Enter, maka akan muncul random string yang menandakan bahwa PC atau laptop sobat sudah terkoneksi dengan Lenovo A7700 milik sobat.

Langkah #10. Setelah sudah terkoneksi, maka tinggal ketik perintah berikut ini untuk memulai prose unlock bootloadernya

fastboot oem unlock

Dan tekan Enter lalu layar smartphone akan memberi notifikasi untuk menekan tombol volume keatas, jadi tekan volume atas dan tunggu hingga proses selesai.

Langkah #11. Lalu kembali di layar cmd jika sudah selesai, ketik perintah berikut.

fastboot -w

Tunggu hingga prosesnya selesai. Dan jika sudah, maka copot kabel USB dari komputer. Kemudian sistem akan menghapus semua data seperti yang sudah saya sampaikan tadi.

Ketika proses sudah selesai dan sobat menyalakan smartphonenya, maka prosses bootingnya kali ini agak lama dan akan memunculkan notifikasi “your device software can’t be checked for corruption, please lock the bootloader” yang menandakan bahwa smartphone Lenovo sobat sudah berhasil di buka bootloadernya.

Jadi karena bootloader sudah berhasil dibuka, maka sobat dapat menginstal TWRP dan melakukan proses root Lenovo A7700. Sobat juga dapat melakukan flash sendiri dengan cara klik cara flash Lenovo A7700 ini.

Cara Mudah Unlock Bootloader Lenovo A7700 (Sukses 100%) | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!