Game Strategi Offline Terbaik Di PC (Update 2020)

Update :

Advertisement

Game Strategi Offline Terbaik di PC – Genre strategi ini banyak dinikmati oleh gamer yang biasanya menjadikan game sebagai hal yang sangat serius bagi mereka, bukan hanya sekedar bermain game untuk meluangkan waktu maupun bermain game untuk melepaskan stres.

Advertisement

Karena genre ini memang membutuhkan banyak waktu untuk berpikir dan memutuskan segala macam pilihan agar progres permainan tidak berakhir dengan bencana.

Di daftar kali ini, ada beragam game strategi yang bisa dikatakan sebagai yang terbaik seperti seri Civilization atau mungkin game strategi offline ringan Faster Than Light.

Advertisement

Game Strategi Offline PC Terbaik

1. Civilization V

Game Strategi Offline Terbaik Yang Wajib Dimainkan Di PC

Civilization V merupakan game strategi yang sudah populer sangat lama yakni sejak 1991. Dan salah satu seri terbaik dari game ini ialah Civilization ke 5. Game dengan genre strategi yang bisa dimainkan offline ini cukup kompleks

Jika kamu belum pernah memainkan seri Civilization sebelumnya, mungkin akan terasa kebingungan karenanya. Namun sekali kamu memainkannya, maka waktu di sekitar tidak akan terasa lagi bagimu.

Jika kamu belum tahu, game Civilization ini mewajibkanmu membangun suatu negara dari zaman purba hingga masa depan. Walaupun terdengar rumit, namun sebenarnya tidak terlalu karena kamu tidak diharuskan menjalankan semua pekerjaan kenegaraan.

Advertisement

Kamu di game ini hanya memutuskan beberapa hal untuk menjalankan suatu negara seperti teknologi yang akan dikembangkan, bangunan yang didirikan, prajurit yang dilatih, infrastruktur serta diplomasi dengan negara sebelah

Di awal mula permainan, kamu dapat memilih salah satu dari 18 kebudayaan yang sudah disediakan oleh game ini seperti Jepang, Amerika, Inggris, Cina, Jerman dan lain-lain.

Dan di setiap kebudayaan tersebut, ada keunikan tersendiri yang membuat mereka berbeda. Sebagai contohnya, Inggris yang memiliki keunggulan di bidang kelautan atau Jepang yang memiliki militer yang kuat serta prajurit khusus “Samurai”.

Dengan semua keunikan yang didapatkan, game ini bisa kamu mainkan berkali-kali dengan metode yang berbeda-beda juga tanpa merasa bosan.

Minimum system requirements Civilization V:

CPUIntel Core 2 Duo 1.8 GHz atau AMD Athlon X2 64 2.0 GHz
RAM2 GB
OSWindows XP SP3/ Windows Vista SP2
VGA256 MB ATI HD2600 XT, 256 MB nVidia 7900 GS atau Intel HD 3000
Storage8 GB

2. Stardew Valley

Game mirip harvest moon

Stardew Valley merupakan game yang terinspirasi dari game legendaris Harvest Moon. Yang membuatnya spesial ialah game ini dibuat oleh seorang fans dari Harvest Moon, jadinya ia begitu tahu keinginan para fans lainnya dari game sejenis Harvest Moon

Advertisement

Meskipun dibuat oleh satu orang saja, Stardew Valley ini menerima respons yang cukup baik dari para player dengan mencatatkan penjualan sebesar 400.000 copy selama tiga minggu pertamanya.

Karena dibuat oleh fans dari Harvest Moon, game ini tentunya memiliki gameplay yang agak mirip namun terasa baru dan lebih variatif serta banyak rahasia yang tersembunyi seperti halnya Harvest Moon sendiri.

Walaupun grafiknya hanya 2D sederhana, namun mampu ditampilkan dengan detail bagus dan membuat dunia yang ditampilkan menjadi lebih hidup.

Kamu akan mendengar suara sungai mengalir serta burung-burung yang menyanyi bahkan sayuran pun akan bergoyang ketika tersenggol. Dalam game Stardew Valley ini, kamu akan berperan sebagai pegawai kantoran yang sudah jenuh akan pekerjaannya sehingga pergi ke desa.

Minimum system requirements Stardew Valley:

CPU2 GHz CPU
RAM2 GB
OSWindows 7
VGA256 MB video memory, Shader model 3.0+
Storage500 MB

3. XCOM 2

Game Strategi Offline Terbaik

Bagi penggemar game dengan genre taktik dan strategi, melewatkan XCOM 2 merupakan suatu dosa tersendiri karena bisa dibilang game ini merupakan salah satu game terhebat di genre taktik.

Advertisement

Walaupun ada embel-embel 2, namun sebenarnya seri ini merupakan yang ketiga dari franchise XCOM setelah yang pertama berjudul XCOM: Enemy Unknown dan kedua berjudul XCOM: Enemy Within.

XCOM 2 ini masih bercerita tentang pertanyaan yang paling membuat penasaran seluruh orang di dunia yakni “Apakah alien itu ada? Apakah kita cuma sendirian di dunia?” .

Dan benar, di game ini kamu akan bertarung dengan alien yang menginvasi Bumi dengan kekuatan militer mereka yang lebih canggih daripada milik kita.

Kualitas grafik dari game ini sudah termasuk yang terbaik saat itu, tepatnya pada tahun 2016 lalu. Gameplay dari seri kedua ini masih sama seperti yang pertama namun ada tambahan beberapa ekspansi dan fitur lainnya yang lebih menantang serta bervariasi.

Minimum system requirements XCOM 2:

CPUIntel Core 2 Duo E4700 2.6 GHz atau AMD Phenom 9950 Quad Core 2.6 GHz
RAM4 GB
OSWindows 7 64-bit
VGA1GB ATI Radeon HD 5770 atau 1GB NVIDIA GeForce GTX 460
Storage45 GB

4. Total War: Shogun 2

Game Strategi Offline Terbaik Yang Wajib Dimainkan Di PC

Jika kamu pernah mendengar nama Total War sebelumnya, maka bisa dipastikan bahwa kamu merupakan penggemar sejati dari game perang strategi offline seperti ini.

Advertisement

Game ini memfokuskan dirimu untuk memperjuangkan Daimyo yang kamu kendalikan agar memenangkan perang dan menjadi Shogun yang merupakan pemimpin dari seluruh kekaisaran Jepang.

Total War: Shogun 2 dibangun secara serius oleh SEGA hingga memperhatikan faktor Bushido serta kehormatan untuk prajuritnya.

Game ini benar-benar akan memakan waktu sosial yang kamu punyai karena sedikit saja kamu salah mengambil keputusan, maka prajurit milikmu bisa kehilangan kepercayaan ke Daimyo yang kamu kendalikan.

Selain itu, manajemen dari game ini sangat kompleks hingga membutuhkan waktu agak lama sebelum kamu benar-benar menguasainya serta komputer dengan spesifikasi yang lumayan agar dapat memainkannya secara lancar.

Minimum system requirements Total War: Shogun 2:

CPU2 GHz Intel Dual Core processor atau 2.6 GHz Intel Single Core processor atau AMD yang setara
RAM1 GB RAM (XP), 2 GB RAM (Vista / Windows7)
OSWindows XP/ Vista/ 7
VGA256 MB DirectX 9.0c compatible graphics card (shader model 3)
Storage20 GB

5. FTL

FTL: Advanced Edition

FTL yang merupakan singkatan dari Faster Than Light adalah sebuah game real time strategi di PC yang dapat dimainkan secara offline dan dirilis oleh studio bernama Subset Games.

Advertisement

Sebenarnya game ini pertama rilis pada tahun 2012 lalu mendapat update yang besar pada tahun 2014, bahkan sang developer sampai mengganti nama gamenya menjadi FTL: Advanced Edition mempertimbangkan besarnya perubahan kedua versi.

D update terbaru tadi, FTL juga dibawa ke dunia mobile yakni menuju iOS dengan optimasi terhadap kontrol layar sentuh. Di dalam game ini, kamu mengontrol sekelompok kru pesawat untuk melarikan diri dari invasi pengkhianat dan tentu saja perjalanan ini tidak akan mudah.

Karena kamu bakal berpindah antar planet ke planet lainnya, dan di setiap planet akan ada kemungkinan munculnya sesuatu seperti menemukan sekelompok bajak laut luar angkasa atau terkadang bisa menemukan sebuah stasiun luar angkasa yang sedang diserang.

Event-event random ini menjadi daya tarik tersendiri bagi FTL karena kamu hampir pasti tidak pernah menduga apa yang akan terjadi di suatu planet yang sedang kamu singgahi.

Minimum system requirements FTL:

CPU2 GHz CPU
RAM1 GB
OSWindows XP/ Vista/ 7
VGAOpenGL 2.0 Support, and recommended dedicated graphics card with 128 MB of RAM
Storage175 MB

6. Company of Heroes 2

Game Strategi Offline Terbaik Yang Wajib Dimainkan Di PC

Company of Heroes merupakan game dengan genre strategi yang sudah dikenal sepak terjangnya sejak tahun 2006. Dan semenjak itu, banyak game yang dirilis menggunakan nama Company of Heroes, ke semua judul tersebut hampir pasti menduduki peringkat 10 besar sebagai game strategi terbaik.

