Game Survival Terbaik di PC (Update 2020)

Advertisement

Selain genre FPS dan RPG yang begitu populer, genre Survival menyimpan sebuah ‘senjata’ yang mampu menjadikannya unik. Game dengan genre Survival menjadi genre game dengan tuntutan yang insten agar para player terus bertahan hidup. Ada banyak sekali game Survival terbaik di PC yang bisa menjadi pilihan.

Walaupun genre survival terkesan selalu menuntut, namun hal itulah yang menjadikan kita untuk ketagihan selalu memainkan game genre ini karena pada dasarnya bertahan hidup sudah menjadi bagian dari hari-hari kita.

Game Survival Terbaik di PC - TutorAplikasi

Saat ini, game Survival sudah lebih modern dengan meleburkan beberapa elemen-elemen genre lainnya seperti Strategy, Sandbox dan RPG, jadi dalam daftar ini kamu bakal menemukan banyak game Survival dengan campuran genre lainnya, cukup sulit untuk menemukan game Survival murni.

Game Survival Terbaik di PC

1. The Long Dark

game survival fps terbaik - the long dark

Hutan belantara yang luas dan daratan yang diselimuti salju adalah dua hal yang menjadikan suatu tempat menjadi tidak kenal kompromi. Dalam The Long Dark, kamu dibiarkan di dunia beku ini untuk mencari tempat berlindung sambil mencari persedian untuk bertahan hidup.

Selain itu, kamu juga diharuskan untuk menjaga agar tubuh tetap hangat di atas daratan bersalju ini. The Long Dark berpegang teguh pada dasar-dasar bertahan hidup di tempat yang keras ini.

Seperti contohnya kamu harus teliti mengenai kebutuhan dasar manusia, lalu seberapa jauh kamu akan melakukan perjalanan, seberapa banyak makanan yang harus dikonsumsi, berapa banyak waktu yang kamu miliki sebelum gelap dan selalu memiliki rencana untuk hal-hal yang tidak diinginkan seperti badai salju yang bisa menerjang secara tiba-tiba.

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core Intel i5 @2.5GHz
RAM4 GB
VGA512 MB VRAM
Storage7 GB
Download The Long Dark di : Steam

2. Subnautica

game survival bawah laut

Subnautica menawarkan sebuah pengalaman game Survival yang cukup unik, di sini kamu bakal terjebak di planet dengan hanya lautan yang terlihat sepanjang mata memandang.

Kamu diharuskan mencari sumber daya dan makanan dengan cara menyelam di dalam lautan dan akhirnya membangun sebuah ‘rumah’ di dalam laut. Bahaya di dalam lautan bisa datang dari segala arah, yang paling terasa tentu saja kadar oksigen yang harus selalu kamu jaga.

Selagi kamu menjelajahi suatu area yang baru, kamu bakal menemukan banyak sekali hal yang menarik seperti rumput laut yang membentuk seperti hutan belantara, gua-gua bawah air atau ikan-ikan raksasa yang mungkin melihat kamu sebagai camilan mereka.

Sebenarnya Subnautica bukanlah game selalu menuntut untuk mengisi perut dan udara untuk bernafas, kamu sebenarnya bisa bertahan hidup di dunia ini dengan cukup santai sambil menikmati indahnya kehidupan bawah laut.

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core @2.5GHz
RAM4 GB
VGA1 GB VRAM
Storage20 GB
Download Subnautica di : Steam atau Epic Game Store

3. Don’t Starve

game survival pc ringan

Seperti judul game ini, kelaparan adalah kekhawatiran yang bakal terus-menerus kamu rasakan di Don’t Starve. Namun urusan perut bukan satu-satunya yang harus kamu hadapi karena berbagai ancaman lain hadir di setiap sudut dalam game.

Misalnya burung raksasa, lebah pembunuh atau babi mutasi selalu siap untuk mengirim kamu ke dalam liang lahat. Bahkan pikiranmu juga bisa menjadi ancaman tersendiri karena halusinasi bayangan palsu yang serangannya ternyata cukup nyata dan mematikan.

Seperti game survival terbaik lainnya, kamu memulai hari di Don’t Starve dengan mencari makanan dan membangun alat sederhana. Setelah itu, dengan ilmu pengetahuan milikmu dan alkimia, kamu memulai membangun tempat isirahat yang bisa disebut rumah untuk menjaga dari hal yang lebih berbahaya saat hari gelap mulai datang.

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core @1.7 GHz
RAM1 GB
VGA256 MB VRAM
Storage500 MB
Download Don't Strave di : Steam

4. RimWorld

RimWorld

RimWorld memungkinkan kamu untuk membentuk koloni demi bertahan hidup di dunia yang keras. Di sini kamu akan menghadapi berbagai rintangan seperti serangan perampok, penyakit, narkoba, binatang buas atau pertikaian sesama koloni. Di tempat yang keras ini, kamu membutuhkan banyak sekali pekerjaan agar koloni tetap hidup, seperti dokter dan pemburu.

Game ini sangat berat karena kita harus menjaga setiap individu di dalam koloni agar mendapatkan cukup makanan dan tetap produktif. Kamu pasti tidak mau jika satu-satunya pemburu dalam kolonimu sedang sakit sedangkan dokter dalam kolonimu ternyata sedang kelaparan.

Dengan pemburu yang terluka, maka suplai makanan bakal berkurang drastis, sedangkan dokter yang bisa mengatasi luka tersebut juga sedang kesulitan karena tidak mendapatkan cukup makanan, situasi yang pastinya tidak ingin terjadi pada kolonimu.

Ada banyak sekali potensi kegagalan selain dua skenario di atas, namun setiap kegagalan yang terjadi, kamu tidak akan pernah bosan untuk terus memulai RimWorld lagi dan lagi.

Advertisement

Minimum System Requirements:

CPUCore 2 Duo
RAM4 GB
VGA256 MB VRAM
Storage500 MB
Download RimWorld di : Steam

5. Raft

game survival unik

Jika game survival lainnya menawarkan dunia yang dipenuhi dengan zombie atau makhluk buas lain, Raft memberikan pengalaman baru dengan mengusir kamu ke laut.

Namun bukan di bawah laut seperti Subnautica, Raft membuatmu terperangkap di atas rakit, mirip seperti film Life of Pi. Kekhawatiran yang harus kamu hadapi selain kelaparan di tengah samudra adalah hiu ganas yang siap merusak rakit yang sudah susah-susah kamu bangun.

Rakit yang kamu miliki memang tidak hanya terbatas bangunan horizontal saja, namun kamu juga bisa membuatnya vertikal dengan memberi ruangan bertingkat selayaknya istana.

Kamu bakal menemukan banyak pulau untuk dijelajahi demi mencari sumber daya demi mengembangkan rakit milikmu atau sekadar mencari makanan untuk mengisi perut.

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core @2.6GHz
RAM4 GB
VGA1 GB VRAM
Storage3 GB
Download Raft di : Steam

6. The Forest

game survival di hutan

Jika kamu menginginkan nuansa game Survival dengan elemen horror, maka The Forest wajib kamu mainkan. Game ini bercerita tentang kamu yang terdampar di suatu pulau misterius dengan suku kanibal yang menakutkan.

Selain berjuang untuk bertahan hidup di belantara hutan dengan mencari makan, minum dan membangun bangunan sederhana sebagai tempat tinggal, kehadiran suku kanibal ini menjadikan elemen horror dari The Forest lebih terasa.

Bahkan ketika malam tiba, suku ini menjadi lebih berani dalam mendekatimu dan bersiap menjadikan kamu sebagai makan malam mereka.

The Forest sebenarnya sudah dirilis sejak semenjak 2014 dengan masa beta dan memasuki versi final dengan dirilis di Windows dan PS4 pada tahun 2018. Sekuelnya yang berjudul Sons of the Forest juga sudah masuk dalam tahap pengembangan.

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core @2.4GHz
RAM4 GB
VGA512 MB VRAM
Storage5 GB
Download The Forest di : Steam

7. ASTRONEER

game survival luar angkasa

Jika kamu sudah capek bermain game survival yang sulit, maka luangkan waktu sejenak untuk mencoba Astroneer. Dengan mengambil tema luar angkasa, Astroneer mengajak kamu untuk melakukan ekspedisi ke planet yang cantik

Game ini cukup berbeda dengan game survival terbaik lainnya karena menawarkan tingkat kesulitan yang sangat rendah. Satu-satunya yang patut kamu khawatirkan adalah ketersediaan oksigen.

Ada alasan tersendiri mengapa game ini cukup mudah karena pada dasarnya, cerita dalam game adalah tentang kamu yang seorang ilmuwan sedang mempelajari dunia baru dan mulai mengembangkan pos-pos yang ditujukan untuk proses penelitian.

Dengan menggunakan roket, kamu bisa menjelajahi planet-planet lain dan membangun pos di sana serta mencari sumber daya dan ilmu pengetahuan yang baru.

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core @2GHz
RAM4 GB
VGA1 GB VRAM
Storage2 GB
Download ASTRONEER di : Steam

8. Green Hell

game survival horor

Jika kamu sudah mencoba The Forest dan menyukai dunia yang ada di dalamnya, kamu harus memainkan Green Hell. Game ini berlatar belakang di hutan Amazon dengan suku yang masih misterius di dalamnya.

Dibandingkan dengan The Forest, kami rasa Green Hell lebih susah karena kamu tidak memiliki banyak informasi tentang apa saja yang ada di dalam hutan Amazon. Kamu bisa saja terbunuh dengan mudah jika makan buah yang beracun atau terkena patokan ular berbisa tanpa memiliki obatnya.

Green Hell bercerita tentang kamu dan kekasihmu yang berada di pedalaman hutan demi mempelajari suku misterius di dalamnya, namun pada suatu malam tiba-tiba kamu mendapati dirimu lari dari sesuatu dan jatuh ke dalam jurang lalu tidak ingat apa yang terjadi.

Dengan bantuan radio, kamu mencoba mencari kekasihmu dan keluar dari hutan.

Advertisement

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core @3.2 GHz
RAM4 GB
VGA2 GB VRAM
Storage8 GB
Download Green Hell di : Steam

9. This War of Mine

game survival perang

This War of Mine berlatar belakang tentang kejadian perang, namun berbeda dengan game perang lain yang biasanya berdasar dari perspektif seorang prajurit, This War of Mine mengambil perspektif sekelompok warga sipil yang mencoba bertahan hidup di tengah kekacauan perang.

Nah, tugasmu di sini adalah mengatur kehidupan para sekelompok warga ini agar bisa bertahan. Ada banyak sekali yang perlu dikhawatirkan seperti makanan, bahan bakar, alat perbaikan, obat-obatan dan kesehatan mental dari para warga.

Saat siang hari adalah waktu untuk mengelola sekelompok warga ini dan ketika malam tiba, kamu dapat memilih beberapa orang untuk keluar demi mencari obat atau makanan yang mungkin tersisa di reruntuhan gedung dalam kota.

This War of Mine memang menceritakan sisi mengerikan dari perang, baik dari sisi fisik maupun mental.

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core @2.4GHz
RAM2 GB
VGA512 MB VRAM
Storage1.5 GB
Download This War of Mine di : Steam atau Epic Game Store

10. Frostpunk

game survival grafik bagus

Lahir dari 11 bit Studios, studio indie yang membuat salah satu game survival terbaik, This War of Mine, gameplay dari Frostpunk mungkin sudah berhasil kamu tebak.

Namun berbeda dengan This War of Mine yang menjadikan perang sebagai latar belakangnya, Frostpunk hadir dengan dunia di mana musim dingin datang berkepanjangan dan seakan-akan tidak akan berakhir.

Dengan musim dingin yang ekstrem, bahan pangan yang ada tidak lagi mampu untuk mencukupi kebutuhan manusia dan memaksa manusia untuk mengeksplorasi tempat yang memungkinkan untuk ditinggali.

Salah satu yang membuat game ini menarik selain gameplay yang disusung adalah efek visual yang mempesona sehingga kamu bakal betah memainkannya selama beberapa jam. Jika kamu mencintai game survival dengan elemen simulasi membangun kota, maka Frostpunk wajib kamu coba.

Minimum System Requirements:

CPUDual-Core @3.2 GHz
RAM4 GB
VGA2 GB VRAM
Storage8 GB
Download  Frostpunk di : Steam 
Advertisement

11. Terraria

game ringan terbaik

Jika game survival lainnya terkesan memaksakan hal yang repetitif kepada kamu seperti mencari makan atau minum, maka Terraria menawarkan sesuatu yang berbeda.

Terraria akan meminta kamu untuk selalu mengeksplorasi demi mencari peralatan yang lebih baik, senjata yang lebih baik atau membangun beragam struktur bangunan demi menjadikannya rumah yang lebih nyaman untuk ditinggali NPC.

Alasan mengapa game yang sudah berumur hampir 10 tahun ini tetap eksis hingga saat ini adalah developer dari Terraria, yakni Re-Logic tidak pernah gagal dalam membuat para player selalu merasa ketagihan mencoba hal baru.

Kamu mungkin bakal menghabiskan beberapa jam di Wiki untuk mencari tahu bagaimana cara membuat beberapa peralatan atau bangunan unik di dalam game. Selain itu, kehadiran bos dalam game yang sulit untuk ditaklukan menjadi tantangan tersendiri agar selalu berkembang.

Minimum System Requirements:

CPU2 GHz processor
RAM2.5 GB
VGA128 MB VRAM
Storage200 MB
Download Terraria di : Steam

Nah itu dia daftar game Survival terbaik di PC atau laptop yang wajib kamu coba. Game-game di atas juga bisa kamu mainkan dengan mode offline. Selain game Survival, TutorAplikasi juga menyediakan beberapa daftar game terbaik lainnya yang bisa kamu akses di bawah ini :

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Bagikan :

2 thoughts on “Game Survival Terbaik di PC (Update 2020)”

Leave a Comment