Tips Bermain Fortnite Untuk Pemula (Update November 2018)

Last Updated on

Tips Bermain Fortnite Mobile untuk Pemula

Tips Bermain Fortnite Mobile

Tips Bermain Fortnite: Battle Royale Untuk Pemula ​- Game dengan genre Battle Royale memasuki masa keemasannya pada tahun 2017 lalu dan hingga saat ini kepopulerannya masih terus berlanjut dengan hadirnya mode Battle Royale di game dengan genre lain. Salah satu game yang mempelopori tingginya popularitas dari Battle Royale adalah PlayerUnknown’s Battleground atau populer dengan singkatan PUBG.

Semenjak kesuksesan PUBG yang tidak di duga – duga tersebut, banyak bermunculan game – game sejenis dengan judul berbeda. Salah satunya yang paling populer adalah Fortnite Battle Royale. Bahkan popularitas dari Fortnite berhasil mengalahkan PUBG jika dilihat dari jumlah pemain aktif di Steam.

Salah satu faktor kuat yang mungkin membuat hal itu terjadi adalah Fortnite yang dilepas secara gratis oleh Epic Games, sedangkan untuk memainkan PUBG, kita diwajibkan untuk membelinya terlebih dahulu. Walaupun pada akhirnya PUBG dirilis secara gratis, setidaknya untuk versi Mobile.

Kini, Epic Games selaku pengembang game Fortnite Battle Royale kembali mengikuti jejak PUBG​ dengan merilis Fortnite Mobile untuk perangkat Mobile seperti Android dan iOS. Namun hingga saat ini masih belum pasti kapan game Fortnite Mobile akan rilis di Android, sedangkan versi iOS sendiri sudah dapat didownload melalui AppStore.

Yang menarik dari Fortnite Mobile ini adalah jika sobat sebelumnya sudah punya akun Fortnite Battle Royale, maka akun tersebut dapat digunakan untuk versi mobile. Dengan itu, sobat dapat melanjutkan progres game dari versi PC / konsol ke dalam Mobile.

Namun jika sobat adalah pemain baru, tidak perlu kuatir karena disini akan saya berikan tips – tips bermain Fortnite Mobile untuk pemula untuk cepat jago bermain. Namun sebelumnya mari kita melihat terlebih dahulu perbedaan antara game PUBG dan Fortnite untuk sekedar adaptasi jika sebelumnya sobat adalah player PUBG yang ingin berganti atau mencoba Fortnite Mobile.

Perbedaan Antara PUBG dan Fortnite

Walaupun PUBG dan Fortnite sama – sama mengusung genre Battle Royale, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan mencolok. Salah satunya adalah grafis yang sangat berbeda sebab grafis PUBG merefleksikan dunia nyata, sedangkan Fortnite grafiknya cenderung seperti animasi.

1. Persiapan Terjun ke Map

Kedua game terlihat sama saat proses persiapan, namun pada saat terjun akan ada perbedaan mencolok. Dalam Fortnite, ketika terjun, sobat dapat bergerak ke arah map yang lebih jauh daripada di PUBG.

2. Crafting

Inilah perbedaan gameplay yang paling mencolok antara PUBG dan Fortnite. Dalam Fortnite, sobat dapat crafting atau membuat objek tertentu seperti atap, tangga, dinding dan lain – lain. Crafting menjadi sangat vital dalam Fortnite karena dapat dimanfaatkan baik untuk menyerang atau ketika bertahan

Baca Juga :  Lokasi Pendaratan Terbaik Map Sanhok PUBG demi Chicken Dinner

3. Mekanisme Shooting

Perbedaan dalam mekanisme menembak dalam kedua game ini sangat berbeda. Jika dalam PUBG, mekanisme ini lebih terasa real karena mengharuskan timing serta aim yang bagus. Sedangkan di Fortnite, timing dan aim tidak terlalu penting karena kebanyakan yang terjadi adalah peluru yang selalu keluar dari senjata secara terus menerus.

4. Slot Senjata

Dalam PUBG, terdapat tiga slot untuk senjata, yakni primary weapon, secondary weapon dan sidearm. Sedangkan Fortnite terdapat 5 slot senjata yang bisa diisi dengan semua jenis, misalnya sobat ingin menggunakan 5 pistol sekaligus atau 5 shotgun atau mix keduanya dan lain – lain.

5. Grafis

Sudah tidak perlu saya jelaskan lagi, terlihat sangat jelas perbedaan grafis antar kedua game ini. Itulah beberapa perbedaan antara PUBG Mobile dan Fortnite Mobile, kali ini kita langsung menuju tips bermain Fortnite Mobile.

Tips Bermain Fortnite: Battle Royale untuk Pemula

Baiklah, saat ini kita langsung saja masuk ke sajian utama dalam artikel ini, yakni tips bermain Fortnite bagi pemula menurut tim TutorAplikasi.com.

1. Pelajari Kontrol dalam Game

Tips Bermain Fortnite Mobile untuk Pemula

Kontrol dalam game

Oleh karena akun dari versi PC atau konsol dapat dimainkan di versi Mobile, ini menandakan bahwa Fortnite di Mobile akan memiliki hal yang sama persis seperti di platform lain. Dan kontrol adalah salah satu yang paling menonjol sebab kali ini sobat harus menggunakan touchscreen ponsel, bukan lagi keyboard dan mouse atau gamepad.

Saya rasa, bahkan para pemain veteran Fortnite Battle Royale diwajibkan untuk kembali menguasai kontrol di Fortnite Mobile. Dalam Fortnite, kontrol akan dibagi menjadi dua mode, yakni Combat Mode dan Build Mode.

Yang pertama adalah Combat Mode, sebelah kiri layar ponsel terdapat virtual joystick yang digunakan untuk menggerakkan karakter. Sedangkan sisi kanan digunakan untuk menggerakkan kamera atau aim ke target, lalu cara menembak senjata adalah dengan cara menekan dimana saja pada layar bagian kanan.

Bagian kanan layar juga terdapat beberapa tombol tambahan seperti melompat dan jongkok. Agak ke tengah sedikit, terdapat tombol dengan ikon rambut yang bisa digunakan untuk aim senjata yang lebih baik. Sobat dapat mengganti senjata atau item yang lain dengan cara membuka inventory yang ditandai dengan ikon tas.

Di sebelah ikon tas, terdapat tombol kecil yang digunakan untuk reload senjata. Kemudian ada tombol kecil di bagian kanan bawah untuk merubah kontrol ke Build Mode.

Untuk membangun objek dalam Build Mode, pilih objek yang ingin dibuat pada toolbar, sobat dapat memilih menggunakan material kayu, batu atau metal untuk pembuatan struktur yang diinginkan.

Jika sudah memilih, maka sobat dapat mengatur letak serta model yang akan dibangun melalui tombol Rotate di sebelah kanan. Setelah selesai, maka klik tombol Place untuk membangun struktur tersebut.

Baca Juga :  Cara Mudah Root Samsung Galaxy J7+ SM-C710 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

2. Autorun 

Tips Bermain Fortnite Mobile untuk Pemula

Run, run, run !

Ketika sobat berada di sebuah daratan yang luas tanpa tempat sembunyi, maka gunakan fitur autorun untuk pergi dari wilayah yang berbahaya tersebut. Walaupun eksplorasi memang menarik, namun jika kita berada di tempat yang terbuka maka kemungkinan untuk diserang oleh lawan menjadi lebih besar.

Untuk cara lari di Fortnite, klik dua kali tombol virtual joystick untuk mengaktifkannya, kemudian tekan kembali tombol virtual joystick untuk menonaktifkannya.

3. Perhatikan Suara yang Terdengar

Tips Bermain Fortnite Mobile untuk Pemula

Perhatikan sekeliling

Dalam semua game Battle Royale, kemampuan mendengar adalah hal yang wajib demi menjadi yang terakhir bertahan. Dengan pendengaran yang bagus, maka sobat dapat mengetahui jika terdapat lawan yang sedang mendekat serta arah dimana lawan tersebut berada.

Selain itu, arah sumber tembakan pun dengan mudah diketahui jika kita bisa lebih fokus pada suara. Oleh karena itu lebih baik gunakan headphone ketika bermain.

4. Perhatikan Map

Tips Bermain Fortnite Mobile untuk Pemula

Perharikan map

Selain suara, ada beragam indikator di map yang berarti menandakan sesuatu. Jika terdapat indikator api maka disana terdapat lawan yang sedang menembak, kemudian indikator jejak kaki menandakan ada lawan yang mendekat. Lalu indikator kotak peti menandakan disekitar terdapat kotak yang berisi item langka.

Selain itu, perhatikan juga lingkaran dalam map, usahakan agar selalu berada dalam lingkaran tersebut. Sama seperti PUBG, berada di luar lingkaran (play zone) terlalu lama akan membuat karakter sobat mati.

Namun di Fortnite ini, wilayah di luar play zone diibaratkan terdapat badai yang efeknya sama, yakni membuat karakter kita mati.

5. Belajar Crafting

Tips Bermain Fortnite Mobile untuk Pemula

Crafting

Seperti yang sudah saya jelaskan di perbedaan PUBG dan Fortnite, crafting adalah salah satu fitur paling berbeda diantara kedua game. Crafting juga menjadi bagian yang vital demi mencapai Victory Royale dalam Fortnite Mobile. Oleh sebab itu, Build Mode menjadi salah satu hal yang wajib dipelajari dan juga harus cepat dikuasai.

Kecepatan dalam membangun serta pemilihan objek yang tepat dapat menetukan seberapa besar peluang kita untuk menjadi yang terakhir bertahan. Saat pertama terjun, maka sobat akan diberi sebuah pickaxe yang digunakan untuk mengambil material crafting yang terdiri dari kayu, batu dan metal.

Hampir semua objek yang terdapat di dalam game bisa dihancurkan demi mendapatkan material ini. Namun sebaiknya sobat cepat dalam mengambil material craft di awal game demi menghindari badai yang akan datang.

Selain tips bermain Fortnite, tim TutorAplikasi.com juga menghadirkan tips lainnya seperti senjata Fortnite terbaik dan lokasi pendaratan terbaik Fortnite. So, langsung check saja ke artikel tersebut.

Itulah beberapa guide atau tips bermain Fortnite Mobile bagi pemula agar bisa dengan mudah mendapatkan Victory Royale. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Tips Bermain Fortnite Untuk Pemula (Update November 2018) | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!