Game FPS Ringan dan Terbaik di PC (Update November 2018)

Last Updated on

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC – Membicarakan tentang game FPS terbaik tentu saja menjadi banyak perdebatan, tetapi tidak akan ada yang protes jika ada nama – nama tenar di dunia game FPS atau game tembak – tembakan seperti Call of Duty, Battlefield, Doom, Half-Life atau mungkin Medal of Honor.

Namun tidak semua game FPS terbaik bisa sobat nikmati karena beberapa keterbatasan. Keterbatasan terbesar mungkin ada pada spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut.

Apalagi jika menilik tren game modern saat ini yang mengedepankan grafik yang hampir realistik dengan ukuran data game puluhan GB bahkan game AAA dari developer besar pasti selalu berakhir dengan data yang hampir menyentuh angka 50 GB.

Tentunya spesifikasi komputer atau laptop yang dibutuhkan menjadi membengkak dan tidak semua orang mempunyai laptop dengan spesifikasi minimum tersebut. Apalagi penduduk negara Indonesia yang notabene negara berkembang, rata – rata masih memiliki laptop dengan VGA on-board seperti intel HD 3000.

Namun dengan segala keterbatasan tersebut, VGA Intel HD 3000 pun masih dapat memainkan beragam game FPS terbaik dengan lancar dan tanpa hambatan. Namun tidak semua game tentunya, dan kebanyakan sudah dirilis pada 7 – 10 tahun yang lalu.

Namun walaupun gamenya terhitung lawas, kualitas gamenya tidak perlu dipertanyakan lagi karena beberapa game dibawah adalah terbaik pada zamannya hingga sekarang.

NOTE: Semua game di bawah sudah dites pada laptop dengan spesifikasi kunci sebagai berikut:

  • Prosesor: Intel Core i3 2310M 2.1 GHz Sandy Bridge
  • RAM: 2 GB
  • VGA: Intel HD 3000
  • OS: Windows 7 Ultimate SP1 dan Windows 10

Game FPS Ringan dan Offline Terbaik Di PC / Laptop Lama

Semua game di daftar ini merupakan game offline, baiklah berikut ini daftar lengkap game ringan terbaik untuk PC low end atau low specs.

1. Medal of Honor

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

Medal of Honor

Jika membicarakan tentang game FPS lawas dan ringan terbaik, maka Medal of Honor tidak dapat dikesampingkan begitu saja. Sebab banyak yang menilai bahwa game ini merupakan latar belakang dibuatnya Call of Duty, namun saat ini game FPS milik EA ini gagal dalam sisi penjualan sehingga masa depannya masih diragukan.

Game ini pertama dirilis pada 1999 dengan tema perang dunia ke-2, oleh karena itu Dreamworks meminta sutradara Hollywood, Steven Spielberg untuk menulis cerita game ini agar ada kesan cerita cinematic didalamnya yang dahulu belum ada yang menerapkannya.

Cerita dalam game ini berfokus pada Jimmy Petterson, seorang agen OSS yang dikirimkan untuk memerangi Nazi di wilayah Eropa Utara. Sistem gameplay Medal of Honor benar – benar berbeda dari game FPS lainnya di waktu itu. Karena disini, sobat dapat melakukan hal beragam, tidak hanya tembak kemudian jalan lagi, tembak, jalan lagi.

Disini ada beragam misi seperti layaknya game FPS pada zaman sekarang seperti aksi penyusupan, menghancurkan obyek tertentu, escort mission dan lain – lainnya. Namun sistem kontrolnya saya rasa merepotkan karena kita harus menekan tombol segitiga untuk aim dan X untuk menembak, bayangkan saja sulitnya.

Walaupun begitu, Medal of Honor ini tetaplah sebuah legenda dalam game FPS dan dapat dikatakan sebagai awal mula dari semua game FPS modern seperti saat ini.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 3 /Athlon
  • RAM: 256 MB
  • OS: Windows 95/98/ME/2000/XP
  • Video Card: 16 MB OpenGL capable video card (NVIDIA TNT+ / ATI Rage 128/Radeon+)
  • DirectX version: DirectX(R) 8.0
  • Sound Card: Yes
  • Free Disk Space: 1.2 GB
  • Rating: 72% Metacritic dan 7/10 Steam

2. Call of Duty 4: Modern Warfare

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

CoD 4: Modern Warfare

Gamer mana yang tidak mengenal Call of Duty ? Saya rasa tidak ada. Hal itu memang tidak terlepas dari kepopuleran game ini. Apalagi ketika masuk ke seri ke-4, Modern Warfare yang sudah tidak lagi menceritakan kejadian di perang dunia ke-2.

Kali ini Infinity Ward sebagai developer memberikan petualangan baru di zaman modern lewat cerita perang saudara akibat kudeta di Timur Tengah dan kelompok dari Rusia “Ultranasionalis” yang didalangi oleh Imran Zakhaev. Cerita dalam game ini berawal saat Sersan McTavish aka “Soap” dan Kapten Price aka “Gaz” dan beberapa prajurit SAS lainnya menemukan nuklir dalam kapal yang ada di laut Bering.

Dan dari hasil temuan tersebut, mereka menyimpulkan bahwa ada bukti catatan tentang kejadian di Timur Tengah dan Rusia. Dari situlah beragam kejadian menarik akan tersaji di game ini. Grafik dalam game ini sangat baik pada zamannya, begitupun dengan sistem kontrolnya.

Disini juga pertama kali diperkenalkan fitur berlari dalam game CoD, selain itu varian senjata juga ada banyak, seperti AK-47, G3, M4A1, Desert Eagle dan lainnya. Setiap senjAta memiliki karakteristiknya sendiri dan memiliki nilai plus dan minus tersendiri.

Selain itu, suara dan musik dalam game sangatlah mempesona hingga membuat suasana dalam game lebih terasa nyata bagi pemainnya. Kepopuleran dari seri ke-4 ini pula yang melatar belakangi Infinity Ward untuk membuat versi remastered pada tahun ini.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 4 2.4 GHz / AMD Athlon 64 2800+
  • RAM: 512 MB
  • OS: Windows XP/Vista
  • Video Card: 128 MB 3rd Hardware Accelerated video card (NVIDIA GeForce 6600+ / ATI Radeon 9800 Pro+)
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Sound Card: Yes
  • Free Disk Space: 8 GB
  • Rating: 92% Metacritic dan 9/10 Steam
Baca Juga :  Tips PUBG Mobile untuk Pemula (Update November 2018)

3. Call of Duty: Modern Warfare 2

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

CoD: Modern Warfare 2

Game FPS ringan ini melanjutkan sukses dari pendahulunya yang memiliki gameplay luar biasa dan sinematik serta cerita yang layaknya kita menonton sebuah film action Hollywood. Modern Warfare 2 ini melanjutkan kisah dari Modern Warfare pertama, jadi bagi yang belum memainkannya dipaksa harus bermain dahulu agar dapat mengerti jalan ceritanya.

Modern Warfare 2 bersetting 5 tahun setelah kejadian di Call of Duty 4, peperangan kini kembali dengan ancaman yang datang dari kepemimpinan Vladimir Makarov di gerakan Ultranasionalis Rusia. Permainan dimulai ketika Pvt. Joseph Allen mengambil alih kota Afghanistan dari kelompok militan.

Kemudian Allen ini atas perintah Jenderal Sheperd menyamar sebagai Alexai di organisasi Makarov. Sementara itu, Soap dan Roach sedang menyusup ke dalam pangkalan udara milik Rusia. Di mode single player, sobat akan bertemu kembali dengan “Soap” McTavish sebagai NPC namun kali ini ia sudah dipromosikan sebagai kapten dalam SAS.

Di mode ini pula sobat akan diperkenalkan dengan Sgt. Gary “Roach” Sanderson dan Pvt. James Ramirez serta sobat akan menjelajah ke wilayah atau tempat – tempat yang tidak terduga. Wilayah tersebut antara lain di jalanan ramai Rio de Janeiro, pegunungan di Kazahstan, jalanan berdebu di Afghanistan dan lain – lainnya.

Dan semakin sobat menlanjutkan game FPS ini, maka cerita di dalamnya akan terasa lebih kompleks dan penuh konspirasi. Ceritanya sendiri melalui 3 act dan 15 misi.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 4 3.2 GHz / AMD Athlon 64 3200+
  • RAM: 1 GB
  • OS: Windows XP/Vista/7
  • Video Card: 256 MB NVIDIA GeForce 6600 GT / ATI Radeon 1600 XT
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Sound Card: Yes
  • Free Disk Space: 12 GB
  • Rating: 86% Metacritic dan 9/10 Steam

4. Far Cry 2

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

Far Cry 2

Far Cry merupakan game tembak – menembak alias First Person Shooter (FPS) yang dibuat oleh Ubisoft. Game ini memiliki grafik yang lumayan bagus walaupun sudah dirilis sejak 2008.

Salah satu hal yang diunggulkan dalam game FPS ringan ini adalah ceritanya, ada banyak misi yang disediakan dan setiap misi yang diselesaikan kita akan mendapatkan mata uang untuk membeli senjata baru atau sobat dapat juga mencuri senjata yang dimiliki oleh musuh.

Ada beragam mobil dan kendaraan lain yang dapat dikendarai di game ini sehingga memudahkan untuk menjelajah isi dunianya, bahkan terdapat juga perahu yang dapat digunakan untuk menyusuri sungai – sungai. Karena setting game Far Cry berada di Afrika maka tidak akan mengherankan jika terdapat banyak sungai, gurun, hutan.

Beragam varian senjata disini sangat unik dan memiliki karakteristik tersendiri, tidak hanya sekedar tampilan yang berubah. Selain itu, di Far Cry 2 juga sobat harus pandai untuk mengelola obat untuk penyakit malaria. Karena karakter sobat dapat terkena penyakit malaria jika tidak segera diobati, dan tentu saja akan mempengaruhi gameplay jika sampai terkena malaraia.

Game FPS ini memang cocok dimainkan di sebuah laptop atau komputer dengan spesifikasi rendah karena Far Cry 2 tidak terlalu menuntut spesifikasi tinggi untuk menjalankannya, cukup dengan RAM 1 GB dan minimal Pentium 4.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 4 3.2 GHz / AMD Athlon 64 3500+
  • RAM: 1 GB
  • OS: Windows XP/Vista
  • Video Card: 256 MB NVIDIA GeForce 6800+ / ATI Radeon X1650+
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Sound Card: Yes
  • Free Disk Space: 12 GB
  • Rating: 85% Metacritic dan 7/10 Steam

5. Half-Life

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

Half-Life

Half-Life dipandang sebagai game pertama yang membuat genre FPS melangkah lebih jauh layaknya saat ini. Ide yang diterapkan oleh Valve di game ini sungguh brilian, dan membuat heran orang – orang kenapa game sebelum Half-Life tidak menerapkan mekanisme seperti ini.

Plot dari Half-Life sebenarnya cukup simpel, sobat bermain sebagai Gordon Freeman, seorang scientist di Black Mesa Research Facility yang sedang menjalankan eksperimen misterius. Namun eksperimen ini berakhir mengerikan dan makhluk yang menjadi eksperimen melarikan diri dan menguasai kompleks Black Mesa.

Segala hal kemudian menjadi lebih kompleks lagi dan tidak satu momen pun yang akan terlewatkan oleh sobat lewat mata Freeman. Penempatan senjata, amunisi dan darah ditempatkan dengan begitu spesifik sehingga sobat tidak akan pernah merasa bahwa ketika menemukan suatu barang, barang itu layaknya turun dari surga.

Karakter Gordon Freeman disini mengenakan suatu setelan yang biasa digunakan ilmuwan sewaktu melakukan eksperimen berbahaya. Dan untuk mendapatkan darah serta energi setelan tersebut, sobat harus mengisinya di suatu tempat. Dan penempatan tempat ini benar – benar ada di tempat yang diinginkan, misalnya berada di dekat area yang berbahaya, jadi sobat dapat mengisi energi dan darah terlebih dahulu sebelum memasuki area berbahaya tersebut.

Sementara senjata dan amunisi bisa sobat dapatkan dari mayat tentara atau petugas keamanan. Semakin mendekati akhir game, yakni ketika keluar dari fasilitas Black Mesa, supply dari senJAta dan amunisi semakin menipis membuat sobat harus mengirit segala sesuatu yang dipunya. Sungguh, game ini wajib dimainkan oleh sobat penggemar genre FPS.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium /AMD Athlon (minimum speed 500 MHz)
  • RAM: 96 MB
  • OS: Windows XP
  • Video Card: 16 MB video card
  • DirectX version: –
  • Sound Card: Yes
  • Free Disk Space: –
  • Rating: 96% Metacritic dan 10/10 Steam

6. Half-Life 2

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

Half-Life 2

Jika Half-Life pertama yang dipandang sebagai revolusioner dalam genre FPS, Half-Life 2 dipandang sebagai game FPS terbaik yang pernah ada bahkan hingga saat ini. Dan seperti seri yang pertama, sobat masih memerankan Gordon Freeman disini dan di Half-Life 2 sobat kali ini berurusan dengan G-Man yang diakhir game Half-Life menawari sobat untuk bekerja untuknya atau mati.

Baca Juga :  Perintah Atau Commands Terbaik di CMD Yang Harus Sobat Coba

Sobat akan masuk ke dunia baru, yakni City 17 yang berada di bawah tanah. City 17 ini pernah ditinggali oleh kaum Yahudi yang lari sewaktu perang dunia ke-2. Namun setting waktu disini tidak diberi tahu sebera lamakah jaraknya dengan kejadian di Black Mesa, namun satu yang pasti, ada banyak perubahan disini.

Dan selayaknya Half-Life pertama, di seri keduanya sobat hanya akan bermain melalui perspektif Gordon Freeman. Half-Life 2 memang tidak memberi sesuatu yang baru dalam genre FPS seperti halnya Half-Life pertama namun ekseskusi yang dilakukan Valve untuk game seri sekuel ini lebih baik daripada yang pertama.

Beberapa makhluk ada yang berasal dari seri pertama seperti headcrab dan barnacle, namun ada juga musuh baru seperti manhacks. Sedangkan senjatanya juga hampir sama seperti submachine gun, crossbow, shotgun dan tentu saja tidak ketinggalan crowbar alias linggis.

Hanya ada 3 senjata baru, salah satunya adalah pulse rifle yang menembakkan energi serta ada gravity gun yang dapat digunakan untuk mengambil suatu obyek atau memanipulasinya.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium /AMD Athlon (minimum speed 1.7 GHz)
  • RAM: 512 MB
  • OS: Windows 98/ME/2000/XP
  • Video Card: DirectX(R) 8.1 level Graphic Card
  • DirectX version: DirectX(R) 7.0
  • Sound Card: Yes
  • Free Disk Space: 4.5 GB
  • Rating: 96% Metacritic dan 10/10 Steam

7. Half Life 2: Episode One

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

Half Life 2: Episode One

Half Life 2: Episode One meruapakn game ekspansi langsung dari Half-Life 2 dan melanjutkan cerita langsung pada ending di Half-Life 2. Walaupun seri ekspansi, namun game ini tidak membutuhkan Half-Life 2 untuk dapat dimainkan. Sebenarnya, judul game ini pertama kali diumumkan sebagai Half-Life 2: Aftermath namun dirubah karena keinginan dari Valve menjadikan Half-Life 2 menjadi trilogy.

Sebagai seri ekspansi, Half-Life 2: Episode One tidak memberikan sesuatu yang baru. Setting lokasi masih berada di Citadel dan City 17 yang kini sudah menjadi reruntuhan. Sobat masih akan memainkan Gordon Freeman disini, dan sedikit perubahan ada pada gameplay.

Peran Alyyx kali ini menjadi lebih banyak lagi, di hampir semua misi, Alyyx akan menemani Gordon. Pertempuran tembak – menembak secara langsung menjadi fokus kali ini, tidak ada lagi kendaraan untuk menjelajahi area.

Serbuan musuh kali ini tidak hanya terjadi dalam satu waktu, namun dapat terjadi sekaligus dalam satu waktu dan ada beragam jenis musuh yang dihadapi seperti zombie, combine, headcrab bahkan Antlion pun kali ini tidak dapat sobat kendalikan sehingga lebih menyulitkan lagi ketika ia muncul.

Perubahan lainnya ada pada grafik yang kali ini menggunakan tata cahaya dengan mode High Dynamic Ranged (HDR) sehingga faktor pencahayaan menjadi lebih realistis lagi dan membuat grafiknya lebih mengesankan lagi. Namun spesifikasi yang diusung masih sama, jadi tidak perlu kuatir apalagi game ini keluar pada tahun 2006 silam.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium /AMD Athlon (minimum speed 1.7 GHz)
  • RAM: 512 MB
  • OS: Windows 98/ME/2000/XP
  • Video Card: DirectX(R) 8.1 level Graphic Card
  • DirectX version: DirectX(R) 7.0
  • Sound Card: Yes
  • Free Disk Space: 4.6 GB
  • Rating: 87% Metacritic dan 9/10 Steam

8. SWAT 4

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC

SWAT 4

Pada awalnya, game SWAT merupakan game bergenre strategi, dan semenJak seri ke-3 game ini lebih ke genre FPS daripada strategi. SWAT ini bersaing langsung dengan Rainbow Six dan Counter Strike sebagai game FPS yang mengandalkan polisi sebagai karakter uatamnya.

Disini, sobat tidak bisa sembarangan menembak karena game ini memiliki sudut pandang seorang polisi sehingga membunuh tidak dianjurkan, namun sebisa mungkin harus melumpuhkan target tanpa membunuhnya. Dan ketika situasi mendesak, seperti saat tersangka membawa senjata atau bom yang dapat melukai masyarakat sipil, barulah menembak tersangka diperbolehkan.

Misi dalam game SWAT 4 sangat bervariasi dan disini sobat dapat mengontrol semua pasukan. Sobat dapat memerintah pasukan untuk misalnya melmparkan gas atau mengikat tersangka, menetralisir area dan lain-lainnya. Ada banyak persenJataan dan kelengkapan lainnya yang bisa dipilih.

Kesemuanya memiliki karakteristik yang unik dan berbeda setiap jenisnya. Selain mode single player, sobat juga dapat memainkan mode multiplayer dengan bersaing sesama player layaknya game Counter Strike. Bahkan ada mode khusu yang memungkinkan sobat untuk mendesain misi sendiri.

Game SWAT 4 juga memiliki ekspansi pack, salah satunya adalah The Stetchkov Syndicate. Di ekspansi tersebut, sobat akan mendapatkan 7 misi baru dan juga 7 senjata baru dan beberapa perubahan gameplay.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 4 / AMD Athlon (minimum 1.5 GHz)
  • RAM: 256 MB
  • OS: Windows 98/ME/2000/XP
  • Video Card: NVIDIA(R) GeForce(TM) 3 or equivalent DirectX(R) 9.0c-compliant 64 MB 3D video card with hardware T&L and pixel shader support
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0c
  • Sound Card: Yes
  • Free Disk Space: 1.5 GB
  • Rating: 85% Metacritic dan 4.9/5 GOG.com

Itulah game – game ringan yang terbaik untuk pc atau laptop sobat yang memiliki spesifikasi rendah atau laptop yang sudah lama. Dan selain nama- nama diatas, masih ada game selanjutnya yang bisa dianggap ringan namun terbaik seperti Doom (1993), Unreal Tournament, Quake Live dan lain-lainnya.

Selain itu saya juga sudah sediakan daftar serupa untuk game RPG ringan intel HD 3000 PC serta daftar game strategi offline terbaik PC. Sampai jumpa di artikel TutorAplikasi.com selanjutnya.

Game FPS Ringan dan Terbaik di PC (Update November 2018) | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!