Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 / 4a / 4X / 4 Prime (Sukses 100%) dengan Mudah dan Cepat

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1 yang Sukses dan Cepat

Cara Unlock Bootloader Xiaomi  – Dengan perkembangan sistem operasi Android yang dari hari ke hari semakin pesat, sistem keamanannya pun ikutan berkembang. Karena isu paling penting saat ini di smartphone Android selain masalah baterai adalah faktor keamanannya.

Android memang didesain sebagai sistem operasi terbuka sehingga semua orang dapat melihat kode pembuatan Android. Beda halnya dengan iOS yang dimiliki oleh Apple, karena bersifat sistem operasi tertutup, maka iOS bisa dibilang keamanannya lebih terjaga.

Namun tetap saja di semua smartphone entah itu yang menggunakan Android maupun iOS pasti ada suatu celah yang dapat disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan suatu aksi kejahatan.

Entah itu mencuri suatu informasi atau gambar dan lain sebagainya. Walaupun para produsen smartphone kerap kali melakukan perubahan yang bersifat meningkatkan keamanan dari produknya, para pengguna biasanya ada yang tidak begitu peduli dengan keamanan perangkatnya sendiri.

Apalagi bagi para pengguna Android yang suka memodifikasi sistem Android miliknya, dikarenakan sistem keamanan yang baru tadi, memodifikasi sistem Android menjadi lebih sulit lagi.

Memodifikasi ini tidak hanya terbatas pada tampilan saja, namun terkadang dapat meningkatkan suatu hal yang ada smartphone seperti meningkatkan kinerja prosesor, atau meningkatkan durasi batre atau meningkatkan kualitas dari kamera dan lain sebagainya.

Pengertian Bootloader

Bootloader merupakan sebuah kode yang harus dieksekusi terlebih dahulu sebelum sistem dapat berjalan. Pengertian bootloader ini bersifat universal yang berarti bootloader di suatu sistem operasi (OS) akan bekerja sama dengan OS yang lainnya yang berjalan di semua perangkat seperti laptop, smartphone, PC dan perangkat elektronik yang membutuhkan OS lainnya.

Pada dasarnya, bootlader ini merupakan petunjuk bagi sistem operasi agar dapat melakukan proses booting. Karena bootloader ini berjalan sebelum sistem operasi dinyalakan, maka setiap prosesor dan setiap motherboard memiliki bootloadernya masing – masing.

Inilah yang menyebabkan smartphone Android memiliki pengembangan custom ROM yang berbeda – beda karena ada banyak sekali macam prosesor yang dipakai di smartphone Android.

Beda halnya dengan iOS yang memiliki varian hardware sama di setiap tipe perangkatnya. Walaupun Android merupakan sistem operasi terbuka, namun para produsen smartphone Android biasanya akan mengunci bootloader.

Hal itu dilakukannya agar para pengguna tetap memkai custom ROM yang telah disediakan para pabrikan ini yang biasanya sudah mereka rancang sedemikian rupa agar dapat berjalan dengan stabil di smartphone buatan mereka.

Dengan bootloader yang terkunci, proses pergantian ROM, root atau sekedar memasang custom recovery hampir pasti tidak dapat dilakukan.

Beberapa pabrikan ponsel bahkan akan membatalkan garansi jika penggunanya membuka bootloader yang telah mereka kunci. Bahkan proses membuka bootloader ini juga akan mengakibatkan memori internal di ponsel akan terhapus seluruhnya.

Baca Juga :  Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 8 Pro (Sukses 100%)

Keputusan untuk membuka atau membiarkan bootloader tetap terkunci tergantung pada kebutuhan dari sobat pengguna ponsel tersebut. Jika sobat menginginkan untuk root atau mencoba ROM baru, bootloader pastinya harus dibuka terlebih dahulu agar dapat melakukan hal tersebut.

Tentang Xiaomi Redmi 4, 4a, 4X dan 4 Prime

Xiaomi Redmi 4 sendiri merupakan generasi dari Redmi terbaru yang dipunyai Xiaomi dengan beragam varian yang ditawarkan seperti Xiaomi Redmi 4 , Redmi 4a , Redmi 4x dan Redmi 4 Prime.

Keempatnya memiliki spesifikasi yang agak mirip sebut saja bentang layar yang sama – sama 5 inchi, kamera belakang 13 megapixels dan depan 5 megapixels. Bahkan kapasitas batrenya pun semua sama yakni 4100 mAh kecuali Xiaomi Redmi 4a yang memakai 3120 mAh.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Xiaomi Redmi 4X

Perbedaan besar lainnya ada di sisi prosesor, walaupun kesemuanya menggunakan prosesor dari Snapdragon mulai dari seri 425, 430, 435 dan 625.

Walupun mengusung seri Snapdragon berbeda, namun hampir kesemuanya menggunakan prosesor octa-core keculai Redmi 4a yang masih menggunakan quad-core.

