Perbedaan Panel TN, IPS dan VA, Mana yang Cocok Untukmu?

Update :

Advertisement
Advertisement
perbedaan panel layar monitor tn ips va - TutorAplikasi

Hingga saat ini, ada 3 tipe panel yang populer digunakan di monitor komputer. Panel tersebut adalah TN, IPS dan VA. Tentunya ketiga panel tersebut memiliki perbedaan dan memiliki kekurangan serta kelebihannya sendiri-sendiri.

Advertisement

Bagi kamu yang masih bingung untuk memilih menggunakan tipe panel yang mana, TutorAplikasi akan menjelaskan ketiga panel tersebut serta saran panel mana yang terbaik untuk kamu pakai sesuai kebutuhan. Namun sebelumnya, mari kita lihat penjelasan dan cara kerja dari panel-panel tersebut.

Macam-Macam Tipe Panel

TN (Twisted Nematic)

Monitor Dell Panel TN - TutorAplikasi
Monitor gaming panel TN dari Dell

TN merupakan tipe panel yang paling tua dari ketiga panel populer. Cara kerja panel TN untuk menampilkan gambar adalah sama seperti namanya, yakni efek Twisted Nematic. Efek ini memungkinkan molekul kristal cair untuk dikontrol dengan tegangan listrik.

Ketika ada tegangan, maka kristal cair tersebut akan diputar 90 derajat dan dikombinasikan dengan suatu lapisan polarisasi, memungkinkan cahaya untuk melewatinya. Sedangkan ketika ada tegangan, maka kristal-kristal ini tidak diputar sehingga akan menghalangi cahaya.

IPS (In-Plane Switching)

Monitor LG panel IPS - TutorAplikasi
Monitor entry-level panel IPS dari LG

IPS dikembangkan untuk meningkatkan berbagai limitasi dari panel TN. Karena berasal dari pengembangan TN, cara kerja keduanya hampir mirip. Panel IPS juga menggunakan tegangan untuk mengontrol kristal cair.

Namun berbeda dari TN yang memutar kristal untuk memodifikasi jumlah cahaya yang masuk, kristal di panel IPS disejajarkan dengan substrat kaca.

Sebenarnya ada beberapa varian IPS di pasaran yang berasal dari tiga produsen besar, yakni LG, Samsung dan AU Optronics. LG menyebut teknologi mereka sebagai “IPS” untuk memudahkan semua orang.

Sedangkan Samsung menamai teknologi mereka PLS (Plane-to-Line Switching), sedangkan AU Optronics menamai teknologi mereka AHVA (Advanced Hyper Viewing Angle).

Advertisement

Penamaan dari AU Optronics ini sering membingungkan orang yang mengira bahwa panel mereka bagian dari VA, namun sebenarnya panel milik mereka menggunakan teknologi yang berakar dari IPS.

VA (Vertical Alignment)

Monitor Samsung Panel VA - TutorAplikasi
Monitor kelas atas panel VA dari Samsung

Teknologi panel ini menggunakan kristal cair yang dikontrol dengan tegangan, sama seperti kedua panel di atas. Perbedaan utama antara IPS dan VA terletak pada posisi kristal. Jika IPS memosisikan kristal cair mereka sejajar atau paralel terhadap substrat kaca, maka kristal dari VA tegak lurus terhadap substrat.

Advertisement

Ada dua varian VA yang beredar di pasaran dengan Samsung yang menamainya SVA, lalu AU Optronics menamainya AMVA.

Perbedaan Panel TN, IPS dan VA

Setelah mengetahui apa itu panel TN, IPS dan VA serta bagaimana cara kerjanya dalam menampilkan cahaya alias gambar di layar kita, mari kita mulai perbedaan apa saja dari ketiga panel ini.

Kualitas Warna

perbedaan kualitas warna panel tn ips va - TutorAplikasi

Kualitas warna sendiri bisa dibagi menjadi dua kategori, yakni Color Depth (kedalaman warna) dan Color Gamut (gamut warna). Dalam dua kategori ini, panel TN jauh tertinggal sebab pada dasarnya, kedalam bit panel TN hanya 6-bit.

Sedangkan panel IPS dan VA biasanya menggunakan panel 8-bit yang mampu memproyeksikan gradien warna yang lebih halus dan mampu menghasilkan warna yang lebih baik. Dalam hal Color Gamut, panel VA biasanya memakai 100% sRGB sebagai standar minimumnya dan masih bisa didorong lebih tinggi lagi.

Sedangkan panel IPS biasanya menawarkan cakupan 95% sRGB atau kurang, walaupun saat ini cenderung banyak yang memakai 100% sRGB sebagai standar minimumnya.

Jika dalam hal sRGB tadi panel VA secara garis besar lebih unggul, walaupun sedikit dari panel IPS, berbeda halnya jika menyangkut DCI-P3 dan Adobe RGB. Untuk dua hal tersebut, panel IPS berhasil mengalahkan VA.

Advertisement

Kecerahan dan Kontras

perbedaan kontras panel tn ips va - TutorAplikasi

Dalam segi kecerahan, tidak ada perbedaan berarti antara ketiga panel karena teknologi backlight yang menentukan kecerahan, terpisah dari kristal cair. Namun dalam segi kontras, ada perbedaan yang cukup signifikan.

Sekali lagi, panel TN menjadi yang paling buruk dalam hal kontras, namun perbedaanya tidak terlampau jauh dari IPS. Akan tetapi, kedua panel tersebut tidak bisa disandingkan dengan panel VA yang memiliki rasio kontras sangat tinggi sehingga mampu menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam.

Sudut Pandang

perbedaan sudut  pandang panel tn ips va- TutorAplikasi
Advertisement

Perbedaan terbesar dari ketiga panel ini adalah sudut pandang saat kita melihat layar. Sejauh ini, panel TN memiliki sudut pandang yang paling buruk. Ketika dilihat dari samping, maka panel TN akan terlihat buram.

Sedangkan IPS dan VA secara signifikan jauh lebih baik daripada TN, dengan IPS yang saat ini menjadi yang terbaik. Kamu tidak akan mendapatkan perbedaan warna atau kontras yang berarti saat melihat dari sudut pandang manapun jika memakai panel IPS.

Advertisement

Refresh Rate

perbedaan refresh rate panel tn ips va - TutorAplikasi

Dari ketiga perbedaan di atas, panel TN sepertinya hancur dilindas oleh panel IPS dan VA. Namun semua itu berubah ketika menyinggung refresh rate yang menjadi keunggulan utama panel TN.

Untuk saat ini, hanya panel TN yang mampu menawarkan refresh rate 240 Hz pada 1080p atau 1440p. Sedangkan panel VA dan IPS hingga saat ini masih terbatas pada 165 Hz, walaupun para produsen dikabarkan sedang bekerja untuk mendapatkan refresh rate 240 HZ 1080p pada panel IPS.

Response Time

perbedaan response time panel tn ips va - TutorAplikasi

Response time pada monitor berguna untuk mengatur tingkat smearing, ghosting dan kejernihan panel. Kamu bisa mencari sendiri di YouTube apa itu smearing dan ghosting agar lebih jelas.

Yang pasti untuk saat ini, panel TN masih menjadi yang terkuat berkat response time yang rendah, biasanya hanya 1ms atau lebih rendah lagi. Sedangkan untuk panel IPS, response time biasanya berada pada 5ms, namun panel IPS kelas atas bisa mencapai response time yang lebih rendah lagi.

Advertisement

Lalu pada panel VA, response time biasanya berada pada kisaran 8 hingga 10ms, walaupun ada beberapa model yang bisa mencapai 4ms. Bahkan panel VA kelas atas juga bisa mencapai response time hingga 1ms, menyamai panel TN.

Panel Mana yang Cocok Untukmu?

Setelah mengetahui perbedaan dan keunggulan serta kekurangan dari ketiga panel di atas, kini saatnya menentukan panel mana yang paling cocok untukmu.

Pekerja kantor atau pelajar

Untuk kebutuhan pelajar atau pekerja kantor, satu-satunya yang menjadi pertimbangan adalah budget yang bisa kamu keluarkan. Panel VA mungkin menjadi pilihan yang paling baik, namun IPS juga tidak buruk.

Namun rasanya panel TN tidak perlu menjadi pilihan karena kamu tidak akan membutuhkan response time yang rendah ataupun refresh rate yang tinggi.

Editor Foto atau Video

Untuk yang satu ini, pilihan panel IPS masih menjadi yang paling favorit karena mampu memproyeksikan warna yang lebih baik, terutama masalah color gamut yang cukup sulit disaingi oleh panel lainnya.

Programmer

Bagi progammer, meletakkan satu monitor secara vertikal merupakan hal yang lumrah. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan panel dengan sudut pandang yang baik. Panel TN tentu harus dihindari, maka pilihan antara IPS atau VA disesuaikan sesuai budget saja.

Advertisement

Gamer

Tidak diragukan lagi bahwa panel TN masih menjadi raja ketika berbicara tentang monitor untuk gamer, terutama gamer eSport.

Namun jika kamu seorang gamer yang tidak memainkan game eSport, hanya memainkan game PC offline misalnya, mungkin panel IPS bisa menjadi pilihan karena saat ini banyak tersedia monitor dengan panel IPS yang menawarkan response time cukup rendah.

Advertisement

Ya, walaupun dengan harga yang lebih tinggi pastinya.

Terbaik secara keseluruhan

Panel VA menjadi pemenang dalam hal keseluruhan, namun bukan yang terbaik dalam seluruh hal. Panel IPS mampu memberikan kualitas warna yang lebih baik daripada VA, sedangkan panel TN mampu memberikan response time atau latency yang lebih rendah.

Ringkasan

Secara ringkas, kamu bisa melihat tabel di bawah ini untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari ketiga panel, yakni TN, VA dan IPS.

Tipe PanelKeunggulanKekuranganCocok Untuk
TNResponse time paling rendah
Refresh rate tinggi
Sudut pandang terbatas
Rasio kontras yang paling rendah
Panel 6-bit
Kualitas warna yang paling buruk
Gamer profesional untuk eSport
IPSResponse time cukup rendah
Sudut pandang luas
Kualitas warna yang baik
Panel 8-bit, bahkan ada yang 10-bit murni
Rasio kontras bukan yang terbaikPekerja
Pelajar
Programmer
Gamer casual
Editor foto atau video
VASudut pandang luas
Kualitas warna cukup baik
Panel 8-bit
Rasio kontras yang tinggi
Response time berada di tengah antara IPS dan TNSemua kalangan kecuali editor foto dan video

Dengan melihat tabel di atas, tentunya kamu sudah punya gambaran untuk memilih monitor sesuai dengan kebutuhan yang kamu jalani sehari-hari.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Perbedaan Panel TN, IPS dan VA, Mana yang Cocok Untukmu?”

  1. Pingback: Laptop SSD Murah Mulai 3 Jutaan - 5 Jutaan (April 2020) • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *