Hardisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2020

Update :

Advertisement

Hardisk Eksternal Terbaik – Dari hari ke hari, ukuran laptop menjadi lebih kecil dan ringan. Namun ukuran dari game, foto dan video menjadi lebih besar dan terus-menerus besar karena resolusi yang besar saat ini sudah umum digunakan.

Advertisement

Dan di sisi lainnya lagi, SSD saat ini digunakan di banyak laptop generasi baru, walaupun penggunaan SSD ini merupakan hal yang bagus karena SSD menawarkan kecepatan yang lebih baik daripada HDD.

Hardisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya

Namun karena harganya yang mahal daripada HDD, kebanyakan laptop hanya menyertakan SSD yang memiliki kapasitas terbilang kecil, sebut saja hanya 256 GB.

Advertisement

Jika kamu seorang gamer, ukuran game-game baru saat ini sangat menggila sebab sudah menyentuh angka dua digit GB, yakni sekitar 40 GB per judul game besar. Terutama game horor PC terbaik seperti The Evil Within 2 dan Resident Evil 2 Remake yang membutuhkan kapasitas ekstra dalam hardiskmu.

Jika satu game saja dapat menenuhi ruang sebanyak 40 GB, bayangkan saja berapa banyak penyimpananmu yang tersisa?

Dan berapakah sisa untuk penyimpanan yang tersedia untuk hal lain? pastinya cuma secuil saja. Dan jika kamu merasa memiliki penyimpanan dalam komputer atau laptop masih kurang, maka hardisk eksternal adalah jawabannya.

Advertisement

Ada beragam pilihan yang bisa kamu pilih untuk hardisk eksternal ini, mulai dari yang memiliki penyimpanan dengan kapasitas jumbo, atau memiliki fitur keamanan canggih atau mungkin dari tampilan yang menarik.

Oleh karena itu, di kesempatan kali ini TutorAplikasi akan memberikan rekomendasi hardisk eksternal yang terbaik untuk kamu gunakan sehari-hari.

Hardisk Eksternal Terbaik

1. Western Digital My Book

hardisk external

Jika kamu suka mengoleksi film atau game, kamu mesti membutuhkan hardisk eksternal terbaik dengan kapastias besar namun masih di harga yang terjangkau.

WD My Book ini terlihat kokoh dan tebal serta membutuhkan power adapter untuk digunakan. My Book memiliki 1 colokan USB 3.0 dengan format exFAT yang bisa digunakan untuk macOS dan Windows dengan lancar.

Western Digital juga menyediakan garansi selama 3 tahun yang kami rasa cukup lama, apalagi dibandingkan kompetitornya yang biasanya hanya memberikan garansi 2 tahun.

Western Digital My Book ini sangat kami rekomendasikan jika kamu mencari hardisk eksternal dengan kapastias besar. Kamu dapat membeli WD My Book mulai harga 1,4 Jutaan dengan kapasitas 3TB.

Advertisement
Kapasitas3TB, 4TB, 6TB, 8TB, 10TB
PortUSB 3.0
TipeHDD
Garansi3 Tahun

2. Seagate Backup Plus Ultra Touch

hardisk eksternal terbaik

Seagate Backup Plus Ultra Touch hadir dengan desain yang cukup berbeda dari hardisk kebanyakan. Hardisk ini dilapisi dengan kain tenun pada sebagian besar bodinya.

Apalagi Ultra Touch ini hadir dengan pengamanan ekstra berkat 256-bit AES hardware encrytion yang mudah digunakan. Untuk pasar Indonesia, kapasitas yang tersedia di pasaran adalah 1TB dan 2TB dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan putih.

Kapastias 1 atau 2TB pastinya sudah cukup bagi kebanyakan orang, apalagi mengingat desain hardisk ini yang stylish tentu dapat menjadi salah satu alasan utama kamu ingin membelinya.

Seagate Backup Plus Ultra Touch memiliki 1 port USB 3.0 dan tersedia secara langsung konverter untuk USB Type-C dalam kemasan pembelian. Kamu dapat membeli Seagate Backup Plus Ultra Touch di beberapa toko dengan harga mulai 800 Ribuan untuk kapastias 1TB.

Kapasitas1TB, 2TB
PortUSB 3.0
TipeHDD
Garansi3 Tahun

3. Samsung Portable SSD T5

ssd eksternal

Jika pada daftar di atas kebanyakan merupakan HDD, kali ini ada SSD eksternal bagi kamu yang menginnginkan penyimpanan eksternal dengan kecepatan transfer yang tinggi.