Keempat ponsel Redmi ini memiliki beberapa varian RAM mulai dari 2 GB, 3 GB hingga 4 GB. Serta memiliki beragam pilihan kapasitas memori internal mulai dari 16 GB, 32 GB atau 64 GB.

Persyaratan dan Peralatan Unlock Bootloader Xiaomi

Sebelum melakukan proses unlock bootloader Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime milik sobat, alangkah baiknya lihat dulu berbagai persyaratan dibawah ini.

  • Mempunyai akun Xiaomi.
  • Sudah request unlock bootloader di http://safelinku.net/xYtnffxk
  • Sudah dapat izin unlock bootloader lewat sms.
  • Koneksi internet.
  • Sudah punya MiFlash Unlock Tool, jika belum punya download disini.
  • Kabel USB

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Setelah persyaratan dan bahan diatas sudah terpenuhi, maka sobat sudah siap untuk unlock bootloader Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime. Cukup ikuti saja instruksi dibawah ini dengan teliti.

1. Pertama instal ADB dan extract MiFlash Unlock Tool yang sudah didownload.

  • Download ADB disini.
  • Kemudian double klik atau jalankan filenya.
  • Nantinya sobat akan melihat jendela command prompt dengan background biru. Ketik Y dan enter terus menerus hingga kurang lebih tiga kali.

    Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

    Menginstal ADB

  • Setelah ADB selesai terinstal, maka jendela cmd itu nantinya akan tertutup sendiri dan sobat sudah sukses menginstal ADB.

2. Buka MiFlash Unlock dan login menggunakan akun yang mendapat izin untuk bootloader tadi.

3. Aktifkan mode Developers options, caranya buka Settings kemudian About Phone dan tekan Build Number sebanyak tujuh kali, dengan begitu mode Developers options sudah aktif.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Mengaktifkan Developers options

4. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking di Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime, caranya buka Settings > Developers options > Aktifkan Android debugging dan Enable the OEM Unlocking.

Baca Juga :  Cara Root Honor 9 Lite Dan Install TWRP Recovery

Kemudian jika di Developers options tadi ada menu Mi Unlock Status, klik opsi tersebut kemudian pilih Add Account and Device.

5. Login ke i.mi.com dan pilih Find Device dan jangan lupa juga aktifkan Find Device pada Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime milik sobat dengan cara Settings > Mi Account > Find Devices.

6. Matikan Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime dan masuk ke mode Fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol volume kebawah + power hingga muncul logo fastboot seperti dibawah.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Logo Fastboot Xiaomi

7. Kemudian hubungkan Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime sobat ke PC menggunakan USB. Kemudian buka MiFlash Unlock dan tekan Unlock, lalu tunggu hingga prosesnya berakhir.

Penyebab Gagal Unlock Bootloader Xiaomi

Ada beberapa penyebab mengapa Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime milik sobat tidak dapat melakukan proses unlock bootloader, beberapa masalahnya seperti.

1. HP yang tidak terdeteksi, masalah ini timbul biasanya disebabkan oleh tidak adanya driver ADB atau mungkin driver ADBnya tidak terinstal dengan baik atau bisa saja sobat kurang sabar menunggu Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 Prime terdeteksi oleh sistem.

2. Belum request Unlock Bootloader, Xiaomi ini mengharuskan pengguna yang ingin melakukan prose unlock bootloader untuk melakukan request terlebih dahulu.

Karena memang kita diwajibkan meminta izin kepada Xiaomi sebelum melakukan unlock bootloader, caranya adalah dengan mendaftarkan diri http://safelinku.net/xYtnffxk.

3. Izin belum keluar, selain diwajibkan request terlebih dahulu, sobat yang akan melakukan unlock bootloader di Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 Prime diharuskan menunggu terlebih dahulu hingga izinnya keluar.

Izin ini dibuktikan dengan SMS yang akan didapatkan dari Xiaomi jadi ketika sobat melakukan request, pastikan memakai data yang asli dan isilah nomor yang aktif dan dipakai sehari – hari.

4. Beberapa pengguna juga mungin akan mengeluhkan mengapa mereka mengalami error “Couldn’t Verify Device”, hal itu terjadi karena kemungkinan smartphone Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x dan 4 prime sobat menggunakan ROM Global.

Untuk solusinya sobat bisa mengganti ROM tersebut ke ROM Developer China kemudian coba lagi melakukan unlock bootloader.

5. Satu yang perlu diingat adalah proses unlock bootloader ini membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan PC yang sobat pakai sudah terhubung ke internet.

6. Dan yang terakhir kemungkinan jIka proses unlock bootloader gagal adalah disebabkan oleh Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atrau 4 prime milik sobat sudah pernah dibuka bootloadernya. jika sobat ingin membuka lagi, maka tunggu sekitar 1 bulan terlebih dahulu.

Begitulah cara mudah untuk Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 / 4a / 4X atau 4 Prime dengan mudah dan cepat. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 / 4a / 4X / 4 Prime (Sukses 100%) dengan Mudah dan Cepat | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!