Game Strategi Android Terbaik (Update 2020)

Advertisement

Game Strategi Android Terbaik – Ada beragam tipe gamer di dunia ini, salah satunya adalah gamer yang menyukai tantangan dengan beragam puzzle, mengatur unit atau pasukan dan tantangan mengatur sumber daya yang tersedia.

Intinya adalah gamer yang lebih mengandalkan otak mereka untuk bekerja secara lebih keras dan mengambil keputusan yang cepat dan tepat serta merencanakan aksi mereka untuk meraih kemenangan.

Game Strategi Terbaik di Android - TutorAplikasi-min

Mereka yang biasanya menyukai hal tersebut memilih game dengan genre strategi. Genre Strategi sendiri, seperti genre-genre lainnya dalam game juga mengalami evolusi.

Evolusi tadi mengantar genre strategi menjadi salah satu genre yang memiliki subgenre terbanyak, selain genre Action tentunya.

Beberapa subgenre dari genre strategi adalah 4X (eXplore, eXpand, eXploit dan eXterminate), Real-time strategy (RTS), Turn-based strategy dan masih banyak yang lainnya.

Saking banyaknya subgenre tadi, sangat sulit jika harus menentukan game terbaik dari genre ini. Walaupun sulit, kami akan merekomendasikan game terbaik untuk genre strategi, terutama yang dirilis untuk Android.

Beberapa game di bawah ini dapat dimainkan secara offline atau tanpa koneksi internet, namun ada beberapa juga yang membutuhkan koneksi alias online agar dapat dimainkan.

Beberapa game juga memiliki ukuran file yang kecil dan ada juga yang besar.

Beberapa juga memiliki grafik yang sangat bagus hingga bisa disandingkan dengan game strategi PC.

Game Strategi Android Terbaik

1. Clash Royale

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Siapa yang tidak tahu Clash Royale? Mungkin semua pengguna Android mengetahui game buatan dari Supercell ini. Clash Royale merupakan game campuran antara ‘tower defense’ dan gameplay yang memiliki 2 jalur, dan semua itu hanya berlangsung selama 3 menit waktu gameplay.

Advertisement

Kamu sebagai player harus cermat dalam menyeimbangkan serangan dan pertahanan karena game ini memiliki pace yang cepat dan kesalahan sekecil pun dapat dimanfaatkan oleh lawan untuk menghabisi base milik kamu.

Ada banyak kartu unit yang terdapat di game ini dengan berbagai karakteristiknya sendiri. Game strategi Android ini dilepas secara gratis oleh Supercell namun ada beragam pembelian dalam aplikasi yang dapat dibeli.

NamaClash Royale
Total Download100 Juta+
Ukuran106 MB
Ditawarkan olehSupercell
Rating Google Play4.3
HargaGratis

2. Iron Marines

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Iron Marines merupakan sebuah game baru yang dibuat oleh developer dari trilogi Kingdom Rush dengan luar angkasa menjadi tema utamanya.

Game ini mengajak kamu untuk menjelajahi planet asing dengan gameplay elemen strategi secara real-time. Selain secara real time, keunggulan utama dari game ini terletak pada gaya visualnya serta desain beragam alien yang siap menunggu kamu.

Kamu dapat merekrut dan melatih para pahlawan dari galaxy untuk memimpin mereka ke misi yang berbahaya melawan musuh yang sulit ditaklukkan.

Pada saat tulisan ini dibuat, terdapat 14 misi melawan alien yang terbagi menjadi beberapa tingkat kesulitan. Walaupun game ini berbayar, masih terdapat beberapa in-app didalamnya, namun tetap saja tidak menghilangkan esensinya sebagai salah satu game strategi Android terbaik.

NamaIron Marines
Total Download100 Ribu+
Ukuran44 MB (550 MB Total)
Ditawarkan olehIronhide Game Studio
Rating Google Play4.6
HargaRp3.000

3. Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Jika kamu penggemar game RPG dari seri Final Fantasy dan penggemar dari genre strategi, maka game ini tidak boleh terlewatkan. Bahkan jika kamu bukan penggemar Final Fantasy pun, game ini sangat layak dimainkan.

Final Fantasy Tactics: WotL ini menggabungkan genre RPG dengan strategi dan seperti halnya game klasik Square Enix lainnya, cerita dalam game menjadi senjata utama.

Cerita epik dalam game FFT ini sangat terasa unsur politik serta keterlibatan pemuka agama di dalamnya.

Sebenarnya, fokus cerita berpusat pada Ramza yang merupakan anak bangsawan yang bersahabat dengan Delita yang merupakan rakyat biasa.

Advertisement

Persahabatan mereka ini terganggu dengan adanya perang saudara, dan menariknya lagi, keduanya memiliki peran besar dalam perang tersebut. Game strategi Android ini sangat kami rekomendasikan untuk kamu coba.

NamaFinal Fantasy Tactics: The War of the Lions
Total Download100 Ribu+
Ukuran4.8 MB (500 MB Total)
Ditawarkan olehSQUARE ENIX Co.,LtD.
Rating Google Play4.2
HargaRp89.000

4. Strike Team Hydra

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Developer Wave Light Game terkenal dengan game yang bersetting dunia fantasi seperti seri Demon Rise, hingga sekarang setting fantasi ini masih diterapkan untuk game terbaru mereka, Strike Team Hydra ini. Game strategi Android ini menjadikan kamu pemimpin suatu tim elit yang akan melawan Sethani.

Kamu sebagai player harus memanfaatkan keuntungan dari kemampuan khusus yang dimiliki setiap anggota tim. Musuh yang terdapat di sini harus dikalahkan per gelombang agar misi dapat tercapai.

Strike Team Hydra menggunakan sistem Action Point atau disingkat AP. Sistem ini membuat gerakan setiap langkah menjadi terbatas dan menjadi tantangan tersendiri bagimu untuk menyeimbangkan antara pergerakan biasa, waktu menyerang atau waktu untuk menggunakan kemampuan khusus.

Secara garis besar, game ini mirip dengan XCOM.

NamaStrike Team Hydra
Total Download10 Ribu+
Ukuran32 MB (400 MB Total)
Ditawarkan olehWave Ligh Games Inc.
Rating Google Play4.0
HargaRp86.000

5. A Planet of Mine

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

A Planet of Mine merupakan salah satu game dengan genre 4X di Android. Genre 4X sendiri merupakan salah satu turunan dari genre strategi, 4X adalah singkatan dari eXplore, eXpand, eXploit dan eXterminate. Contoh game populer yang menggunakan genre ini adalah seri Civilization.

A Planet of Mine lebih terfokus untuk membangun dan mengembangkan planet tempat kamu tinggal. Kamu sebagai player dapat merekrut dan memerintah pekerja untuk mengambil sumber daya dan membangun bangunan di semua sisi planet.

Dengan semakin berkembangnya planet milikmu, kamu dapat menjajah planet lain dan menemukan spesies baru untuk dijadikan sekutu maupun dijadikan lawan.

NamaA Planet of Mine
Total Download1 Juta+
Ukuran55 MB
Ditawarkan olehThuesday Quest
Rating Google Play4.0
HargaGratis

6. Legends of Callasia

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Boomzap menghadirkan game strategi mereka yang pada awalnya dirilis di PC ke dalam perangkat mobile Android. Versi gratis alias demo dalam game ini memberikan kamu kuasa penuh atas Hundred Kingdoms, Revenant atau Faeborne yang saling sikut untuk menguasai area permainan.

Gameplay dari Legends of Callasia ini agak mirip dengan seri Civilization. Kamu sebagai player mendapatkan akses kontrol ke suatu unit, kemudian harus menundukkan suatu wilayah yang kemudian akan dibangun dan dikembangkan lagi.

Advertisement

Yang membuat lebih menantang, kamu hanya memiliki satu ‘aksi’ tiap giliran, ‘aksi’ tersebut dapat digunakan untuk membangun atau mengupgrade sktuktur dan kota, berpindah tempat atau yang lain-lainnya.

NamaLegends of Callasia
Total Download5 Ribu+
Ukuran18 MB
Ditawarkan olehBoomzap Entertainment
Rating Google Play4.1
HargaGratis

7. Lost Frontier

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Lost Frontier menghadirkan visual yang klasik, imut dan simpel seperti semua game yang dikembangkan oleh Mika Mobile sebelumnya. Game ini memiliki genre turn-based strategi yang terkesan terinspirasi oleh game klasik seperti Advance Wars, namun memiliki tema koboi.

Cerita berkisah tentang 3 ‘Living Legends’ yang sedang mengejar buruan mereka. Segalanya menjadi lebih sulit lagi bagi mereka saat sang buruan utama, Undertaker Harvey merekrut beberapa orang handal untuk melawan balik sang ‘Living Legends’.

Namun ternyata tidak hanya mereka yang menjadi lawan sang Living Legends, akan tetapi juga terdapat ras vampire yang siap membunuh kapanpun. Game strategi Android ini memiliki 24 misi dan terdapat juga mode skirmish dan mode misi khusus.

NamaLost Frontier
Total Download10 Ribu+
Ukuran82 MB
Ditawarkan olehMika Mobile
Rating Google Play4.3
HargaRp40.000

8. Plague Inc.

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Daripada menyelamatkan dunia seperti kebanyakan game lainnya, game strategi Plague Inc. ini meminta kamu untuk melakukan hal sebaliknya, yakni menghancurkannya. Cara menghancurkannya pun cukup unik, yakni dengan menularkan virus ke semua orang hingga seluruh dunia terjangkit virus.

Diawal permainan, kamu memilih beragam mode game dan patogen. Kemudian kamu harus menyelesaikan tujuan yang sudah di set oleh game dengan cara mengevolusi suatu wabah agar dapat beradaptasi di beragam lingkungan.

Ada banyak tipe penyakit yang bisa kamu kembangkan untuk meghancurkan populasi dunia, diantaranya adalah ‘Simian Flu’ dari film Rise of the Planet of the Apes.

Game strategi Android ini cukup unik karena mengharuskan kamu memusnahkan seluruh populasi di dunia dan menyebabkan kepunahan dari manusia.

NamaPlague Inc.
Total Download50 Juta+
Ukuran52 MB
Ditawarkan olehMiniclip.com
Rating Google Play4.4
HargaGratis

9. Rebuild 3: Gangs of Deadsville

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Rebuild 3: Gangs of Deadsville bukanlah game dengan tema zombie yang biasa. Jika biasanya game sejenis ini menuntut kamu untuk bertahan hidup dari serangan zombie, lain halnya dengan Rebuild 3.

Di game ini, kamu diharuskan untuk membangun tatanan masyarakat kembali setelah jatuh pada serangan zombie. Kamu sebagai player mengatur para orang yang selamat ini dengan cara memberikannya beragam tugas seperti menjaga gerbang atau keluar untuk mencari sesuatu.

Advertisement

Para orang yang selamat dari serangan zombie di Rebuild 3 ini memiliki kemampuan khusus di tiap individunya. Mode campaign di game ini memberikan hal baru bagi kamu untuk berpetualang ke beberapa kota guna membangunnya kembali. Selain campaign, terdapat juga beberapa mode lainnya yang tak kalah seru.

NamaRebuild 3: Gangs of Deadsville
Total Download50 Ribu+
Ukuran46 MB
Ditawarkan olehNorthway Games
Rating Google Play4.6
HargaRp66.000

10. Civilization Revolution 2

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Membicarakan game dengan genre strategi terbaik tentu tidak akan lepas dari seri Civilization. Dan game ini merupakan salah satu spin-off dari seri Civilization yang dirilis untuk perangkat mobile.

Para pemimpin dalam seri pertamanya akan kembali lagi disini, seperti Abraham Lincoln dan Napoleon Bonaparte. Namun ada juga tambahan yang baru seperti Winston Churchill dan Jhon F. Kennedy.

Seperti game seri Civilization lainnya, gameplay dalam game ini tidak berbeda jauh. Kamu sebagai player diharuskan membangun kekuasaan dari salah satu negara seperti jepang, Rusia dan Amerika.

Setelah kamu memilih dimana akan mendirikan pusat pemerintahan, game pun dimulai dengan cara lebih meningkatkan lagi kekuasaan milikmu dengan cara membangun dan melakukan riset teknologi.

NamaCivilization Revolution 2
Total Download100 Ribu+
Ukuran24 MB (500 MB Total)
Ditawarkan oleh2K Games
Rating Google Play3.4
HargaRp70.000

11. Out There: Ω Edition

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Out There: Ω Edition bisa dibilang sebagai salah satu game strategi Android paling sulit yang pernah kami mainkan. Di game ini, kamu diharuskan untuk bertahan hidup di angkasa luas setelah karakter yang akan kamu mainkan terbangun dari cyro-chamber.

Kamu diharuskan untuk mengatur banyak hal seperti kadar level oksigen yang tersisa atau beragam sumber daya lain yang akan membantu perjalanan kamu.

Di sepanjang perjalanan, nantinya kamu akan bertemu dengan beragam kehidupan alien dan secara perlahan harus memperbaiki pesawat yang rusak selama perjalanan.

Terlihat sangat sulit memang dan kesulitan memang menjadi makanan tersendiri bagi penggemar genre strategi. Ada 4 alternatif ending dalam game dan setiap kamu memilih memainkan new game, maka semuanya akan direset dan tidak akan pernah sama seperti terakhir kali kamu memainkannya.

NamaOut There: Ω Edition
Total Download100 Ribu+
Ukuran23 MB (100 MB Total)
Ditawarkan olehMi-Clos Studio
Rating Google Play4.5
HargaRp76.000

12. Battle of Polytopia

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Battle of Polytopia memiliki genre 4X yang dibuat sedemikian rupa untuk nyaman dimainkan di perangkat mobile.

Advertisement

Kamu sebagai player merupakan seorang pemimpin dari suatu suku dan tugas kamu adalah mencoba untuk mencetak skor tertinggi hanya dalam 30 langkah dengan cara menelusuri map, meningkatkan peradabannya dan mengatasi suku tetangga kamu.

Dengan mekanisme yang mengandalkan waktu atau langkah singkat, game ini sebenarnya memotong genre 4X yang biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya.

Keputusan itu kami rasa cukup baik karena game Battle of Polytopia merupakan game yang dirilis untuk perangkat mobile. Versi gratis dari game ini memungkinkan kamu untuk memilih 4 suku yang dimainkan, sedangkan ada suku-suku lainnya dapat dibeli melalui pembelian dalam aplikasi.

NamaBattle of Polytopia
Total Download5 Juta+
Ukuran29 MB
Ditawarkan olehMidjiwan AB
Rating Google Play4.5
HargaGratis

13. Kingdom Rush

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Kingdom Rush merupakan game strategi Android dengan mekanisme ‘tower defense’ yang dikembangkan oleh Ironhide Game Studio. Game ini memiliki setting tempat di dunia fantasi medieval.

Kamu dapat membangun tower yang berada di titik-titik tertentu dalam suatu jalur untuk menghalangi lawan mencapai titik terakhir map. Ada 4 pilihan tower yang tersedia, yakni Archers, Mages, Barracks dan Artilerry, keempatnya membutuhkan uang untuk dibangun.

Pada setiap awal level, kamu akan mendapatkan uang dengan jumlah tertentu yang digunakan untuk membangun tower, kemudian sepanjang permainan, kamu akan mendapatkan uang dengan cara menghabisi lawan.

Uang tersebut dapat digunakan untuk membangun lebih banyak tower lagi agar memastikan para lawan tidak mencapai akhir dari map.

NamaKingdom Rush
Total Download10 Juta+
Ukuran28 MB
Ditawarkan olehIronhide Game Studio
Rating Google Play4.7
HargaGratis

14. Machines at War 3

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Machines at War 3 merupakan game dengan genre real-time strategy (RTS) yang dikembangkan oleh Isotope 244 dan sempat dirilis untuk Windows dan Mac OS pada tahun 2012 sebelum akhirnya diport ke perangkat mobile iOS dan Android.

Kamu bertugas untuk mengkomandoi prajurit melawan penjahat untuk menyelamatkan beberapa ilmuwan. Cerita dalam game cukup dalam dan terbagi menjadi 21 misi.

Di game ini juga terdapat 130 tipe unit yang berbeda dan memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu juga terdapat teknologi yang dapat dikembangkan dan banyak sekali hal lainnya.

Advertisement

Selain mode offline single-player di 21 misi tadi, terdapat juga mode multiplayer. Bahkan terdapat juga unlimited mode random skirmish yang dapat digunakan untuk menghabiskan waktu kamu.

NamaMachines at War 3
Total Download5 Ribu+
Ukuran91 MB
Ditawarkan olehIsotope 244 LLC
Rating Google Play4.5
HargaRp99.000

15. XCOM: Enemy Within

Game Strategi Android Terbaik 2017 yang Dapat Dimainkan Secara Offline / Online

Penggemar genre strategi tidak mungkin tidak ada yang mengenal game XCOM karena seri game ini menjadi salah satu yang game strategi terbaik di PC.

Dan 2K Games juga tidak ketinggalan merilis seri ini untuk Android. Namun tidak seperti versi PC yang membutuhkan XCOM: Enemy Unkown untuk memainkan Enemy Within, di versi Android ini tidak memerlukan seri pendahulunya tersebut.

Pergerakan karakter dalam game ini diatur dengan gaya seperti papan catur dan masih dengan tujuan yang sama, yakni menghabisi para alien yang menginvasi Bumi.

Kamu dapat merekrut karakter baru untuk ditambahkan dalam tim serta mengupgrade beberapa hal seperti peralatan yang dipakai, kemampuan unit dan lainnya. Selain mode campaign untuk bermain offline, ada juga mode multiplayer online di dalamnya.

NamaXCOM: Enemy Within
Total Download100 Ribu+
Ukuran21 MB (3.2 GB Total)
Ditawarkan oleh2K Games
Rating Google Play4.3
HargaRp70.000

16. Tropico

Game Mengelola Negara - Tropico

Sama seperti Civilization, Tropico adalah game strategi populer dari PC yang di-port ke Android. Dalam Tropico, kalian adalah seorang presiden dari pulau Karibia dan bertanggung jawab untuk mengelola semua aspek kehidupan dalam pulau.

Cakupan dalam game ini luar biasa banyak, itulah mengapa bagi kalian yang masih pemula harus memperhatikan tutorial yang akan selalu memandu kalian.

Saat artikel ini ditulis, terdapat 15 pulau yang bisa kamu selesaikan, namun ada juga mode Sandbox yang memungkinkan kalian untuk mengambil alih dan mengatur negara sesuka hati.

Advertisement
NamaTropico
Total Download10 Ribu+
Ukuran23 MB (2.5 GB Total)
Ditawarkan olehFeral Interactive
Rating Google Play4.2
HargaRp229.000

17. The Escapist 2

Game Sulit - The Escapist 2

Seperti judulnya, The Escapist menawarkan kalian sensasi untuk melarikan diri, kali ini melarikan diri dari penjara. The Escapist 2 mampu menawarkan sensasi pembobolan penjara yang dapat kalian rencanakan secara sempurna.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menyuap penjaga atau menyebabkan kerusuhan dalam penjara. Di dalam game ini, ada 5 tipe penjara untuk dipilih melarikan diri, mulai dari penjara yang biasa hingga penjara dengan keamanan maksimum.

Advertisement

Selain bermain sendiri, kamu juga bisa bermain bersama-sama teman lewat local multiplayer. Tidak ketinggalan cek juga The Escapist pertama yang tidak kalah luar biasanya.

NamaThe Escapist 2
Total Download100 Ribu+
Ukuran60 MB (330 MB Total)
Ditawarkan olehTeam 17 Digital Limited
Rating Google Play4.3
HargaRp129.000

18. ROME: Total War

Game Strategi Perang Terbaik - ROME Total War

Dalam game ROME: Total War, kalian akan diajak untuk kembali ke tahun 270 sebelum masehi.

Ada 19 faksi yang dapat dipilih dan tujuan kalian dalam game ini adalah menaklukkan segalanya, terlepas dari faksi apa yang kalian pilih, entah itu Mesir, Makedonia atau Romawi.

Namun sebenarnya ROME: Total War tidak melulu soal perang yang kejam, kalian juga harus memperhatikan urusan politik, agama, ekonomi dan peradaban.

ROME: Total War dibuat oleh Feral Interactive yang juga membuat game strategi terbaik lainnya di Android maupun PC, seperti Tropico dan seri Total War lainnya.

NamaROME: Total War
Total Download50 Ribu+
Ukuran45 MB (3 GB Total)
Ditawarkan olehFeral Interactive
Rating Google Play4.6
HargaRp189.000

Lihat juga daftar game terbaik lainnya :

Begitulah daftar game strategi Android terbaik yang dapat dicoba, pastinya game di atas keren dan juga seru.

Kamu dapat mendownloadnya secara langsung lewat Play Store atau mendownload file apk dari hasil pencarian Google. Sampai jumpa di artikel TutorAplikasi.com selanjutnya.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Bagikan :

2 thoughts on “Game Strategi Android Terbaik (Update 2020)”

Leave a Comment