Aplikasi Download Manager Alternatif IDM Gratis 2021

Bagikan :
Advertisement

Bagi kamu yang suka berselancar di internet, baik menggunakan modem mifi atau paket internet lain sudah pasti pernah mendengar aplikasi download manager bernama Internet Download Manager atau lebih familiar dengan nama IDM.

Sesuai namanya, IDM ini berguna untuk mengatur download. Selain mengatur download, aplikasi download manager seperti IDM biasanya juga bisa digunakan untuk mempercepat waktu download.

Aplikasi download manager windows gratis

Mekanismenya seperti ini, aplikasi download manager membuat cabang koneksi (misalnya 8 atau 16, tergantung settingnya) yang akan merequest file dari server secara bersamaan namun dengan bytes yang berbeda-beda.

Di setiap koneksi tadi pasti ada yang namanya limit bandwidth sehingga jika kita memakai IDM atau sejenisnya, maka server tadi mengira kita memakai banyak koneksi, dengan itu kita bisa mendapat total bandwith yang lebih besar dan membuat koneksi kita lebih cepat.

Mungkin kamu akan merasa agak bingung dengan penjelasan di atas, tetapi kami rasa informasi itu tidak terlalu penting untuk kamu ketahui, yang pasti adalah aplikasi download manager membuat kecepatan koneksi internet menjadi lebih cepat.

Karena IDM sendiri merupakan aplikasi berbayar, maka jika kamu hanya menggunakan bajakannya biasanya akan ada peringatan fake serial number secara terus-menerus.

Aplikasi Download Manager Alternatif IDM di Windows

Alangkah baiknya jika kamu menghargai developer dari aplikasi hebat ini dengan membeli versi penuh dari aplikasinya sendiri.

Jika memang tidak mampu atau tidak mau, kamu bisa menggunakan aplikasi sejenis yang dilepas secara gratis seperti di bawah ini.

1. EagleGet

Aplikasi alternatif IDM - EagleGet

Pilihan pertama yang kami rekomendasikan adalah EagleGet, selain karena gratis, perbedaan kecepatan download antara IDM dan EagleGet tidak terlampau jauh.

Advertisement

EagleGet juga sama seperti IDM yang bisa mendeteksi link untuk mendownload secara otomatis, selain itu EagleGet yang baru dirilis tahun 2013 lalu juga memiliki tampilan yang sederhana namun terlihat keren dan modern disaat yang sama.

EagleGet juga dilengkapi dengan fitur automation, yaitu fitur dimana EagleGet akan memeriksa suatu unduhan yang selesai agar aman dari virus atau malware yang bertebaran di internet, dengan begitu kamu tidak perlu kuatir lagi akan virus yang bisa saja ada di dalam file yang didownload.

Selain hal di atas, ada lagi fitur dari EagleGet yang menarik, yakni dapat menjadwalkan proses download.

Misalnya kamu mempunyai kuota malam jam 12 yang besar akan tetapi kamu akan tidur, kamu bisa menjadwal download tadi agar berjalan pada waktu di atas jam 12 malam dengan catatan PC atau laptop kamu menyala pastinya.

EagleGet dapat berjalan di banyak browser seperti Chrome, Edge, Opera dan Firefox.

Kelebihan dan Kekurangan EagleGet :

  • Ada fitur pengecekan virus atau malware (+)
  • Performa bagus untuk kecepatan download (+)
  • Proses download dapat dijadwal sesuai keinginan (+)
  • Ada iklan (-)

Download EagleGet

2. uGet

Aplikasi download manager gratis - uGet

uGet merupakan aplikasi download manager open source yang dilepas secara gratis di Windows. Aplikasi ini memiliki fitur multi-connection downloads yang memecah file untuk meningkatkan kecepatan download.

uGet juga mampu menjadwal waktu untuk download, pause dan resume download dan download banyak file sekaligus.

Yang membuat uGet menarik adalah tampilannya sendiri, aplikasi download manager ini mampu menyelaraskan warnanya tergantung dari tema Windows 10 yang kamu pakai.

uGet merupakan aplikasi alternatif IDM yang patut kamu perhatikan karena hampir semua fitur bagus dalam IDM, tersedia juga di uGet.

Kelebihan dan Kekurangan uGet :

  • Tampilan dark mode yang cantik (+)
  • Ada beragam tema yang dapat dipilih (+)
  • Support download banyak file sekaligus dan dapat dijadwal waktu downloadnya (+)
  • Proses konfigurasi mungkin sedikit susah (-)

Download uGet

3. Free Download Manager

Aplikasi download manager gratis - Free Download Manager

Free Download Manager dapat mendownload file yang sama dari sumber yang berbeda sehingga jika salah satu server terlihat lama, maka server yang lain akan membantu sehingga kecepatan download akan terlihat cepat.

Free Download Manager juga support untuk download file torrent, kamu tinggal mendrag file torrent tersebut ke dalam jendela aplikasi agar proses download dapat dimulai.

Selain itu, Free Download Manager juga bisa mendownload video dari Youtube dengan cukup mudah yakni dengan cara mengcopy pastekan link video yang akan kamu download ke Free Download Manager, lalu kamu bisa mengatur nama, format dan kualitas dari video tersebut tanpa perlu adanya aplikasi tambahan untuk mengconvertnya.

Advertisement

Kamu juga bisa mengatur berapa banyak trafik yang masuk ke dalam download, set prioritas file torrent dan drag serta drop URL dari web browser, ada juga ekstensi yang tersedia untuk Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Internet Explorer dan Safari.

Dengan tampilan yang user friendly juga, Free Download Manager bisa menjadi aplikasi download manager alternatif IDM yang menarik untukmu.

Kelebihan dan Kekurangan Free Download Manager :

  • Tampilan yang user friendly namun terlihat modern sekaligus (+)
  • Support download file Torrent (+)
  • Kadang-kadang, proses identifikasi link yang dicopy ke aplikasi terasa terlampau lama (-)

Download Free Download Manager

4. JDownloader 2

Alternatif IDM terbaik - JDownloader 2

JDownloader 2 merupakan aplikasi gratis yang digunakan sebagai akselerator download, aplikasi ini merupakan Open Source dan dapat digunakan secara gratis.

Berbeda dengan aplikasi download manager gratis sejenis yang menghadirkan iklan, JDownloader sama sekali tidak menjejali layar komputermu dengan satu pun iklan.

Kamu juga bisa menjeda download serta mengatur waktu untuk melakukan download. JDownloader 2 juga sudah tersedia di banyak platform seperti Windows, Mac dan Linux.

Fitur lain yang ada di sini antara lain adalah set limit bandwith, auto ekstrak, multiple file downloads dan support untuk download YouTube atau Vimeo dan masih banyak lainnya.

Selain banyak fitur, JDownloader juga memiliki kurang lebih 300 plugin terpisah yang bisa menambah fitur ke dalam aplikasi download manager ini.

Salah satu plugin yang populer adalah plugin yang mampu menjadwal proses download.

Kelebihan dan Kekurangan JDownloader 2 :

  • Plugin yang melimpah (+)
  • Gratis tanpa iklan sama sekali (+)
  • Support untuk download di situs streaming video (+)
  • Download file yang banyak sekaligus (+)
  • Tampilan terlihat jadul (-)

Download JDownloader 2

5. Xtreme Download Manager

Aplikasi download manager cepat - XDM

Xtreme Download Manager atau lebih banyak disingkat menjadi XDM mengklaim dirinya bisa meningkatkan kecepatan downloadmu hingga 500%.

Klaim yang terlalu berlebihan menurut kami, tapi aplikasi ini memang bisa meningkatkan kecepatan downloadmu, walaupun tidak mencapai 500%.

Fitur yang terdapat didalamnya juga termasuk standard aplikasi download manager lainnya seperti bisa mejeda download atau mengambil video dari situs streaming video dan juga download yang terjadwal.

Salah satu yang menarik soal download video di YouTube menggunakan XDM adalah aplikasi ini mampu secara langsung mendownload semua video yang berada di playlist tanpa perlu mengcopy link satu per satu.

XDM juga mempunyai ekstensi yang terintegrasi dengan baik di browser populer seperti Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, ataupun Google Chrome.

Fitur penting lainnya yang ada di XDM ini ialah kemampuan untuk menscan file hasil download serta dapat mematikan komputer jIka download sudah selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Xtreme Download Manager :

  • Support download di situs streaming video populer (+)
  • Proses download dapat dijadwal sesuai keinginan (+)
  • Support untuk download playlist di YouTube sekali klik (+)
  • Tampilannya mungkin terlihat jelek (-)

Download Xtreme Download Manager

6. DownThemAll!

Download manager Firefox - DownThemAll!

DownThemAll! adalah ektensi yang ada di Mozilla Firefox dan Chrome yang berguna sebagai download manager atau akselerator.

DownThemAll! dapat dipause dan direstart setiap saat tanpa kehilangan data download sama sekali, kamu juga bisa mendownload semua link yang tersedia, bahkan gambar atau objek yang berada di halaman web.

Salah satu keunggulan utama dari DownThemAll! ini adalah kemampuannya untuk multi-part download. Ketika kamu melakukan download, maka download itu akan dipecah menjadi beberapa bagian, kemudian akan dikombinasikan lagi setelah prosesnya selesai mirip dengan apa yang IDM lakukan.

Bagi yang menggunakan browser Firefox, DownThemAll! bahkan mendapatkan predikat sebagai salah satu plugin yang direkomendasikan.

Kelebihan dan Kekurangan DownThemAll! :

Advertisement
  • Mendapatkan rekomendasi dari Mozilla Firefox (+)
  • Dapat mendownload hampir semuanya, termasuk gambar atau objek di suatu website (+)
  • Hadir sebagai plugin, tanpa aplikasi terpisah (+)
  • Performanya diluar Firefox, seperti di Chrome atau Opera masih meragukan (-)

Download DownThemAll!

Demikian artikel tentang rekomendasi aplikasi download manager terbaik untuk laptop atau pc komputer. Kamu dapat menjadikan aplikasi download manager di atas sebagai alternatif gratis IDM, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Advertisement
author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Aplikasi Download Manager Alternatif IDM Gratis 2021”

Leave a Comment