Samsung Portable SSD T5 merupakan salah satu SSD eksternal terbaik yang ada di pasar Indonesia saat ini. Bagi kamu yang terbiasa dengan HDD eksternal mungkin akan kaget dengan ukuran SSD eksternal yang jauh lebih kecil.

Advertisement

Khususnya ukuran Samsung SSD ini hanyalah seukuran kartu E-KTP. Dengan ukuran yang kecil tersebut, kamu bisa dengan mudah membawanya kemana saja di dalam kantong atau tas kecil.

Samsung Portable SSD T5 memiliki casing dengan bahan aluminium dan diklaim dapat bertahan jika jatuh setinggi kurang lebih 2 meter. Kamu dapat membeli Samsung Portable SSD T5 dengan harga mulai 1,2 Jutaan dengan kapasitas 250GB.

Kapasitas250GB, 500GB, 1TB, 2TB
PortUSB Type-C
TipeSSD
Garansi3 Tahun

4. LaCie Mobile Drive

Hardisk eksternal terbaik TutorAplikasi

Desain hardisk ekternal dari LaCie ini sangat mempesona dengan semua bahannya terbuat dari metal, ketebalannya hanya 10 mm atau sekitar 0.4 inchi dan beratnya kurang lebih 193 gram.

Karena tampilan dan bahannya tadi, hardisk sangat cocok jika disandingkan dengan Apple MacBook atau merk laptop terbaik lainnya.

Pada paket penjualannya, kamu akan diberi kabel USB Type-C dan konverter USB Type-C ke USB Type-A secara langsung tanpa perlu membeli terpisah.

Terdapat juga software terpisah yang bisa didownload yakni LaCie Toolkit yang dapat digunakan untuk backup, restore dan mirror. Kamu dapat membeli LaCie Mobile Drive dengan harga mulai sekitar 1,4 Jutaan untuk kapasitas 1TB.

Advertisement
Kapasitas1TB, 2TB, 4TB
PortUSB Type-C
TipeHDD
Garansi2 Tahun

5. HyperX Savage EXO

ssd eksternal terbaik

Satu lagi perangkat SSD eksternal selain Samsung yang cukup populer adalah HyperX Savage EXO. SSD eksternal ini hadir desain keren dan sangat cocok disandingkan dengan semua perangkat.

Selain PC, HyperX Savage EXO juga support PlayStation 4 dan Xbox One secara langsung, tanpa perlu konfigurasi lain.

Merk HyperX memang lebih terkenal sebagai pembuat perangkat untuk gaming, tidak terkecuali SSD eksternal ini yang terkesan gaming secara tampilan.

Secara paket penjualan, kamu akan mendapatkan kabel USB Type-C dan konverter USB Type-C ke USB Type-A secara langsung. Kamu dapat membeli HyperX Savage EXO dengan harga mulai sekitar 1,6 Jutaan dengan kapasitas 480GB.

Kapasitas480GB, 960GB
PortUSB Type-C
TipeSSD
Garansi3 Tahun

6. Seagate Backup Plus Ultra Slim

hardisk ekternal 1 tera murah

Sesuai dengan namanya, Seagate Backup Plus Ultra Slim ini memiliki ukuran yang ultra slim yakni dengan ketebalan yang hanya 9.5 mm atau sekitar 0.3 inchi. Dengan ukuran yang ultra slim tadi, beratnya pun menjadi sangat ringan yaitu hanya sekitar 130 gram.

Walaupun ukuran dan beratnya yang super kecil, kecepatan dari Seagate Backup Plus Ultra Slim masih dapat disandingkan dengan harddisk eksternal lainnya.

Advertisement

Casing dari salah satu hardisk eksternal terbaik ini terbuat dari plastik namun menggunakan aluminium dibagian atasnya dan teksturnya yang berlubang-lubang seperti sarang lebah memudahkannya untuk dipegang agar tidak mudah jatuh.

Kamu dapat membeli Seagate Backup Plus Slim dengan harga mulai sekitar 700 Ribuan dengan kapasitas 1TB.

Kapasitas1TB, 2TB
PortUSB 3.0
TipeHDD
Garansi3 Tahun

7. Western Digital My Passport

hardisk eksternal 1tb

Western Digital My Passport adalah hardisk eksternal yang terbilang murah namun performa yang ditunjukkannya melebihi dari harga yang dipatok oleh WD.

My Passport ini menggunakan USB 3.0 yang memiliki kecepatan “read” hingga 174MBps dan kecepatan “write’ hingga 168 MBps.

Ukuran dari harddisk ini pun kecil, secara garis besar ukurannya sama dengan passport dan beratnya hanya sekitar 200 gram, menjadikannya salah satu harddsik terkecil dan teringan di dunia.

Ada 4 penyangga kaki agar memastikan hardisk ini tidak langsung menyentuh tanah ketika digunakan, serta ada lampu kecil yang akan menyala jika hardisk ini sedang aktif.

Advertisement

Dengan harga murah tadi, tentu saja material casing yang digunakan adalah plastik, namun plastik yang digunakan ini terasa kokoh dan kuat. My Passport ini sudah terinstal aplikasi yang bernama WD SmartWare.

Di WD SmartWare, kamu dapat melakukan backup secara otomatis setiap kali hardisk dikoneksikan ke komputer, memberi proteksi password dan enkskripsi data 256-bit serta file yang terhapus di dalam harddisk juga mudah untuk dikembalikan.

Kamu dapat membeli WD My Passport dengan harga mulai 700 Ribuan dengan kapasitas 1TB.

Kapasitas1TB, 2TB, 4TB, 5TB
PortUSB 3.0
TipeHDD
Garansi3 Tahun

8. Toshiba Canvio Basics

harga hardisk 1 tera

Ukuran dari Toshiba Canvio Basics ini lebih besar sedikit dari tumpukan kartu poker, dengan desainnya yang simpel serta kecil tersebut, Toshiba Canvio sangat mudah untuk dibawa kemanapun kamu pergi.

Ada 4 macam varian kapasitas yang dijual yakni 500 GB, 1 TB, 2 TB dan 3 TB. Kesemuanya tidak perlu settingan khusus untuk digunakan, cukup colokkan saja USB 3.0 yang dimilkinya ke port USB di PC untuk dapat langsung digunakan.

Walaupun agar dapat digunakan di Mac, kamu harus melakukan reformat ke format yang dapat dibaca OS-X, prosesnya pun sangat mudah, tidak ada yang perlu dikuatirkan.

Advertisement

Harddisk ini berjalan di kecepatan 5400 RPM dan memiliki fitur sensor goncangan dan teknologi ramp loading untuk membuat file sobat yang ada di dalam harddisk eksternal ini tetap aman.

Toshiba Canvio Basics dibandrol dengan harga yang cukup murah, yakni mulai sekitar 600 Ribuan untuk kapasitas 1TB.

Kapasitas1TB, 2TB, 4TB
PortUSB 3.0
TipeHDD
Garansi3 Tahun

9. Seagate Expansion 

hardisk eksternal murah

Seagate menyediakan 5 model varian kapasitas untuk Seagate Expansion yaitu 1TB, 2TB, 3TB, 4TB dan 5 TB. Dan Seagate Expansion ini dapat digunakan di komputer dengan OS Windows langsung tanpa pengaturan apapun.

Namun jika kamu menggunakan Mac, maka harus dilakukan reformat terlebih dahulu agar harddisk dapat terbaca. Namun proses reformat tersebut tidaklah sulit, jadi tidak ada yang perlu dikuatirkan.

Ukuran dari harddisk ini adalah 4.8 x 3.2 x 0.6 inchi dengan berat sekitar 180 gram. Dengan ukuran dan berat yang cukup kecil tadi, hardisk ini cocok untuk sobat bawa kemana-mana.

Seagate Expansion dijual mulai harga sekitar 700 Ribu untuk kapasitas 1TB.

Advertisement
Kapasitas1TB, 2TB, 3TB, 4TB, 5TB
PortUSB 3.0
TipeHDD
Garansi3 Tahun

Itulah daftar hardisk eksternal terbaik yang bisa dibeli secara resmi di beberapa toko di Indonesia. Beberapa hardisk di atas memiliki keunggulan tersendiri yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu.

Ada hardisk yang unggul dalam hal desain, kapasitas besar, desain mewah, hingga unggul secara harga yang lebih terjangkau banyak masyarakat. Pilihan saat ini bergantung padamu manakah yang dirasa paling cocok.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Hardisk Eksternal Terbaik yang Sudah Teruji Kualitasnya 2020”

  1. Pingback: Cara Mempercepat Windows 10 yang Lemot (Update 2019) • TutorAplikasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *