Module Xposed Terbaik Yang Wajib Dipasang di Ponselmu

Advertisement

Module Xposed Terbaik – Modding Android merupakan sesuatu yang lumrah dilihat karena memang sitem operasi ini berbasis open source, jadi semua orang bisa melihat kode yang dipakai untuk membuat Android serta bisa memodifikasinya.

Seperti memodifikasinya untuk membuat ROM yang baru atau memodifikasi untuk membuat sebuah tampilan yang baru.

Xposed Framework
Xposed Framework

Untuk hal memodifikasi ini, aplikasi Xposed mungkin menjadi yang paling bisa diandalkan. Ada banyak sekali module yang bisa kamu pilih untuk memberi Android milik kamu sesuatu yang baru.

Tapi sebelum itu, mari kita mengenal apa itu Xposed serta nanti akan ada modul – modul terbaik yang bisa kamu gunakan.

Apa itu Xposed Framework

Xposed adalah sebuah aplikasi yang secara garis besar memberi kamu keleluasaan untuk memilih fitur apa saja yang kamu inginkan dan mengaplikasikannya di stock ROM (ROM bawaan pabrik) daripada terus menerus flash ROM baru.

Xposed membutuhkan akses root agar bisa berjalan di Android kamu karena dengan akses root tersebut, Xposed dapat memiliki akses ke sitem inti dari Android dan membuatnya bisa menjalankan modul yang bermacam – macam sehingga Android kamu dapat memiliki fitur baru dari modul – modul tersebut.

Beberapa contoh artikel root dalam situs ini adalah cara root Samsung J2 Prime, cara root Mi A1, cara root Xiaomi Redmi Note 5a dan lain sebagainya. Kamu dapat mencarinya lewat kotak pencarian di atas.

Potensi dari aplikasi ini tidak ada batasnya dan banyak sekali developer yang mulai menggunakan Xposed sebagai sarana dalam menyebarkan mod buatan mereka.

Cara menginstal Xposed ini pun sangat mudah, akan tetapi saya rekomendasikan agar kamu membackup ROM milik kamu untuk menjaga-jaga jika nanti ada sesuatu yang salah dan Android kamu mengalami bootloop.

Setelah mengetahui apa itu Xposed, kini kamu dapat melanjutkan dengan cara menginstal xposed di android.

Advertisement

Cara Menginstal Xposed

Jika sudah yakin, kamu tinggal download xposed installer dari situs resminya yakni http://dl.xposed.info/latest.apk lalu instal sperti apk biasa, lalu pilih Framework, dan pilih “Install/Update”.

Selanjutnya Xposed akan meminta akses root, dan pastikan kamu pilih “grant” untuk menyetujui akses root ke Xposed, langkah ini biasanya agak lama, jadi jangan kuatir bila Android kamu kelihatan seperti macet.

Lalu tunggu hingga proses instal frameworknya selesai, kamu perlu mereboot Android hanya jika prosenya sudah selesai, jIka dalam waktu itu prosesnya gagal, jangan sampai mereboo Android milik kamu. Setelah selesai reboot, Xposed siap digunakan dengan mendownload modul – modulnya.

Module Xposed Terbaik di Android

Jika Xposed Framework sudah selesai terinstal dengan baik, maka saatnya sekarang mendownload modul – modul terbaik yang bisa kamu gunakan, caranya dengan membuka menu lalu pilih Download. Berikut ini modul – modul terbaik yang bisa kamu dapatkan dari Xposed

1. Greenify

Module Xposed Terbaik Yang Wajib Terinstal Di Hape Sobat

Salah satu alasan banyak orang untuk melakukan root pada Androidnya adalah untuk mendapatkan batre yang lebih hemat. Android memang tumbuh dengan tambah baik setiap tahunnya namun di sektor batre sepertinya masih sama saja, oleh karena itu modul yang saya rekomendasikan untuk lebih menghemat batre adalah kombinasi dari Greenify dan Amplify.

Greenify sebenarnya bisa digunakan juga untuk Android yang belum diroot. Greenify secara natural “menidurkan” aplikasi yang sedang tidak digunakan oleh kamu. Jika Android kamu sudah root dan ditemani oleh modul Xposed, maka Greenify dapat melakukan hal yang lebih lagi seperti tidak memberi notifikasi apapun ketika “menidurkan” aplikasi.

2. Amplify – Battery Extender

Amplify, di lain pihak memberi kontrol yang lebih pada CPU Android kamu. Secara sederhananya, kamu bisa mengatur kapan dan berapa lama Android kamu ada di dalam mode “sleep”, yang membuat aplikasi atau apapun tetap dalam kondisi “tidur” walaupun seharusnya aplikasi itu “bangun”.

Ada banyak lagi kustomisasi yang tersedia di module ini, walaupun secara default aplikasi ini sudah berjalan seperti seharusnya.

Advertisement

3. Advanced Power Menu+

Advanced Power Menu+ (APM+) adalah cara yang simpel untuk memodifikasi power menu Android kamu, tidak hanya mempermudah kamu seperti reboot instan atau reboot ke Recovery, tapi ada juga kemampuan untuk menambah toogle ke homescreen seperti Wi-fi serta Flashlight (senter).

3. GravityBox

Jika kamu termasuk orang yang suka memodifikasi segalanya di Android mulai dari tampilan sampai ke fungsionalitas, GravityBox merupakan jawabannya. GravityBox secara sederhananya adalah all in one tool yang sangat masif, mulai dari tweak untuk lockscreen ke status bar dan sangat banyak lainnya.

4. Youtube AdAway

Youtube AdAway merupakan modul selanjutnya yang saya rekomendasikan, seperti namanya Youtube AdAway berfungsi untuk menghapus iklan di dalam aplikasi Youtube milik kamu, jadi kamu tidak akan merasa terganggu dengan iklan lagi saat memutar video dari Youtube.

5. Awesome Pop-up Video

Kemudian ada juga Awesome Pop-up Video yang berguna untuk memutar video dengan pop-up melayang seperti yang bisa dilakukan di Windows, sehingga kamu bisa melakkan sesuatu seperti mengetik sms sambil menonton video di waktu bersamaan.

6. CrappaLinks

CrappaLinks menjadi module yang cukup populer yang membuat pengalaman kamu menjadi lebih baik lagi ketika membuka suatu link. Misalnya jika kamu membuka link Youtube, maka secara otomatis ponsel akan mengarahkan ke aplikasi Youtube.

Advertisement

Namun dengan adanya module CrappaLinks ini, kamu sebagai pengguna bisa memilih link yang kamu klik akan diarahkan kemana, misalnya jika kamu mengklik link Youtube, maka tidak akan secara otomatis di arahkan ke aplikasi Youtube, namun bisa dibuka misal di browser lain.

7. BootManager

Setiap kali ponsel menyala, maka ada banyak sekali aplikasi yang berjalan di background. Sistem operasi Android memang secara otomatis akan mengatur aplikasi background ini, namun tidak semuanya akan dimatikan oleh sistem.

Dengan module BootManager, kamu sebagai pengguna ponsel dapat dengan sendiri mengatur suatu aplikasi apakah layak berjalan di background atau tidak.

8. NeverSleep

NeverSleep memungkinkan kamu untuk mencegah layar ponsel mati pada aplikasi tertentu. Hal ini bakal sangat berguna ketika kamu menggunakan aplikasi untuk membaca atau sekedar membaca resep memasak.

9. Flat Style Colored Bars

Di kebanyakan aplikasi, warna status bar biasanya hanya sedikit lebih gelap dibandingkan dengan warna dominan dari aplikasi yang sedang dibuka. Atau bahkan warna status bar akan tampak pucat, hitam atau putih saja.

Dengan Flat Style Colored Bars, kamu dapat memilih sendiri seperti apa warna dari status bar ponsel. kamu bahkan dapat memilih untuk menyelaraskan warna aplikasi dengan warna status bar.

10. XUIMod

Advertisement

Seperti nama module-nya, XUIMod berguna untuk mengkustomisasi system UI ponsel. Module ini memiliki beragam konfigurasi seperti jam, battery, animasi, notifikasi, lock screen dan lain – lain.

Begitulah beragam module Xposed terbaik bagi Android kamu yang dapat dipilih. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Bagikan :

1 thought on “Module Xposed Terbaik Yang Wajib Dipasang di Ponselmu”

Leave a Comment