Build Kaja Terbaik (Gear Item, Spell, Emblem) Agustus 2018

Last Updated on

Guide Kaja Mobile Legends

Guide Kaja Mobile Legends – Setelah mengeluarkan Chang’e di Advanced Server, tidak lama kemudian Moonton selaku pengembang game Mobile Legends kembali mengeluarkan hero baru. Kali ini hero itu bernama Kaja yang memiliki tubuh kurus berperawakan seperti burung.

Walaupun bodi dari Kaja terlihat kurus, hero ini masuk ke dalam role Tank / Support yang biasanya memiliki fisik besar. Jika di versi normal server Moonton akan mengeluarkan Uranus, maka bukan suatu kebetulan Kaja dirilis di Advanced Server. Kedua hero ini ternyata memiliki hubungan dalam latar belakang keduanya.

Jika Uranus adalah pelindung dari tempat keramat bernama Celestial Palace, maka Kaja adalah pelindung dari penguasa Celestial Palace. Diceritakan bahwa Kaja merupakan pemimpin dari pasukan bernama Nazar yang memiliki kekuatan elemen listrik.

Sebelum para penguasa pergi secara tiba – tiba, Kaja diberi perintah untuk mengusir kekuatan jahat dari Celestial Palace demi menyambut kedatangan para penguasa yang bisa saja datang secara tiba – tiba.

Tugasnya disini berbeda dengan Uranus yang bangkit setelah terjadi pertarungan memperebutkan Celestial Palace oleh orang – orang dari Land of Dawn. Dalam Advanced Server sendiri, Kaja bisa didapatkan dengan cara menukar 32.000 Battle POint atau membelinya seharga 599 Diamonds.

Skill Kaja Mobile Legends

Skill Pasif Kaja – Eye of the Storm

Guide Kaja Mobile Legends

Pada skill pasif ini, jika ada serangan yang didapatkan Kaja, maka Kaja akan mendapatkan tambahan Movement Speed sebesar 40%. Efek ini hanya berlangsung 1 detik dan memiliki cooldown selama 5 detik.

Skill 1 Kaja – Ring of Order

Guide Kaja Mobile Legends

Kaja akan mengeluarkan cincin di tubuhnya bernama Ring of Electricity, cincin tersebut dapat membesar dengan cepat hingga batas tertentu sebelum kembali ke tubuh Kaja lagi. Ketika cincin tersebut mengenai lawan, maka lawan akan terkena Magic Damager serta efek slow sebesar 30%.

Selain itu, jika mengenai lawan, maka Kaja akan menembakkan Lightning Bolt yang memberikan Magical Damage per detik kepada lawan terdekat. Damage dari skill ini akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Skill 2 Kaja – Gale Force

Guide Kaja Mobile Legends

Kaja bergerak dengan cepat ke arah yang sudah ditentukan, jika terkena lawan, maka lawan akan menerima Magical Damage. Namun jika pada saat bergerak tersebut Kaja menyentuh kawan, maka Kaja dapat bergerak beralih ke kawan tersebut sembari memberikan efek.

Efek tersebut adalah Shield sebesar 10% Max HP dan 15% Movement Speed baik untuk Kaja maupun kawan yang disentuh tadi. Skill ini bisa sangat berguna untuk berpindah lane atau sekedar untuk kabur dari lawan.

Skill Ultimate Kaja – Divine Judgement

Guide Kaja Mobile Legends

Kaja akan menarik hero lawan dengan cambuknya untuk memberikan Magical Damage. Selain itu lawan yang terkena cambuk Kaja ini akan menerima efek Disable (tidak dapat bergerak maupun mengeluarkan skill) selama 2 detik.

Setelah itu Kaja akan mencuri 15 Armor dan 10 Magic Resistant milik lawan yang ditariknya tadi kemudian dikalikan 2 sebelum akhirnya menjadi tambahan atributnya.

Tips Menggunakan Kaja Mobile Legends

Kaja merupakan hero Tank / Support yang memiliki spesialisai Initiator / Charge. Oleh sebab itu, cara menggunakan Kaja adalah dijadikan pembuka serangan. Ia yang bersenjatakan cambuk kilat dapat menarik lawan ke arahnya seperti salah satu skill yang dimiliki Franco, walaupun skill itu merupakan skill ultimate yang biasanya memiliki cooldown lama.

Kemudian sama seperti hero tank / support lainnya, untuk menggunakan Kaja lebih baik untuk sering berganti lane demi membantu kawan yang sedang kesulitan. Apalagi Kaja memiliki skill kedua yang bisa memberikan efek dash alias bergerak cepat ke arah yang ditentukan.

Selain itu, Kaja juga memiliki 2 skill CC, yakni efek slow dan disable yang sangat cocok untuk menghentikan pergerakan lawan. Selain itu, Kaja juga memiliki skill kedua yang bisa memberikan buff Shield kepada kawan, namun dapat juga memberikan damage kepada lawan tergantung pilihan sobat.

Untuk skill combo, Kaja dapat memulai dengan ulti untuk menculik lawan kemudian gunakan skill pertama. Namun sebenarnya, Kaja juga memiliki potensi untuk dapat menculik lawan yang lebih jauh dengan cara gunakan skill kedua terlebih dahulu untuk bergerak ke arah lawan yang diinginkan.

Build Item Terbaik Kaja Mobile Legends

Untuk build item yang cocok untuk Kaja mungkin agaknya sedikit membingunkan karena Kaja memiliki banyak potensi menjadi hero yang sangat bagus sesuai dengan build itemnya. Oleh karena itu, build item dibawah ini hanyalah pendapat pribadi dari penulis.

1. Clock of Destiny

guide mobile legends

Clock of Destiny menjadi pilihan yang sangat masuk akal dalam build tank karena dapat menambahkan HP serta Mana. Apalagi dengan skill pasif item ini dapat meregen sejumlah HP dan Magic Power serta Mana sangat cocok bagi hero tank magic seperti Kaja.

2. Boots of Tranquility

guide mobile legends

Menjadi item Boots yang wajib bagi para tank atau hero support. Selain menambah Movement Speed serta jumlah HP dan Mana Regen, item ini juga dapat menambahkan efek HP regen sebesar 10%.

3. Concentrated Energy

guide mobile legends

Sama seperti Thunder Belt, item ini sangat cocok digunakan untuk hero tank yang memiliki magic damage. Perbedaannya dengan Thunder Belt adalah Magic Power yang ditambahkan lebih besar namun item ini tidak memiliki tambahan Mana, Armor atau HP Regen seperti yang ada di Thunder Belt.

4. Demon’s Advent

guide mobile legends

Demon’s Advent dapat mengurangi jumlah serangan dari hero yang menyerang kita sebesar 6%. Efek ini dapat di tumpuk hingga 3 kali sehingga membuat serangan yang masuk ke hero tank kita menjadi lebih sedikit. Selain itu, Demon’s Advent juga menambah stat HP, Armor dan HP Regen yang cukup besar.

5. Bloodthirsty King

Guide Mobile Legends

Bloodthirsty King memberikan tambahan atribut HP yang sangat besar, yakni 1550. Item yang sangat cocok bagi hero tank yang membutuhkan survival,  selain itu terdapat juga efek pasif yakni Regen HP sebesar 20% setiap kali kill atau assist.

6. Immortality

guide mobile legends

Immortality menjadi salah satu item wajib bagi para tank, selain stat HP dan Magic Resistance yang cukup besar, item ini juga memiliki efek pasif yang unik. Efek tersebut ialah membuat hero kita menjadi bangkit kembali setelah mati. Pada sat bangkit ini, hero akan mendapatkan 15% HP dan Shield yang dapat menyerap damage sebesar 300 – 1000.

Shield tersebut dapat bertahan hingga 3 detik. Namun agar tidak menjadi terlalu over power, efek pasif tersebut memiliki cooldown yang cukup lama, yakni 180 detik.

Spell Terbaik Kaja Mobile Legends

Dengan kemampuan Kaja yang bisa bertindak sebagai tank maupun magic damage, maka Ability atau Battle Spell yang digunakan Kaja bisa beragam. Jika sobat build Uranus dengan rekomendasi di atas, maka lebih baik gunakan spell Petrify.

Namun jika sobat build Kaja dengan full Magic, maka gunakan spell Retribution demi farming yang lebih cepat.

Emblem Terbaik Kaja Mobile Legends

Sama seperti pemilihan Battle Spell, emblem yang digunakan Uranus juga sebaiknya sesuaikan dengan build gear yang digunakan. Jika seperti yang diatas, maka lebih baik gunakan emblem Tank, namun jika menggunakan build Mage, maka gunakan emblem Magical atau Mage.

Itulah guide untuk hero tank / support terbaru Mobile Legends, Kaja mulai dari skill, build item, cara penggunaan, spell serta emblem. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya.

Build Kaja Terbaik (Gear Item, Spell, Emblem) Agustus 2018 | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!