Aplikasi Download Manager Gratis Pengganti IDM Terbaik

Update :

Advertisement

Inilah Download Manager Gratis Terbaik Pengganti IDM – Bagi sobat yang suka berselancar di internet, baik menggunakan modem mifi atau paket internet lain sudah pasti pernah mendengar Internet Download Manager atau lebih familiar dengan nama IDM. Sesuai namanya, IDM ini berguna untuk mengatur download.

Advertisement

Selain mengatur download, aplikasi download manager biasanya juga bisa digunakan untuk mempercepat download. Mekanismenya seperti ini, IDM membuat cabang koneksi (misalnya 8 atau 16, tergantung settingnya) yang akan merequest file dari server secara bersamaan namun dengan bytes yang berbeda-beda.

Di setiap koneksi tadi pasti ada yang namanya limit bandwidth sehingga jika kita memakai IDM, maka server tadi mengira kita memakai banyak koneksi, dengan itu kita bisa mendapat total bandwith yang lebih besar dan membuat koneksi kita lebih cepat.

Advertisement
Memepercepat Internet

Mungkin sobat akan merasa agak bingung dengan penjelasan diatas, tapi saya rasa informasi itu tidak terlalu penting untuk sobat ketahui, yang pasti adalah bahwa IDM membuat kecepatan koneksi internet menjadi lebih cepat.

Karena IDM sendiri merupakan aplikasi berbayar, maka jika sobat hanya menggunakan bajakannya biasanya akan ada peringatan fake serial number karena memang sobat tidak membelinya secara resmi.

Aplikasi Alternatif IDM di Windows

Alangkah baiknya sobat menghargai developer dari aplikasi hebat ini dengan membeli versi penuh dari aplikasinya sendiri, jika memang tidak mampu atau tidak mau sobat bisa menggunakan aplikasi sejenis yang dilepas secara gratis seperti di bawah ini.

Advertisement

1. EagleGet

EagleGet
EagleGet

Nomer satu yang paling kami rekomendasikan adalah eagleget, selain karena gratis perbedaan kecepatan download antara IDM serta Eagleget tidak terlampau jauh sehingga performa keduanya dalam mendownload pun tidak begitu kelihatan.

EagleGet juga sama seperti IDM yang bisa mendeteksi link untuk mendownload secara otomatis, selain itu EagleGet yang baru dirilis tahun 2013 lalu juga memiliki tampilan yang sederhana namun terlihat keren dan modern disaat yang sama.

EagleGet juga dilengkapi dengan fitur automation yaitu fitur dimana EagleGet akan memeriksa suatu unduhan yang selesai agar aman dari virus atau malware yang bertebaran di internet, dengan begitu sobat tidak perlu kuatir lagi akan virus yang bisa saja ada di dalam file yang didownload.

Selain hal di atas, ada lagi fitur dari EagleGet yang menarik, yakni dapat menjadwalkan proses download. Jadi misalnya sobat mempunyai kuota malam jam 12 yang besar akan tetapi sobat akan tidur, sobat bisa menjadwal download tadi agar berjalan pada waktu diatas jam 12 malam sehingga sobat tidak perlu repot lagi dalam pengoperasiannya.

Ada juga fitur untuk merefresh expired download secara otomatis, selain itu EagleGet juga tidak memerlukan plugin agar bisa berjalan di browser sobat.

Sobat bisa mendownload EagleGet melalui situs resminya di sini.

Advertisement

2. DownThemAll!

DownThemAll! adalah ektensi yang ada di Mozilla Firefox dan Chrome yang berguna sebagai download manager atau akselerator. DownThemAll! dapat dipause dan direstart setiap saat tanpa kehilangan data download sama sekali, sobat juga bisa mendownload semua link yang tersedia, gambar atau objek yang berada di halaman web.

Salah satu keunggulan utama dari DownThemAll! ini adalah kemampuannya untuk multi-part download. Ketika sobat melakukan download, maka download itu akan dipecah menjadi beberapa bagian, kemudian akan dikombinasikan lagi setelah prosesnya selesai mirip dengan apa yang Download Accelerator Plus lakukan.

Sobat bisa mendownload ekstensi DownThemAll! melalui link ini untuk browser Mozilla Firefox dan link ini untuk Google Chrome.

3. DownTango

Downtango memiliki tampilan yang minimalis serta terlihat bersih, sobat hanya bisa meminimize dan menutupnya tanpa bisa memperbesar atau memperkecil tampilan dari Downtango. Kapanpun ketika ada download yang masuk, maka Downtango akan menampilkan pesan “Your download was DownTangoed”.

File yang ada di DownTango dibedakan menjadi tiga warna yakni warna hijau yang menandakan bahwa download sudah selesai, warna merah yang menandakan bahwa file yang sementara ini ditunda serta kuning yang menandakan bahwa file yang sedang didownload. Sobat juga bisa menambahkan download secara manual dengan mengklik tombol Add yang ada di pojok kiri.

Sobat juga bisa mengatur di direktori mana sobat akan menyimpan file hasil download dan settingan lainnya di menu preferences yang ada di sebelah kiri.

Advertisement

Sobat bisa mendownload Downtango melalui situs resminya yakni https://downtango.jaleco.com/

4. Free Download Manager

Free Download Manager dapat mendownload file yang sama dari sumber yang berbeda sehingga jika salah satu server terlihat lama, maka server yang lain akan membantu sehingga akan terlihat cepat. Free Download Manager juga support file torrent, sobat tinggal mendrag file torrent tersebut ke dalam jendela aplikasi agar proses download dapat dimulai.

Free Download Manager
Free Download Manager

Selain itu, Free Download Manager juga bisa mendownload video dari Youtube dengan cukup mudah yakni dengan cara mengcopy pastekan link video yang akan sobat download di Free Download Manager, lalu sobat bisa mengatur nama, format dan kualitas dari video tersebut tanpa perlu adanya aplikasi tambahan untuk mengconvertnya.

Sobat juga bisa mengatur berapa banyak trafik yang masuk ke dalam download, set prioritas file torrent dan drag serta drop URL dari web browser, ada juga ekstensi yang tersedia untuk Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Internet Explorer dan Safari. Dengan tampilan yang user friendly juga, Free Download Manager bisa menjadi alternatif yang menarik untuk sobat.

Sobat bisa mendownload Free Download Manager melalui situs resminya yakni http://www.freedownloadmanager.org/

5. JDownloader

JDownloader merupakan aplikasi gratis yang digunakan sebagai akselerator download, prosesny sangat cepat mudah bahkan situs hosting yang menggunakan CAPTCHAS atau yang menggunakan limit waktu bisa didownload dengan sekali klik. Sobat hanya perlu memberikan linknya dan JDownloader akan melakukan tugasnya dengan baik dan cepat.

Advertisement

Sobat juga bisa mempause download serta mengatur waktu untuk melakukan download serta JDownloader ini sudah tersedia di banyak platform seperti Windows, Mac dan Linux. Cara download dari JDownloader ini mungkin agak sedikit mengganggu karena file yang didownload akan diarahkan ke Mega, lalu Mega akan mencoba untuk menginstal download managernya sendiri serta filenya akan dirubah menjadi format RAR, setelah itu sobat akan ditawari lagi untuk menginstal Avast Antivirus

Mungkin JDownloader memang aplikasi yang hebat namun dengan cara download seperti itu tentunya akan membuat orag berpikir lagi untuk tetap menggunakan aplikasi ini.

Sobat bisa mendownload JDownloader di situs resminya yakni http://jdownloader.org/

6. Xtreme Download Manager

Xtreme Download Manager atau lebih banyak disingkat menjadi xdman mengklaim dirinya bisa meningkatkan kecepatan download sobat hingga 500%. Fitur yang terdapat didalamnya juga termasuk standard download manager lainnya seperti bisa mempause download atau seperti mengambil video dari internet dan juga download yang terjadwal.

Xdman juga mempunyai ekstensi yang terintegrasi dengan baik di browser populer seperti Mozilla Firefox ataupun Google Chrome. Salah satu fitur penting lainnya yang ada di xdman ini ialah kemampuan untuk menscan file hasil download serta dapat mematikan komputer jIka download sudah selesai serta telah tersedia Windows, Mac dan Linux.

Sobat bisa mendownload Xtreme Download Manager melalui situs resminya yakni http://xdman.sourceforge.net/

Advertisement

7. FlashGet

FlashGet yang dulu pernah dinamai JetCar merupakan aplikasi download manager lainnya yang cukup populer, ada dua versi FlashGet yakni versi berbayar serta versi gratis dengan iklan. FlashGet dapat berjalan dengan lancar di banyak browser populer seperti Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Netscape dan lain – lain.

Dahulu FlashGet pernah diterpa isu keamanan yakni user akan terkena virus trojan ketika menginstal FlashGet, ada juga isu seperti FlashGet mendownload malware secara diam – diam untuk mengambil data dari komputer kita, sementara saat ini FlashGet masih saja diterpa isu miring tentang hal keamanan terutama karena aplikasi ini berasal dari negeri tirau bambu alias Cina.

Dengan download menggunakan Flashget, mungkin paket internet tri kamu yang kurang stabil bisa menjadi lebih cepat lagi.

Demikian artikel tentang rekomendasi aplikasi download manager terbaik untuk laptop atau pc komputer  yang dapat dijadikan sebagai alternatif gratis IDM, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Aplikasi Download Manager Gratis Pengganti IDM Terbaik”

  1. Pingback: Inilah Modem Mifi 4G LTE Murah Yang Terbaik di Tahun 2020 • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *