Game RPG Offline Android Paling Seru Dimainkan (Desember 2019)

Update :

Advertisement

Game RPG Offline Android – Game genre RPG (Role-playing game) memang sangat populer disamping genre lainnya seperti FPS atau Sports. Game dengan genre RPG ini memiliki banyak sekali daya tarik sehingga memiliki fans setia tersendiri.

Advertisement

Beberapa hal yang biasanya menjadi keunggulan game RPG adalah jalan cerita yang menarik, musik yang memikat hati serta perkembangan karakter sesuai dengan bertambahnya jam main kamu.

Pada perangkat Android, kebanyakan game RPG hanya dapat dimainkan dengan mode online. Namun tidak sedikit orang yang lebih suka bermain game RPG secara offline dengan berbagai alasannya.

Advertisement

Oleh sebab itu di kesempatan kali ini, TutorAplikasi akan memberikan daftar game RPG offline terbaik yang dapat diinstal ke dalam Android. Banyak game dalam daftar ini merupakan hasil porting dari game RPG populer yang sempat dirilis di PC dahulu.

Game RPG Offline Android Terbaik 2019

1. Planescape: Thorment: Enhanced Edition

Game rpg offline android terbaik - planescape tutoraplikasi

Planescape bakal terus diingat sebagai salah satu maha karya dalam game RPG. Game klasik ini telah diperbarui oleh Beamdog sebagai developer dalam hal visual yang lebih mempesona dan soundtrack yang lebih terdengar jernih.

Planescape: Torment Enhanced Edition menawarkan gameplay dengan durasi sekitar 30-40 jam untuk dapat menamatkan salah satu game RPG offline terbaik untuk Android ini.

Advertisement
NamaPlanescape: Thorment
Total Download10 Ribu+
Ukuran16 MB (1.5 GB Total)
Ditawarkan olehBeamdog
Rating Google Play4.3
HargaRp149.000

2. Eternium

Game rpg offline android terbaik - eternium TutorAplikasi

Bagi penggemar RPG klasik seperti Diablo, Eternium menjadi judul game selanjutnya yang wajib kamu mainkan di Android. Kamu dapat memainkan Eternium baik secara online maupun offline dengan pilihan karakter seperti mage atau warrior.

Gameplay dari Eternium juga cukup simple dan terdapat beragam area untuk dijelajahi seperti hutan, perdesaan atau gua. Eternium dapat didownload secara gratis, namun terdapat pembelian dalam aplikasi serta iklan yang menghiasi layar ponselmu.

NamaEternium
Total Download10 Juta+
Ukuran102 MB
Ditawarkan olehMaking Fun, Inc
Rating Google Play4.8
HargaGratis

3. Chrono Trigger

Game rpg offline android terbaik - chrono trigger

Chrono trigger merupakan salah satu game RPG legendaris dari Square Enix yang dirilis pertama kali di Super Nintendo dan sampai sekarang masih dianggap sebagai salah satu game terbaik sepanjang sejarah.

Untuk versi Android, game RPG offline ini masih memiliki cita rasa original dalam gameplay, namun terdapat upgrade di sisi visual dan sound. Chrono Trigger versi Android juga sudah dioptimalkan untuk digunakan menggunakan layar sentuh serta support kontroller Bluetooth. Sebagai penggemar game RPG, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk memainkan game Chrono Trigger.

NamaCHRONO TRIGGER (Upgrade ver.)
Total Download100 Ribu+
Ukuran6.3 MB (500 MB Total)
Ditawarkan olehSQUARE ENIX Co.,Ltd.
Rating Google Play4.3
HargaRp149.000

4. Crashlands

Game rpg offline android terbaik - crashlands

Chrasland adalah game yang didesain dengan cukup baik, kamu sebagai pemain akan berpergian ke planet berbahaya untuk mendirikan tempat tinggal, kemudian menyerang lawan dan kembali lagi ke luar angkasa. Sistem pertarungan dalam game cukup mudah namun masih tetap seru dimainkan.

Apalagi pengumpulan bahan yang dibutuhkan untuk membangun markas atau item dalam game juga mudah didapatkan. Setelah kamu berhasil menamatkan Crashland, kamu dapat membuat konten sendiri dalam game sehingga ada potensi permainan yang tidak terbatas dengan gameplay yang adiktif.

Advertisement
NamaCrashlands
Total Download100 Ribu+
Ukuran51 MB (130 MB Total)
Ditawarkan olehBending Spoons
Rating Google Play4.6
HargaRp99.000

5. Battle Chaser: Nightwar

Game rpg offline android terbaik - battle chaser nightwar

Hadir sebagai pemenang JRPG terbaik, BattleChaser: NightWar hadir di Android tanpa ada pembelian dalam aplikasi sama sekali. Kamu akan mendapatkan pengalaman bermain RPG secara utuh dengan beragam dungeon untuk dieksplorasi, pertarungan bos yang menantang dan berbagai elemen mengejutkan lain.

Kamu di sini berperan sebagai Gully, seorang gadis muda yang sedang mencari keberadaan ayahnya yang meninggalkan sarung tangan kepada Gully sebelum hilang entah kemana. Dalam perjalanannya, Gully akan ditemani oleh beberapa temannya seperti Knowlan, Calibretto dan Garrison.

NamaBattle Chaser: Nightwar
Total Download10 Ribu+
Ukuran54 MB (1.7 GB Total)
Ditawarkan olehHandyGames
Rating Google Play4.7
HargaRp139.000

6. Star Wars: KOTOR

Game rpg offline android terbaik - star wars kotor

Star Wars: Knights of the Old Republic merupakan game yang diadaptasi dari semesta Star Wars yang dirilis untuk PC kemudian diporting ke Android. Kamu berperan sebagai Jedi yang diharuskan mengalahkan Darth Malak, sang pemimpin tertinggi dari Sith.

Jalan cerita game ini berlangsung sekitar 4000 tahun sebelum terbentuknya Galactic Empire. Kamu akan mendapatkan rekan yang membantu untuk mengalahkan pasukan dari Dart Malak. Selain itu, grafik yang cukup memukau serta jalan cerita bercabang dengan ending berbeda sesuai keputusanmu dalam game menjadi daya tarik game ini.

NamaStar Wars: KOTOR
Total Download500 Ribu+
Ukuran12 MB (2.5 GB Total)
Ditawarkan olehAspyr Media, Inc.
Rating Google Play4.4
HargaRp139.000

7. Dragon Quest VIII

game rpg android offline - dragon quest 8

Dragon Quest VIII menjadi salah satu seri Dragon Quest paling populer. Game ini merupakan hasil porting dari game PS2, jadi jangan kaget jika ukuran game Dragon Quest VIII ini cukup besar. Karena dirilis di Android, tentunya game ini mengalami sedikit perubahan agar lebih optimal dimainkan di perangkat layar sentuh.

Kontrolnya mudah, dapat dilakukan dengan satu tangan serta hadir dengan grafik 3D ala anime yang memukau. Dengan beberapa alasan tersebut, tidak salah jika Dragon Quest menjadi salah satu game RPG offline yang dirilis untuk Android.

Advertisement
NamaDRAGON QUEST VIII
Total Download50 Ribu+
Ukuran34 MB (1.2 GB Total)
Ditawarkan olehSQUARE ENIX Co.,Ltd.
Rating Google Play4.1
HargaRp299.000

8. Baldur’s Gate: Enhanced Edition

Game rpg offline android terbaik - baldur gate

Game Baldur’s Gate pertama kali dirils pada 1998 dan langung menjadi hit kala itu. Ada banyak sekali quest dalam game ini, terutama untuk sekuelnya Baldur’s Gate II yang membutuhkan waktu kurang lebih 200-300 jam untuk berhasil menamatkan keseluruhan game.

Saat pertama kali bermain, kamu dapat memilih karaktermu dan menentukan class seperti thief, monk, mage. paladin dan lain-lain. Kemudian pada perjalanan dalam game, kamu dapat merekrut NPC untuk dijadikan party yang dapat membantu kamu menyelesaikan game.

NamaBaldur’s Gate: Enhanced Edition
Total Download100 Ribu+
Ukuran16 MB (3.0 GB Total)
Ditawarkan olehBeamdog
Rating Google Play4.0
HargaRp149.000

9. Postknight

game rpg android offline - postknight

Postknight menjadi salah satu game RPG Android offline yang populer. Kamu di sini berperan menjadi seorang pengantar surat yang ditugaskan ke tempat-tempat berbahaya yang dipenuhi dengan monster. Kamu dapat mengontrol karaktermu dengan tiga perintah, yakni Shield, Potion dan Charge.

Perintah Shield digunakan untuk meningkatkan pertahanan dari serangan lawan, Potion digunakan untuk megisi kembali HP atau mendapatkan peningkatan untuk status karaktermu. Sedangkan Charge memungkinkan karaktermu untuk maju dan menyerang lawan. Game RPG offline ringan ini dapat didownload secara gratis, namun terdapat iklan dan pembelian dalam aplikasi.

NamaPostknight
Total Download5 Juta+
Ukuran63 MB
Ditawarkan olehKurechii
Rating Google Play4.7
HargaGratis

10. Chaos Rings III

game rpg android offline - chaos rings 3

Semenjak seri pertama hadir pada tahun 2010 lalu, Chaos Rings selalu menyuguhkan satu hal yang memukau, yakni kualitas grafisnya. Tidak berbeda di seri ketiganya ini, kualitas grafisnya bahkan dianggap menyamai konsol pada saat itu.

Namun Chaos Rings III tidak hanya melulu soal grafis, berbagai elemen RPG seperti turn-based, pilihan karakter dan dungeon untuk dijelajahi juga sangat bagus di sini. Square Enix sebagai developer mengklaim bahwa setidaknya kamu membutuhkan waktu kurang lebih 50 jam untuk berhasil menamatkan game ini.

Advertisement
NamaCHAOS RINGS III
Total Download10 Ribu+
Ukuran14 MB (1.9 GB Total)
Ditawarkan olehSQUARE ENIX Co.,Ltd.
Rating Google Play4.5
HargaRp339.000

11. Evoland

Game rpg offline android terbaik - evoland

Evoland terkesan menggabungkan berbagai elemen dari game RPG populer seperti Diablo, Final Fantasy dan Legend of Zelda untuk membuat game RPG yang unik dan seru. Sesuai namanya, game ini berfokus pada evolusi, kamu pertama kali bermain pasti cukup kaget dengan grafik monokromnya.

Namun semakin kamu melangkah jauh, maka kualitas grafiknya juga semakin meningkat. Jika pada awalnya terlihat monokrom, nantinya kamu akan sampai hingga ke grafik modern dengan kualitas HD dan karakter 3D.

Terdapat beragam easter eggs dalam game yang kebanyakan merupakan referensi dari RPG klasik dan film populer. Jika kamu menyukai Evoland, maka sekuelnya yang bernama Evoland 2 juga wajib dicoba.

NamaEvoland
Total Download100 Ribu+
Ukuran50 MB
Ditawarkan olehPlaydigious
Rating Google Play4.3
HargaRp74.000

12. Adventures of Mana

game rpg android offline - adventures of mana

Satu lagi game RPG karya dari Square Enix populer hadir dalam daftar ini, game tersebut adalah Adventure of Mana. Game ini pertama kali dirlis untuk Game Boy pada tahun 2011 hingga akhirnya dirlis ke Android dengan peningkatan grafik pada tahun 2016.

Selain peningkatan grafik, tidak ada perubahan berarti dalam game ini, gameplay-nya masih dipertahankan seperti versi originalnya yang klasik. Musik yang mengiringi juga masih sama seperti original.

Cerita dalam game berfokus pada karakter bernama Sumo yang berusaha menemukan pohon sakti Tree of Mana. Pohon ini konon katanya akan memberikan kekuatan yang dahsyat bagi siapapun yang menyentuhnya. Namun petualangan dari Sumo mencari Tree of Mana tidak akan mudah sebab akan ada banyak musuh yang menghalangi.

Advertisement
NamaAdventures of Mana
Total Download10 Ribu+
Ukuran68 MB (350 MB Total)
Ditawarkan olehSQUARE ENIX Co.,Ltd.
Rating Google Play3.9
HargaRp189.000

13. Knights of Pen & Paper +1

Game rpg offline android terbaik - knights of pen and paper

Jika kamu memainkan game ini, kamu pasti bakal langsung menyadari bahwa Knights of Pen & Paper bukanlah seperti game RPG yang selama ini kamu mainkan. Gameplay dari game ini memang unik dengan mengambil tema tabletop ala Dungeon & Dragon yang sangat populer tahun 70an.

Kamu akan bermain dengan menggunakan pena dan kertas bersama dengan game master. Game master ini akan membacakan semua quest dan berinteraksi dengan kamu sebagai player.

Kamu dapat memilih mana quest yang ingin diselesaikan terlebih dahulu atau lawan mana yang ingin dikalahkan terlebih dahulu. Terdengar cukup aneh jika dibandingkan dengan game RPG masa kini, namun kamu bakal mengerti jika ini adalah game menarik ketika sudah memainkan game ini nantinya.

NamaKnights of Pen & Paper +1
Total Download100 Ribu+
Ukuran42 MB
Ditawarkan olehParadox Interactive AB
Rating Google Play4.3
HargaRp62.000

14. Final Fantasy VI

Game rpg offline android terbaik - final fantasy 6

Beberapa seri Final Fantasy mulai diporting ke versi Android oleh Square Enix. Kamu dapat bermain salah satu game RPG terbaik ini dengan mode offline, namun harus online setidaknya satu kali untuk log in.

Rata-rata, satu game Final Fantasy menghabiskan waktu kurang lebih 20 jam untuk menamatkannya. Kamu yang mengaku penggemar game RPG tentu tidak boleh melewatkan seri Final Fantasy, apalagi saat ini kamu dapat memainkan beberapa serinya dimanapun menggunakan Android. Salah satu yang saya rekomendasikan untuk dimainkan terlebih dahulu adalah Final Fantasy VI

NamaFinal Fantasy VI
Total Download100 Ribu+
Ukuran10 MB (500 MB Total)
Ditawarkan olehSQUARE ENIX Co.,Ltd.
Rating Google Play3.9
HargaRp219.000

Itulah daftar game RPG offline terbaik yang dapat dimainkan di ponsel Androidmu dimana saja tanpa ada koneksi internet. Selain Android, TutorAplikasi juga menyediakan daftar game RPG offline PC terbaik yang dapat dimainkan di PC atau laptop kamu dengan spek rendah.

Advertisement
Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *