Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Last Updated on

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Launcher Android Terbaik – Sebenarnya keunggulan utama dari Android atas iOS adalah kemudahan dari kustomisasinya serta potensi yang bisa sobat dapatkan dari hal itu. Dan cara termudah dalam melakukan hal itu ialah dengan menginstal launcher, launcher sendiri berarti cara kita berinteraksi dengan aplikasi serta mengatur dan mengubahnya. Launcher biasanya terdiri dari beberapa home screen yang memudahkan kita untuk mengatur shortcut, widget serta tampilan menu.

Setiap smartphone sudah terinstal launcher didalamnya, seperti Samsung dengan TouchWiz, Asus dengan ZenUI atau Xiaomi dengan MIUI. Namun ada banyak sekali pilihan lain jika sobat merasa bahwa launcher millik sobat saat ini kurang terasa keren, atau mungkin terkesan lambat dan lain-lainnya.

Namun tidak semua launcher yang ada di Google Play Store dapat menangani keinginan sobat karena ada banyak juga launcher disana yang hanya akan memberatkan smartphone atau mungkin tampilan yang hanya biasa saja, fitur yang minim serta yang paling menjengkelkan tentunya menguras banyak baterai alias boros. Oleh karena itu, disini saya akan menjelaskan beragam launcher di Android yang saya rasa itu terbaik serta ringan dan keren namun tetap hemat baterai.

Akan tetapi, perlu saya tekankan sebelumnya, jIka daftar ini merupakan opini sendiri dari saya sebagai penulis dan mungkin saJa sobat punya pilihan lainnya yang tidak ada di dalam daftar ini. Namun jika sobat masih belum punya pilihan sendiri tentang apa launcher terbaik di Android ini, maka saya akan merekomendasikan beberapa untuk sobat.

1. Zen UI Launcher

Yang pertama adalah ZenUI, dan ZenUI merupakan launcher dari smartphone buatan Asus. Namun jIka sobat tidak mempunyai smartphone Asus, tidak perlu kuatir karena Zen UI ini sudah hadir di Play Store dan bisa diinstal ke semua perangkat Android yang memenuhi persyaratan. Setelah sebelumnya ZenUI banyak berisi bloatware (aplikasi bawaan), kini hal itu sudah berkurang bahkan Asus sendiri menambahkan fitur baru yakni Twin Apps, yang memungkinkan sobat untuk memiliki dua akun medsos langsung di satu perangkat.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

ZenUI Launcher

Fitur baru tadi akan menemani fitur-fitur lama seperti pengelompokan aplikasi berdasarkan kategori secara otomatis. Asus juga menyematkan fitur kemanan di launcher ini yakni CM Applock for Asus yang dikembangkan oleh Clean Master khusus Asus, fitur itu untuk mencegah pengguna lain membuka suatu konten di smartphone kita dengan cara mengunci aplikasi tertentu.

Applock ini bekerja layaknya screen lock, bahkan sobat juga bisa menggunakan kamera depan sebagai scanner wajah untuk membuka aplikasi yang dikunci dengan Applock tadi. Namun fitur scanner wajah tadi hanya digunakan ketika sobat gagal membuka pola kunci Applock selama beberapa kali. Akan lebih bagus lagi jIka kita bisa menggunakan scanner wajah ini secara langsung tanpa harus menggunakan pola kunci terlebih dahulu. Dan yang terakhir, ZenUI ini memiliki beragam macam pilihan ikon dan tema yang bisa sobat pilih dan menjadikannya sebagai salah satu launcher terbaik untuk Android saat ini.

2. Smart Launcher Pro 3

Smart Launcher Pro 3 memiliki cara tersendiri dalam mensetting launcher ketika pertama kali digunakan. Aplikasi ini akan meminta sobat untuk memilih sendiri aplikasi telepon, musik dan foto yang diinginkan, sobat bisa membiarkannya jIka ingin mapun bisa memilih aplikasi sendiri dari daftar yang ditampilkan. Jika sudah, maka sobat akan langsung dibawa ke homescreen yang diisi oleh 6 aplikasi, sebagian darinya merupakan aplikasi yang sudah dipilih sebelumnya.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Smart Launcher Pro 3

Jika digeser ke kiri, sobat akan menuju daftar semua aplikasi sedangkan jika ke kanan, maka akan ada 3 layar yang ditujukan untuk widget. Sobat juga bisa mengganti layar tempat keenam aplikasi tadi, seperti menambahkan aplikasi lainnya atau menguranginya, namun sobat tidak dapat menambah layar lainnya, hanya terbatas 5 tadi. Smart Launcher Pro 3 mengimplementasikan fitur yang sangat bergunauntuk memaksimalkan satu layar home screen bekerja dengan maksimal dan mudah. Seperti fitur satu tap di aplikasi untuk sesuatu dan dua tap untuk hal lainnya. Ini merupakan fitur yang dapat menyimpan banyak ruang di home screen karena satu tombol aplikasi dapat membuka dua aplikasi.

Baca Juga :  Cara Unlock Bootloader Huawei Y5 Prime 2018 (Sukses 100%)

Contohnya adalah sobat bisa membuat aplikasi telefon untuk membuka telefon jIka ditekan satu kali, namun akan membuka kontak jika ditekan dua kali, seperti itulah cara kerjanya. Sobat Juga bisa mengganti tampilan untuk layar semua aplikasi, ada beragam pilihan yang disediakan seperti standart Android, Honeycomb, Arch dan lain-lainnya. Smart Launcher Pro juga support beragam tema baik itu gratis maupun berbayar, namun saya rasa launcher ini lebih berfokus pada kegunaan bukan tampilan. Namun tetap saja, tema yang disediakan juga terkesan keren.

3. Yahoo Aviate Launcher

Aviate Launcher sebelumnya merupakan hasil dari proyek beberapa orang developer sebelum dibeli oleh Yahoo. Pada awalnya, Aviate Launcher ini hanya menyuguhkan home screen yang simple dengan aplikasi yang dikategorikan secara otomatis.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Yahoo Aviate Launcher

Namun saat ini ada banyak penambahan fitur untuk memberikan bergam info kepada sobat seperti info cuaca, trafik dan berita di pagi hari, bahkan ada juga fitur untuk menunjukkan arah berkendara dan ada pula fitur untuk membuka aplikasi musik secara otomatis ketika headphone dicolokkan. Aviate ini dapat membaca dimana sobat berada dan pukul berapa saat ini sehingga Aviate dapat menyuguhkan berita yang relevan dengan keadaan. Namun kekurangan dalam hal kustomisasi mungkin akan jadi pertimbangan sendiri bagi sobat.

4. Arrow Launcher

Arrow Launcher merupakan launcher buatan Microsoft dan launcher ini sangat menarik untuk beberapa alasan dan tidak seperti kebanyakan launcher lainnya. Yang pertama, launcher ini tidak seperti yang lainnya serta tidak ada bloatware dan booster atau aplikasi tambahan lainnya. Dan tidak seprti launcher lainnya yang fokus dalam tampilan serta efek transisi yang cantik, Arrow Launcher ini seprtinya ditargetkan untuk pengguna yang tidak biasa, seperti seorang pekerja kantoran.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Arrow Launcher

Untuk mendukung hal tersebut, Arrow Launcher relatif hanya menggunakan wallpaper yang gambarnya datar serta adanya aplikasi People (kontak) dan Reminder di home screennya. Kekuatan utama lainnya dari Arrow Launcher ini berada di Recent Menu yang memudahkan bagi sobat untuk membuka kembali aplikasi yang baru digunakan tanpa perlu mencarinya lagi. Arrow Launcher yang ringan serta simpel ini menjadikannya terasa unik di antara launcher lainnya. Dan keunikannya inilah yang menjadi senjAta tersendiri bagi Arrow Launcher.

5. Nova Launcher

Apalah artinya sebuah daftar launcher terbaik tanpa kehadiran Nova, mungkin layaknya sayur tanpa garam. Mungkin bagi kebanyakan orang, Nova akan terlihat biasa saja ketika pertama kali membukanya, tidak ada animasi 3D yang fantastis maupun efek transisi yang cantik namun hanya ada tiga folder dengan nama Google, Create dan Play serta Google Search Bar dan widget Gmail di sebelah kiri home screen. Namun ketika sobat membuka menu setting, maka sobat akan bertemu dengan senjata utama dari Nova Launcher yakni fitur kustomisasi yang luar biasa banyak.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Nova Launcher

Seperti jarak dan ukuran nama aplikasi, warna dan tampilan dari font, gestur layar, efek animasi, tampilan menu aplikasi dan banyak sekali lainnya. Sederhananya, Nova bisa melakukan semua kustomisasi di Android yang belum di root. Banyak detail kecil yang mungkin terlewat dari pikiran kita namun ada di Nova seperti kemampuan untuk merubah warna background dari area paling bawah yang biasanya ditempati oleh kamera, telepon dan kontak. Mungkin hal itu terlihat kecil, namun fakta bahwa Nova dapat merubah hal tersebut menjadikan Nova Launcher sangat menarik.

Baca Juga :  Cara Mudah Unlock Bootloader Huawei Honor 7X (Sukses 100%)

Selain merubah warna backgroundnya, sobat juga bisa menambah jumlah aplikasi di area tersebut menjadi tujuh aplikasi yang biasanya fitur ini tidak terdapat di launcher lainnya. Walaupun punya fitur kustomisasi segudang, nyatanya Nova Launcher ini berjalan sangat lembut tanpa pernah mengalami lag, tentu saja itu menjadi nilai plus tersendiri bagi Nova.

6. Apex Launcher

Apex Launcher datang dengan dua versi yakni free dan premium, namun versi free dari Apex ini sudah menyuguhkan banyak opsi kustomisasi dan yang terpenting, Apex Launcher versi free ini tidak mengandung iklan maupun bloatware (aplikasi bawaan). Sebenarnya Apex Launcher ini sama halnya dengan Nova, yakni menawarkan opsi kustomisasi yang luar biasa banyaknya seperti kustomisasi folder dan homescreens. Bahkan Apex Launcher juga menawarkan opsi backup kustomisasi untuk dapat ditransfer ke perangkat lain sehingga sobat tidak perlu repot-repot setting ulang kustomisasi lagi.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Apex Launcher

Salah satu keunggulan Apex dari Nova adalah Apex ini support beragam pilihan tema mulai dari yang menawarkan icon pack hingga wallpaper yang cantik. Sobat juga dapat merubah fungsi dari tombol home untuk dapat digunakan lebih dari satu tujuan. Contohnya adalah satu tekan pada tombol home akan membawa sobat ke home screens, namun tekanan kedua dapat digunakan untuk membuka aplikasi tertentu, membuka menu setting Apex, membuka notifikasi dan lain sebagainya.

Salah satu fitur terkerannya adalah kemampuan untuk membuat beberapa dock bar (srea dibawah tempat kontak, pesan, kamera dan telepon biasanya berada). Biasanya, dock bar ini hanya ada satu di setiap layar, entah itu di home screen ataupun di layar widget. Namun dengan Apex, sobat bisa membuat dock bar ini berisi aplikasi yang berbeda di setiap layarnya, sebagai contoh ketika di home screen maka dock bar akan berisi kontak, telepon dan kamera. Namun ketika di layar widget, maka dock bar akan berisi kalendar, gallery, video dan seterusnya.

7. Evie Launcher

Evie Launcher masih terhitung muda di dalam dunia launcher apalagi jIka dibandingkan dengan launcher yang sudah tua seperti Nova Launcher, namun Evie merupakan launcher yang kecil serta ringan dan menggunakan beragam gestur untuk mempercepat prosesnya. Seperti gestur usap keatas pada home screen untuk membuka app drawer.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Evie Launcher

Dan ada juga gestur populer di Evie seprti double-tap di layar untuk membuat Android sobat terkunci, bahkan launcher ringan ini juga memiliki gestur untuk membuat sobat menuju ke Google Now secara langsung. Evie Launcher jUga sangat mudah untuk disetting gestur apa saja yang sobat inginkan serta ada juga opsi untuk kustomisasi layar.

8. Buzz Launcher

Buzz Launcher memiliki banyak kustomisasi untuk gesture dan efek animasinya, serta sobat juga bisa menambahkan beragam widget yang sudah disediakan oleh Buzz Launcher. Namun jika sobat tidak ingin repot-repot melakukan semuanya, sobat bisa download langsung “Homepack” yang membuat kustomisasi di dalam launcher menjAdi sangat mudah. Homepack ini bisa diartikan sebagai tema dalam launcher dan pilihannya sangat banyak serta sangat keren dibandingkan launcher lainnya.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai

Buzz Launcher

Namun terkadang hal itu membuat launcher ini terasa lambat jIka dijalankan di Android yang lama dengan RAM 512MB, namun saat ini ada banyak pilihan Android RAM 1GB murah yang tersedia, jadi saya rasa tidak masalah menyertakan Buzz Launcher di dalam daftar ini dengan asumsi bahwa sobat memiliki Android dengan RAM 1GB yang banyak ditemui di pasaran. Selain bisa mendownload Homepack, sobat juga bisa membuat dan membagikannya untuk digunakan oleh orang lain.

Begitulah launcher terbaik 2017 serta keren dan ringan yang bisa sobat dapatkan di Google Play Store secara gratis tentunya. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Launcher Android Terbaik, Keren dan Ringan serta Hemat Baterai | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!