Advertisement

Dan pada seri kedua, game strategi ini akan berfokus pada peperangan antara Jerman dan Rusia. Di game ini, kamu seperti belajar sejarah dengan bermain game karena cerita yang diusung menyerupai kejadian yang memang terjadi di dunia nyata

Sebagai contohnya adalah kekalahan Jerman yang diakibatkan oleh cuaca sampai cerita heroik para prajurit Rusia dan para snipernya. Di dalam game ini terdapat tiga mode yang bisa kamu mainkan, yaitu mode Campaign, Skirmish dan Theater of War.

Di mode Campaign, kamu akan disuguhi cerita utama dalam game dan dibagi-bagi menjadi beberapa episode, sedangkan mode Skirmish memungkinkan kamu bermain bersama teman menggunakan LAN atau juga bermain melawan AI.

Sedangkan di mode Theater of War, kamu dapat bermain bersama lewat fitur multiplayernya, selain itu di mode ini kamu juga bisa bermain sendiri dengan beragam tantangan yang sudah disediakan.

Minimum system requirements Company of Heroes 2:

CPU2 GHz Intel Core 2 Duo atau AMD yang setara
RAM2 GB
OSWindows Vista/ 7
VGA256 MB Direct3D 10 capable video card (GeForce 8800 or Radeon HD 2900)
Storage30 GB

7. Command & Conquer: Generals

game strategi perang offline pc

Command & Conquer bisa dikatakan sebagai inspirator bagi game dengan genre yang sama, yakni RTS ( Real Time Strategy ). Selama dirilis, Command & Conquer selalu terhubung dalam tiga universe yaitu Tiberium, Red Alert dan General yang dirilis secara bergantian oleh developernya, Westwood.

Advertisement

Untuk masalah gameplay, game ini sama seperti game strategi lainnya seperti kamu dapat membuat markas yang digunakan untuk menciptakan prajurit-prajurit.

Selain misi itu, ada juga misi lainnya yang bisa kamu lakukan seperti menyelamatkan seorang rekan yang disandera, menghancurkan basis musuh, dan ada juga misi spesial sendirian memasuki wilayah musuh.

Salah satu hal menarik dari seri yang pertama ini adalah hadirnya FMV ( Full Motion Video ) yang terhitung sangat bagus dikala itu. Selain itu soundtracks dari seri ini juga sangat memorable sehingga kamu akan selalu mengingatnya setiap saat.

Minimum system requirements Command & Conquer: Generals:

CPUPentium III or Athlon
RAM128 MB
OSWindows 98/ ME/ 2000/ XP
VGA32 MB video card with Hardware T&L (GeForce2+ / Radeon 7500+)
DirectX versionDirectX(R) 8.1
Storage1.8 GB

8. Age of Empires II

Game Strategi perang perangan pc offline

Membicarakan game strategi terbaik namun tidak menyertakan Age of Empires merupakan hal yang tidak dapat diterima karena game ini tidak bisa dibantah menjadi game dengan strategi terpopuler sepanjang sejarah.

Walaupun game ini sudah berusia tua, Microsoft sebagai developer sekaligus pubishernya masih peduli terhadapnya dengan beragam ekspansi.

Advertisement

Bahkan,Microsoft secara resmi mengumumkan seri keempatnya selain itu, seri kedua dan ketiganya juga akan menjalani proses Remastered. Tidak ada hal lain lagi yang harus saya sampaikan selain kamu harus memainkannya sekarang juga jika belum.

Tidak hanya seri Age of Empires II, kamu seharusnya main kesemua seri Age of Emipres jika sempat.

Minimum system requirements Age of Empires II:

CPU1.2 GHz CPU
RAM1 GB
OSWindows XP/ Vista/ 7
VGADirect X 9.0c Capable GPU
DirectX versionDirectX(R) 9.0
Storage2 GB

Begitulah daftar game strategi pc offline dan ringan terbaik yang bisa kamu mainkan di laptop atau PC.

Selain itu, saya juga sudah sediakan daftar serupa untuk game RPG ringan terbaik PC serta terdapat juga daftar game FPS ringan untuk PC. Selamat mencoba game-game di atas dan sampai jumpa di artikel TutorAplikasi.com selanjutnya.

Advertisement

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur