Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2018

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017

Harddisk Eksternal Terbaik – Laptop dan PC dari hari ke hari menjadi lebih kecil dan ringan, namun penyimpannya masih tetap sama. Dan di lain sisi, ukuran dari foto, video dan bahkan file musik menjadi lebih besar dan terus menerus besar karena resolusi yang besar saat ini menjadi tren tersendiri.

Dan di sisi lainnya lagi, SSD saat ini digunakan di banyak laptop generasi baru, walaupun penggunaan SSD ini merupakan hal yang bagus karena SSD menawarkan kecepatan yang lebih baik daripada HDD.

Namun karena harganya yang mahal, kebanyakan laptop hanya menyertakan SSD yang memiliki kapasitas terbilang kecil, sebut saja hanya 256 GB.

Apalagi jIka sobat seorang gamer, ukuran game – game baru saat ini sangat menggila sebab sudah menyentuh angka dua digit GB, yakni sekitar 40 GB per judul game besar.

Jika satu game saja dapat menenuhi ruang sebanyak 40 GB, bayangkan saja berapa banyak penyimpanan sobat yang tersisa jika sobat seorang gamer ?

Dan berapakah sisa untuk penyimpanan yang tersedia untuk hal lain ? pastinya cuma secuil saja. Dan jika sobat merasa bahwa memiliki penyimpanan dalam komputer atau laptop yang kurang, maka harddisk eksternal adalah jawabannya.

Ada beragam pilihan yang bisa sobat pilih untuk harddisk eksternal ini, mulai dari yang memiliki penyimpanan dengan kapasitas jumbo, atau memiliki fitur keamanan canggih atau mungkin dari tampilan yang menarik.

Oleh karena itu, di kesempatan kali ini saya akan memberikan rekomendasi harddisk eksternal yang terbaik untuk sobat gunakan sehari – hari.

1. Seagate Backup Plus Ultra Slim

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017

 

Sesuai dengan namanya, Seagate Backup Plus Ultra Slim ini memiliki ukuran yang ultra slim yakni dengan ketebalan yang hanya 9.5 mm atau sekitar 0.3 inchi. Dengan ukuran yang ultra slim tadi, beratnya pun menjadi sangat ringan yaitu hanya sekitar 130 gram.

Walaupun ukuran dan beratnya yang super kecil, kecepatan dari Seagate Backup Plus Ultra Slim masih dapat disandingkan dengan harddisk eksternal lainnya yakni sebesar 135 MBps untuk kecepatan “read” dan 125 MBps untuk kecepatan “write”.

Casing dari harddisk eksternal ini terbuat dari plastik namun menggunakan aluminium dibagian atasnya dan teksturnya yang berlubang – lubang seperti sarang lebah memudahkannya untuk dipegang agar tidak mudah jatuh.

Seagate juga memberikan fitur backup di harddisk eksternal ini serta memberikan secara gratis 200 GB kapasitas untuk akun Microsoft OneDrive.

  • Nama : Seagate Backup Plus Ultra Slim
  • Tipe : Portable HDD
  • Produsen : Seagate
  • Harga : Rp 943.000 (1 TB) dan Rp 1.380.000 (2 TB)

Note: Harga diambil dari Lazada dan dapat berubah sewaktu – waktu

2. LaCie Porsche Design Mobile

 

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017

Jika sobat menginginkan harddisk eksternal untuk digunakan di Ultrabook atau MacBook, maka LaCie Porsche Design Mobile merupakan pilihan yang terbaik. Desain dari harddisk ini sangat mempesona dengan semua bahannya terbuat dari aluminium, ketebalannya hanya 10 mm atau sekitar 0.4 inchi dan beratnya kurang lebih 193 gram.

Karena tampilan dan bahannya tadi, harddisk ini menimbulkan suara yang agak berisik daripada harddisk eksternal lainnya, namun tampilannya terasa mewah dan sangat solid berkat material aluminiumnya.

LaCie Porsche Design Mobile dapat dikoneksikan denga dua macam kabel yakni USB 3.0 atau USB tipe C, kedua kabel ini sudah disediakan dari awal.

Baca Juga :  Lokasi Loot Terbaik di Fortnite: Battle Royale (Desember 2018)

Namun kecepatan dari harddisk ini tetap dibatasi yakni sebesar 129 MBps untuk kecepatan “read” dan 127 MBps untuk kecepatan “write” walaupun menggunakan USB tipe C.

  • Nama : LaCie Porsche Design Mobile
  • Tipe : Portable HDD
  • Produsen : LaCie
  • Harga : Rp 1.945.000 (2TB)

Note: Harga diambil dari Lazada dan dapat berubah sewaktu – waktu

3. Western Digital My Passport

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017

 

Western Digital My Passport adalah harddisk eksternal yang terbilang murah namun performa yang ditunjukkannya melebihi dari harga yang dipatok oleh WD. My Passport ini menggunakan USB 3.0 yang memiliki kecepatan “read” hingga 174MBps dan kecepatan “write’ hingga 168 MBps.

Ukuran dari harddisk ini pun kecil, secara garis besar ukurannya sama dengan passport dan beratnya hanya sekitar 200 gram, menjadikannya salah satu harddsik terkecil dan teringan di dunia. WD My Passport ini hanya menggunakan satu kabel yang digunakannya untuk transfer file serta power supply.

Sedangkan ada 4 penyangga kaki agar memastikan harddisk ini tidak langsung menyentuh tanah ketika digunakan, serta ada lampu kecil yang akan menyala jika harddisk ini sedang aktif. Dengan harga murah tadi, tentu saja material casing yang digunakan adalah plastik, namun plastik yang digunakan ini terasa kokoh dan kuat. My Passport ini sudah terinstal aplikasi yang bernama WD SmartWare.

Dengan aplikasi itu, ketika My Passport dicolokkan ke komputer, maka akan terbaca dua perangkat di komputer yakni satu perangkat harddisk eksternal itu sendiri dan yang satunya perangkat untuk menginstal aplikasi pendukung My Passport yakni WD SmartWare tadi.

Di WD SmartWare, sobat dapat melakukan backup secara otomatis setiap kali harddisk dikoneksikan ke komputer, memberi proteksi password dan enkskripsi data 256-bit serta file yang terhapus di dalam harddisk juga mudah untuk dikembalikan.

  • Nama : Western Digital My Passport
  • Tipe : Portable HDD
  • Produsen : Western Digital
  • Harga : Rp 790.000 (1 TB) dan Rp 1.346.000 (2 TB)

Note: Harga diambil dari Lazada dan dapat berubah sewaktu – waktu

4. Toshiba Canvio Basics

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017

 

Ukuran dari Toshiba Canvio Basics ini lebih besar sedikit dari tumpukan kartu poker, dengan desainnya yang simpel serta kecil tersebut, Toshiba Canvio sangat mudah untuk sobat bawa kemanapun sobat pergi.

Ada 4 macam varian kapasitas yang dijual yakni 500 GB, 1 TB, 2 TB dan 3 TB. Kesemuanya tidak perlu settingan khusus untuk digunakan, cukup colokkan saja USB 3.0 yang dimilkinya ke port USB di komputer untuk dapat langsung digunakan.

Walaupun agar dapat digunakan di Mac, sobat harus melakukan reformat ke format yang dapat dibaca OS-X, prosesnya pun sangat mudah, tidak ada yang perlu dikuatirkan.

Harddisk ini berjalan di kecepatan 5400 RPM dan memiliki fitur sensor goncangan dan teknologi ramp loading untuk membuat file sobat yang ada di dalam harddisk eksternal ini tetap aman.

  • Nama : Toshiba Canvio Basics
  • Tipe : Portable HDD
  • Produsen : Toshiba
  • Harga : Rp 580.000 (500 GB) dan Rp 755.000 (1 TB)

Note: Harga diambil dari Lazada dan dapat berubah sewaktu – waktu

5. Silicon Power Armor A85

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017

Jika sobat mencari harddisk yang paling aman dari segala medan, maka pilihannya adalah Silicon Power Armor A85. Sebenarnya berapapun tipe armornya tidak masalah, karena fitur keamanan di seri Armor dari Silicon Power ini sangatlah tangguh.

Baca Juga :  Ada Bunyi Beep Saat Menyalakan Laptop ? Kenali Masalahnya Disini

Sebut saja tahan air (IPX4) dan tahan banting (maksimal 122 cm) dan juga ada anti gores, anti licin dan anti goncang. Semua itu dikarenakan tekstur dari casingnya yang terbuat dari silicon di bagian samping dan ujung.

Kecepatan read dan writenya pun sangat kencang apalagi dipadukan dengan teknologi USB 3.0 yang memang sudah terbukti sangat kencang dalam mentransfer data.

Selain fitur dalam bentuk hardware, Silicon Power juga melengkapi fitur dalam software melalui SP Widget. Software ini memudahkan sobat untuk melakukan proses backup dan restore, selain itu didalamnya juga ada ekskripsi data AES 256-bit serta tidak ketinggalan cloud storage untuk manajemen data yang lebih efisien.

  • Nama : Silicon Power Armor A85
  • Tipe : Portable HDD
  • Produsen : Silicon Power
  • Harga : Rp 1.463.000 (1 TB)

Note: Harga diambil dari Lazada dan dapat berubah sewaktu – waktu

6. Toshiba Canvio Connect II

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017

Seagate dan Western Digital boleh dikatakan sebagai rajanya harddisk eksternal, namun sebenarnya Toshiba Canvio Connect II ini tidak berada Jauh dibnelakangnya. Ukuran dari harddisk eksternal Toshiba Canvio ini hanya 4.3 x 3.1 x 0.8 inchi dengan berat sekitar 200 gram.

Varian kapasitasnya mulai dari 500 GB sampai 3 TB dan dapat digunakan di Windows atau Mac tanpa pengaturan apapun. Seperti halnya harddisk eksternal berukuran kecil lainnya, harddisk ini hanya menggunakan satu kabel untuk manajemen transfer data dan power supplynya.

Toshiba Canvio Connect II berjalan dengan kecepatan 5400 RPM dan kecepatan “write”nya mencapai 112.4 MBps serta kecepatan “read”nya 109 MBps. Toshiba Canvio Connect II juga menyertakan proteksi dengan password.

Dan juga adanya fitur cloud backup dengan bonus 10 GB sebagai penyimpanan onlinenya memberikan nilai plus tersendiri bagi harddisk eksternal ini.

  • Nama : Toshiba Canvio Connect II
  • Tipe : Portable HDD
  • Produsen : Toshiba
  • Harga : Rp 925.000 (1 TB)

Note: Harga diambil dari Lazada dan dapat berubah sewaktu – waktu

7. Seagate Expansion 

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2017

Seagate Expansion ini digadang – gadang sebagai yang terbaik untuk sobat yang menggunakan harddisk eksternal sebagai bisnis. Hal itu didasari oleh kapasitasnya yang besar dan proses transfer data yang cepat serta yang tidak kalah penting adalah harganya yang masih wajar.

Seagate menyediakan 4 model varian kapasitas untuk Seagate Expansion yaitu 1 TB, 2 TB, 3 TB dan 4 TB. Dan Seagate Expansion ini dapat digunakan di komputer dengan OS Windows langsung tanpa pengaturan apapun.

Namun jika sobat menggunakan Mac maka harus dilakukan reformat terlebih dahulu agar harddisk dapat terbaca. Namun proses reformat tersebut tidaklah sulit, jadi tidak ada yang perlu dikuatirkan.

Ukuran dari harddisk ini adalah 4.8 x 3.2 x 0.6 inchi dengan berat sekitar 180 gram. Dengan ukuran dan berat yang cukup kecil tadi, harddisk ini cocok untuk sobat bawa kemana – mana.

Walaupun kecepatan drivenya ‘hanya’ 5400 RPM, Seagate Expansion ini memberikan performa yang luar biasa dibuktikan dengan kecepatan “write” yang mencapai 120 MBps dan kecepatan “read” mencapai 130 MBps.

  • Nama : Seagate Expansion
  • Tipe : Portable HDD
  • Produsen : Seagate
  • Harga : Rp 695.000 (500 GB) dan Rp 875.000 (1 TB)

Note: Harga diambil dari Lazada dan dapat berubah sewaktu – waktu

Harddisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2018 | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!