Game RPG Ringan dan Offline Intel HD 3000 RAM 2GB (Update Agustus 2018)

Last Updated on

Game RPG Ringan dan Offline Tebaik untuk Intel HD 3000 dan RAM 2GB

Game RPG untuk Intel HD 3000 dan RAM 2GB

Game RPG Ringan dan Offline PC – Role-playing games atau lebih populer disingkat dengan RPG merupakan salah satu genre dalam game yang memiliki sejarah yang panjang dan telah berkembang menjadi salah satu genre paling dominan di dunia game saat ini. Game RPG yang terbaik dapat ditentukan oleh beberapa faktor, yang pertama adalah jalan cerita.

Sebuah game RPG terbaik pasti memiliki jalan cerita yang kaya dengan narasi yang ditulis indah atau terkadang memiliki cerita unik yang tidak terdapat di dalam game RPG lain. Selain itu, jalan cerita akan terasa lebih bagus lagi jika terdapat suatu pilihan dan konsekuensi yang akan menuntun sobat ke dalam ending game yang berbeda – beda.

Yang kedua adalah presentasi suara, musik dan gaya visual dalam gamr RPG terbaik biasanya sangat memorable dan diingat banyak orang. Serta yang tidak ketinggalan adalah presentasi tentang dunia yang akan dieksplorasi nantinya. Yang ketiga adalah proses perkembangan karakter, tentunya seakan waktu berjalan di dalam game, karakter kita pasti dituntut berkembang kan ?

Di dalam game RPG biasanya terdapat beberapa karakter yang bisa dipilih sesuai dengan cara bertarungnya sesuai dengan kesukaan dari sobat. Yang keempat ada sistem pertarungannya, dengan beragam karakter yang dapat dipilih, tentu saja sistem bertarungnya pun berbeda – beda, sebuah game RPG yang terbaik tentu saja harus memiliki sistem pertarungan yang fun serta jika lebih inovatif maka lebih bagus lagi.

Sedangkan untuk memilih daftar gamenya, pasti sangat sulit dilakukan, oleh karena itu saat ini saya hanya membatasi tentang game RPG terbaik namun masih ringan dimainkan di PC atau laptop low specs serta tidak ketinggalan ini merupakan game RPG offline.

Laptop tua spek rendah yang saya gunakan saat pengujian memiliki spesifikasi kunci sebagai berikut.

  • OS: Windows 7 64-bit
  • CPU: Intel Core i3 2.1 GHz
  • Video Card: Intel HD 3000
  • RAM: 2 GB

Saya yakin banyak dari sobat yang memiliki spesifikasi komputer / laptop seperti diatas, dan jika sobat penggemar RPG seperti saya, maka berikut ini daftar game yang wajib sobat mainkan.

1. Final Fantasy VII

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Intel HD 3000 dan RAM 2GB

Final Fantasy VII

Membicarakan RPG ringan terbaik, tentunya tidak boleh terlewatkan game klasik dari seri FInal Fantasy ini. Ya, game ini adalah Final Fantasy VII, seri Final Fantasy yang paling banyak dieksplor oleh sang developer Square Enix. Tidak tanggung – tanggung, selain gamenya sendiri ada juga versi film yang berjudul Final Fantasy Advent Children dan ada sekitar 3 game lain yang mengeksplorasi dunia Final Fantasy VII.

Diantaranya yang paling populer tentu saja game Crisis Core: Final Fantasy VII yang mengisahkan masa lalu Zack. Jika sobat merupakan penggemar RPG dan belum pernah memainkan Final Fantasy VII maka akan sangat rugi sekali.

Game ini sebenarnya pertama kali dirilis pada tahun 1997 di PS1 kemudian pada 4 Juli 2013 dirilis ke Steam agar dapat dimainkan di PC. Cerita yang kuat, banyaknya momen memorable serta gameplay yang menarik menjadi andalan dalam game yang saya rasa masuk dalam kategori wajib dimainkan oleh para gamer.

Selain itu, musik karya Nobuo Uematsu di game Final Fantasy VII ini tidak kalah memorable, sebut saja musik “One-Winged Angel” yang dimainkan saat melawan Sepiroth. Kepopuleran Final Fantasy VII tidak hanya terjadi di Jepang tapi juga di dunia, hal itu dibuktikan dengan sederet penghargaan yang diterimanya seperti Game of the Year tahun 1997 dan banyak sekali penghargaan lainnya.

Minium System Requirement:

  • CPU: 2GHz
  • RAM: 1 GB
  • OS: Windows XP/Vista
  • Video Card: DirectX 9.0c-compatible graphic card
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Free Disk Space: 3 GB
  • Rating: 92/100 Metacritic dan 9/10 Steam

2. The Elder Scroll III: Morrowind

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Laptop Low Specs

The Elder Scroll III: Morrowind

Skyrim boleh jadi menjadi game yang paling populer diantara seri The Elder Scroll lainnya, namun jangan sampai lupa jika kesuksesan Skyrim juga karena andil Morrowind. Karena di seri ketiganya, Morrwind ini, Bethesda sebagai developers menuai kesuksesan yang dapat diteruskan hingga saat ini.

Morrowind sendiri merupakan game RPG Open world selayaknya game The Elder Scrolls lainnya. Jika sobat belum tahu, The Elder Scroll merupakan seri game yang dikembangkan oleh Bethesda yang memiliki gameplay dengan setting Middle Earth. Disini akan ada banyak makhluk mistis seperti naga dan lain – lain.

Kembali lagi ke Morrowind, game ini memiliki banyak sekali quest dan jalan cerita, namun cerita utamanya berkisah tentang pertempuran antar The Tribunal yang menguasai daratan Morrowind dan Dragoth Ur yang merupakan mantan sekutunya. Settings game Morrowind berada di pulau Vvanderfell, sebenarnya pulau ini lebih kecil jika dibandingkan dengan setting tempat dari seri The Elder Scrolls sebelumnya, yakni Daggerfall dan Arena.

Selain itu, bangunan – bangunan disini juga lebih didominasi dari peradaban Mesir, Jepang dan tentu saja kultur dari Middle Earth. Selain itu, arsitektur bangunan islam pun banyak ditemui di berbagai kota dalam pulau Vvardenfell. Morrowind berhasil meraih beberapa penghargaan Game of the Year pada saat tahun rilisnya dari berbagai macam media game terkenal.

Minium System Requirement:

  • CPU: Intel Pentium III, Celeron atau AMD Athlon 500 MHz
  • RAM: 256 MB
  • OS: Windows 98/ME/2000/XP
  • Video Card: 32 MB Direct3D compatible video card
  • DirectX version: DirectX(R) 8.1
  • Free Disk Space: 1 GB
  • Rating: 89/100 Metacritic dan 9/10 Steam

3. Titan Quest

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Laptop Low Specs

Titan Quest

Titan Quest merupakan game RPG yang dipadukan dengan ‘hack and slash’ dan dikembangkan oleh Lore Entertainment yang dirilis ke PC pada tahun 2006. Titan Quest bersetting sebelum zaman Romawi kuno, seperti Yunani kuno, Mesir dan ‘jalur sutra’ yang mengarah ke Asia.

Quest dalam game dipisah menjadi dua, yakni quest utama yang digunakan untuk melanjutkan narasi cerita dan quest sampingan yang tersebar di seluruh dunia game. Gaya pertempurannya mengguankan genre ‘hack and slash’ dimana sobat harus membantai setiap musuh yang ada dengan senjata yang dapat dipilh mulai dari pedang, kapak atau tongkat.

Sistem level juga terdapat dalam game, sobat dapat menerima Exp untuk menaikkan level dari menghabisi musuh atau menyelesaikan quest. Setelah sobat berhasil naik level pertama kali, maka akses ke ‘Masteries’ akan dibuka. Disini sobat dapat membuka skill yang dapat digunakan untuk membantu selama pertarungan.

Ada 8 kategori ‘Masteries’ yang dapat dipilih, diantaranya adalah Defence, Warfare, Hunting, Earth, Nature, Storm, Hunting dan Spirit. Sobat dapat memilih dua ‘Masteries’ saat itu, dan kombinasi keduanya dapat membuat karakter baru. Contohnya kombinasi Nature dan Earth akan membuat karakter ‘Summoner’, sedangkan Defence dan Warfare dapat membuat karakter ‘Conqueror’. Ada sekitar 36 karakter yang dapat dipilih seusai keinginan.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 4 1.8 GHz atau AMD Athlon XP
  • RAM: 512 MB
  • OS: Windows 2000/XP
  • Video Card: 64 MB & Pixel Shader 1.1 (NVIDIA GeForce3+ / ATI Radeon 8500+)
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Free Disk Space: 5 GB
  • Rating: 77/100 Metacritic dan 9/10 Steam

4. The Witcher

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Laptop Low Specs

The Witcher

The Witcher merupakan game RPG yang dikembangkan oleh CD Projekt RED dengan berdasarkan dari novel berjudul sama karya Andezej Spkowski. Ceritanya sendiri berfokus pada Geralt yang merupakan seorang Witcher. Witcher adalah seorang manusia dengan kekuatan spesial / supranatural yang terlatih untuk memburu monster.

The Witcher memiliki 3 jalan cerita dalam game. Ketiganya adalah tentang berhubungan dengan 2 kubu utama dalam game yakni the Scoia’tael yang merupakan Non-human, Order of the Flaming Rose yang merupakan penguasa dari Temeria, tempat dimana dunia The Witcher dibangun. Atau sobat juga dapat memilih jalan Witcher netral dengan tidak memihak ke salah satu pihak.

The Witcher dibangun dari modifikasi engine milik BioWare, Aurora Engine yang memiliki banyak perubahan daripada Aurora Engine originalnya. Kesuksesan The Witcher ini membuat CD Projekt RED mengeluarkan versi Enhanced Edition yang memiliki visual lebih bagus dengan 200 lebih animasi baru, model NPC tambahan serta juga monster, perbaikan dialog dan perbaikan stabilitas yang diklaim dapat mengurangi waktu load sampai 80%.

Sebenarnya jika sobat memilih akan memainkan The Witcher, akan sangat disayangkan jika tidak memainkan sekuelnya yakni The Witcher 2: Assassins of Kings dan The Witcher 3: Wild Hunt, namun kedua sekuel dari The Witcher ini membutuhkan spesifikasi komputer atau laptop yang lebih tinggi lagi.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 4 2.4 GHz atau AMD Athlon 64 2800+
  • RAM: 1.5 GB
  • OS: Windows XP/Vista
  • Video Card: 128 MB & Pixel Shader 2.0 (NVIDIA GeForce 6600+ / ATI Radeon 9800+)
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Free Disk Space: 8.5 GB
  • Rating: 86/100 Metacritic dan 9/10 Steam

5. Fallout 3

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Laptop Low Specs

Fallout 3

Membicarakan RPG berarti membicarakan dua franchise utama dari Bethesda yakni The Elder Scroll dan Fallout, setelah tadi saya sudah menyinggung The Elder Scroll, maka kali ini giliran Fallout. Walaupun sama – sama RPG dan sama – sama buatan Bethesda, namun kedua game ini sangat berbeda.

Jika The Elder Scroll menggunakan setting fantasi dunia Middle Earth dan beragam makhluknya, Fallout memiliki desain dunia setelah perang nuklir dimana terdapat radiasi dimana – mana dan beragam makhluk terkontaminasi yang membuatnya lebih besar dan menyeramkan.

Sobat juga tidak bergantung kepada tongkat sihir atau pedang seperti di The Elder Scroll, namun disini senjatanya lebih modern seperti tembak laser dan lain – lainnya. Khusus di Fallout 3 ini, gameplay agak berbeda dibandingkan seri Fallout sebelumnya, kali ini Bethesda lebih menitik beratkan gameplay layaknya game FPS.

Ada beberapa hal unik yang hanya terdapat di seri Fallout, contohnya adalah Pip-Boy. Di dalam Pip-Boy ini terdapat beragam informasi tentang karakter kita, bisa diartikan bahwa Pip-Boy ini adalah menu karakter yang kita mainkan. Dunia dalam game Fallout 3 ini berada pada tahun 2277 dan terletak di Washington DC, Northern Virginia dan sebagian Marylannd.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 4 2.4 GHz atau AMD Athlon 64 2800+
  • RAM: 2 GB
  • OS: Windows XP/Vista
  • Video Card: 256 MB (NVIDIA GeForce 6800 / ATI Radeon X850)
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Free Disk Space: 7 GB
  • Rating: 91/100 Metacritic dan 9/10 Steam

6. System Shock 2

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Laptop Low Specs

System Shock 2

System Shock 2 merupakan game RPG dengan sistem pertarungan ala game FPS. Pada awalnya, game ini dikembangkan sebagai judul game sendiri sebelum akhirnya EA memutuskan menjadikannya sekuel dari System Shock yang dirilis pada tahun 1994.

Unsur RPG didalam game ini terletak pada karakter seperti apa yang bebas dipilih serta perkembangannya, ada juga beragam skill yang bisa didapatkan setelah menyelesaikan suatu misi tertentu. Di dalam game juga ada mata uang yang disebut ‘nanites’ yang dapat digunakan untuk membeli amunisi dan lain – lain di mesin penjual otomatis.

Sobat sebagai player dapat meretas berbagai perangkat di dalam game seperti keypads untuk membuka area yang terkunci atau meretas mesin penjual otomatis untuk menurunkan harga beli suatu barang di dalmanya. Di dalam juga sobat dapat memilih beragam jenis senjata seperti senjata jarak dekat, pistol, shotgun dan senjata alien.

Amunisi di dalam game pun bermacam – macam dan ada amunisi yang efektif untuk melawan suatu monster tertentu saja. Contohnya adalah, amunisi ‘armor-piercing’ akan lebih efektif jika ditembakkan ke musuh yang berjenis mesin dan lain – lain. Plot dalam game berlangsung pada tahun 2072 dimana saat itu terjadi bencana akibat A.I supercomputer bernama SHODAN yang ingin menghancurkan umat manusia.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium III 1.8 GHz
  • RAM: 2 GB
  • OS: Windows XP/Vista
  • Video Card: 3D Graphic Card
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Free Disk Space: 2 GB
  • Rating: 92/100 Metacritic dan 9/10 Steam

7. Star Wars: Knight of the Old Republic

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Laptop Low Specs

Star Wars: Knight of the Old Republic

Star Wars: Knights of the Old Republic merupakan game yang diadaptasi dari semesta Star Wars yang dirilis untuk PC pada tahun 2003 silam. Timeline ceritanya sendiri berlangsung pada kurang lebih 4000 tahun sebelum terbentuknya Galactic Empire.

Sobat akan berperan sebagai Jedi yang diharuskan mengalahkan Darth Malak yang merupakan pemimpin tertinggi dari Sith. Selayaknya game RPG lainnya, diawal permainan sobat diharuskan memilih karakter seperti apa yang ingin digunakan dengan setiap karakter memiliki skill dan kekuatan ‘Force’ yang berbeda – beda. ‘Force’ disini diibaratkan sebagai magic jika di dalam game RPG lain.

Sobat juga dapat memiliki maksimum 2 ‘rekan’ di party, ‘rekan’ ini akan membantu sobat dalam bertempur melawan pasukan Darth Malak. Sobat dapat mengaturnya secara manual atau mereka akan bergerak sendiri jika tidak diperintah. Namun jika tidak sedang dalam pertempuran, ‘rekan’ ini dapat memberikan suatu dialog yang terkadang menuntun sobat ke dalam quest baru.

Mereka juga akan berpartisipasi dalam dialog diantara sobat dan NPC dalam game. Keberhasilan BioWare dalam mengembangkan game ini diikuti dengan kesuksesan dalam hal penjualan, kurang lebih 470.000 copy game terjual di US dalam rentan waktu 3 tahun, selain itu game Star Wars ini menjadi yang tercepat terjual pada saat dirilis di Xbox.

Minium System Requirement:

  • CPU: Intel Pentium III 1GHz / AMD Athlon 1 GHz
  • RAM: 256 MB
  • OS: Windows 98/98SE/ME/2000/XP
  • Video Card: 32 MB OpenGL 1.4 compatible PCI
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0b
  • Free Disk Space: 4 GB
  • Rating: 93/100 Metacritic dan 9/10 Steam

8. Fallout New Vegas

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Laptop Low Specs

Fallout New Vegas

Fallout New Vegas merupakan game ke-4 dari seri Fallout yang dirilis tahun 2010. Walaupun dirilis pada 2010, Bethesda masih menggunakan engine yang sama seperti Fallout 3, jadi jika laptop atau komputer sobat lancar memainkan Fallout 3, maka Fallout New Vegas ini pastinya juga lancar dimainkan.

Ada beberapa peningkatan yang terjadi jika dibandingkan dengan Fallout 3, diantaranya adalah adanya skill baru yakni Survival, mode pertarungan yang lebih di’tingkatkan’, sobat kali ini dapat berjudi, senjata yang lebih banyak serta Hardcore mode yang membuat nuansa dalam game lebih nyata.

Setting dalam game sendiri terjadi 4 tahun setelah kejadian di Fallout 3, walaupun sebenarnya game ini tidak dapat dikategorikan sebagai sekuel langsung. Kali ini dunia game terletak di Nevada, California dan Arizona. Berbeda area berarti berbeda penguasa, kali ini terdapat New California Republic (NCR), Caesar’s Legion dan Mr. House yang saling berebut kekuasaan.

Sobat sebagai pemain berperan sebagai kurir yang bekerja untuk Mojave Express, namun di suatu perjalanan ketika mengantarkan item misterius, sobat diserang dan ditembak oleh seseorang. Namun ternyata sobat masih hidup karena sebelum ajal tiba, ada robot yang bernama Victor membawa tubuh sobat ke Doc Mitchell. Setelah sembuh, sobat akhirnya melakukan perjalanan untuk mengetahui lokasi dari penyerang dan untuk mengetahui apa sebenarnya item misterius tadi.

Minium System Requirement:

  • CPU: Dual Core 2.0 GHz
  • RAM: 2 GB
  • OS: Windows XP/Vista
  • Video Card: 256 MB (NVIDIA GeForce 6800 / ATI Radeon X850)
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Free Disk Space: 10 GB
  • Rating: 84/100 Metacritic dan 9/10 Steam

9. The Elder Scroll IV: Oblivion

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Laptop Low Specs

The Elder Scroll IV: Oblivion

Setiap Bethesda mengeluarkan seri terbaru dari The Elder Scroll, hampir dipastikan game tersebut akan menerima respon yang positif dan berhasil meraih berbagai penghargaan. Hal yang sama juga terjadi pada Oblivion, sekuel dari seri ke-3, Morrowind yang sudah saya singgung diatas. Oblivion pertama kali dirilis di PC pada tahun 2006.

Gameplay dari Oblivion masih sama seperti seperti seri The Elder Scrolls sebelumnya, yakni dengan sobat yang bisa bebas melakukan eksplorasi serta quest yang banyak, monster yang beragam serta interaksi dengan NPC. Plot game Oblivion berlangsung 6 tahun setelah kejadian di Morrowind, walaupun game ini juga dapat dikatakan sekuel tidak langsung karena menggunakan tempat yang berbeda walaupun masih satu dunia.

Kali ini game bercerita di suatu tempat bernama Cyrodill, sebuah provinsi dari Tamriel. Selama pengembangan Oblivion, Bethesda menaruh konsentrasi mereka pada jalan cerita yang lebih realistik serta AI yang lebih cerdas lagi dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Disini Bethesda membuat software bernama “Radiant A.I.” untuk membuat AI dalam game menjadi lebih meningkat serta didukung oleh “Havok physics engine” yang membuat tata cahaya dalam game menjadi lebih nyata. Game Oblivion juga menerima respon yang positif seperti halnya seri sebelumnya dan menuai kesuksesan dalam penjualannya.

Minium System Requirement:

  • CPU: Pentium 4 2 GHz atau Athlon XP 2 GHz
  • RAM: 512 MB
  • OS: Windows 2000/XP
  • Video Card: 128 MB (NVIDIA GeForce FX 5700+ / ATI Radeon 9500+)
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Free Disk Space: 4.6 GB
  • Rating: 94/100 Metacritic dan 9/10 Steam

10. Baldur’s Gate 2: Shadow of Amn

Game RPG Ringan Terbaik 2017 untuk Intel HD 3000 dan RAM 2GB

Baldur’s Gate 2

Baldur’s Gate II merupakan sekuel dari game Baldur’s Gate yang dirilis tahun 1998. Game ini dikembangkan oleh BioWare dan dirilis pada tahun 2000. Dunia dalam game Baldur’s Gate II terletak di sebelah selatan tempat Baldur’s Gate pertama berlangsung. Kali ini terletak di negara bernama Amn, dan kebanyakan keJadian dalam game berlangsung di kota Athkatla.

Seperti kebanyakan RPG terbaik lainnya, dalam game ini terdapat banyak sekali quest yang jika ditotal akan membutuhkan sekitar 200 hingga 300 jam untuk menamatkannya. Gameplay dari Baldur’s Gate II mungkin yang paling berbeda diantara game RPG lain dalam daftar ini karena tidak menggunakan sudut pandang orang pertama maupun orang ketiga, akan tetapi isometrik.

Sobat memulai game dengan membuat karakter dan menentukan classnya seperti paladin, thief, mage, monk dan lain – lain. Kemudian di dalam perjalanan dapat merekrut maksimal 5 NPC untuk dijadikan party. Game ini memiliki satu expansion pack yang bernama Throne of Bhaal yang memberikan cerita lebih dalam serta menjadi cerita terakhir dari saga Baldur’s Gate.

Selain itu juga terdapat dungeon baru bernama Watcher’s Keep, beberapa fitur baru, class karakter baru dan skill yang baru serta banyak hal baru lain – lainnya. Bahkan pada tahun 2012, terdapat versi Enchanced Edition yang menggunakan engine baru sehingga tampilan visualnya menjadi lebih baik lagi. Baldur’s Gate II mendapat respon yang sangat positif dari media dan juga gamer dengan banyak kalangan menyebutnya sebagai game RPG terbaik sepanjang masa.

Minium System Requirement:

  • CPU: 1 GHz CPU
  • RAM: 512 MB
  • OS: Windows XP/Vista
  • Video Card: OpenGL 2.0 (NVIDIA GeForce 6500 / ATI Radeon X1550)
  • DirectX version: DirectX(R) 9.0
  • Free Disk Space: 2 GB
  • Rating: 95/100 Metacritic dan 9/10 Steam

Itulah daftar game RPG offline yang ringan dan terbaik yang bisa dicoba oleh sobat dan jika sobat sudah memainkan semua game diatas, maka akan saya rekomendasikan yang lain yakni Mass Effect, The Vampire Masqurade Bloodlines dan Neverwinter Nights 2.

Selain itu, saya juga sudah menyediakan daftar serupa untuk game FPS ringan dan terbaik PC serta game strategi offline PC. Selamat mencobat dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Game RPG Ringan dan Offline Intel HD 3000 RAM 2GB (Update Agustus 2018) | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!