Home » Perintah Atau Commands Terbaik di CMD Yang Harus Kamu Coba

Perintah Atau Commands Terbaik di CMD Yang Harus Kamu Coba

Advertisement

Last Updated on 10 September, 2020 by Firza

Perintah Atau Commands Terbaik di CMD – Command Prompt atau lebih familiar disebut CMD adalah suatu program komputer yang berfungsi sebagai penerjemah suatu aktifitas spesifik di komputer.

Advertisement

CMD biasa digunakan untuk menjalankan file batch, melakukan fungsi administrasi atau untuk memecahkan masalah pada windows, misalnya lupa password Windows.

Perintah atau Commands di CMD yang Patut Dicoba - TutorAplikasi-min

CMD dapat diakses dengan menekan Windows Key + R, lalu ketik cmd dan enter sampai jendela cmd muncul. Untuk memakai CMD, kita diharuskan memasukkan perintah yang spesifik dengan cara yang benar.

Jika kita salah memasukkan perintah walaupun hanya satu huruf saja, maka CMD tidak akan pernah bisa memprosesnya

Oleh karena itu kita harus teliti saat akan menulis perintah di CMD, jangan sampai asal-asalan karena bisa saja berdampak buruk pada komputer kita sendiri.

Dan berikut ini adalah perintah terbaik yang bisa kita lakukan di Command Prompt.

Perintah-Perintah Terbaik di CMD

1. shutdown (Membuat Shortcuts Shutdown)

Perintah atau commands shutdown sangatlah berguna, kita bisa membuat shortcutnya dan bisa ditempatkan di start screen atau desktop, mempermudah kita untuk mematikan komputer dengan hanya double klik saja.

Selain shutdown, erintah ini juga bisa diterapkan untuk membuat shortcut restart di desktop, yaitu dengan cara :

  • Klik kanan di desktop
  • Pilih New > Shortcut
  • Lalu ketik :
    • shutdown /s /t 0 untuk perintah shutdown
    • shutdown /r /t 0 untuk perintah restart
    • shutdown /r /0 untuk restart ke Startup Options
  • Lalu tinggal kita beri nama dan finish
membuat shortcut Shutdown di desktop

Kita juga bisa mengganti icon shutdown tadi agar nampak lebih bagus dengan cara :

Advertisement
  • Klik kanan pada icon yang mau dirubah
  • Pilih Properties
  • Lalu pilih Shortcut tab
  • Klik Change Icon, pilih OK
  • Lalu kita bisa memilih icon yang disediakan oleh windows atau bisa juga gambar punya kita sendiri asal memenuhi syarat agar bisa dijadikan icon
mengganti ikon aplikasi

2. ipconfig (Mencari IP Address Kita Lebih Cepat)

Kita memang bisa mencari IP address melalui Control Panel, tapi hal itu membutuhkan usaha yang lebih karena melakukan beberapa klik.

Mengetik ipconfig di Command Prompt adalah cara tercepat untuk mengetahui IP address komputer kita.

Selain untuk mengetahui IP address, perintah ipconfig juga menampilkan informasi lain seperti alamat default gateway yang berguna jika kita mengetahui IP address dari router web yang kita miliki.

cara Mencari IP Address

Untuk menggunakan perintah ini, cukup kita ketik ipconfig di jendela Command Prompt.

3. ping (Menstabilkan Koneksi)

Bagi yang menggunakan paket internet tri di pedesaan, biasanya kita sering mengalami masalah koneksi.

Kemungkinan itu terjadi karena koneksi yang kita miliki tidak stabil. Windows memiliki tool yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Yang pertama, ada perintah atau commands ping. Cukup ketik ping google.com lalu Windows akan mengirimkan paket data ke Google.com.

Google lalu akan merespon dan memberitahui kita jika paket data sudah terkirim.

Kita juga bisa mengetahui jIka paket tersebut gagal terkirim ke Google juga berapa lama waktu yang dibutuhkan paket tersebut agar terkirim.

ping

Selain itu, ada juga perintah yang digunakan untuk membuat koneksi kita menjadi lebih stabil yaitu dengan memberi perintah ping www.google.com -t di Command Prompt, semakin kecil angka yang tertera pada “time”, maka berarti koneksi kita lebih stabil

Advertisement
cara ping Google dengan perintah cmd

4. Tracert (Mengetahui Koneksi Yang Bermasalah)

Selain ping, ada juga perintah tracert, yang berguna untuk melacak rute jejak yang digunakan oleh paket data agar sampai ke tujuannya.

Misalnya, dengan mengetik tracert google.com pada Command Prompt, kita akan melihat rute mana yang ditempuh paket kita untuk sampai ke Google.

cara mengetahui koneksi bermasalah

Jadi jika ada suatu masalah terjadi, maka tracert dapat menampilkan di mana masalah itu terjadi

5. sfc /scannow (Scan System Files dari Masalah)

Windows menyediakan suatu tool yang digunakan untuk mendeteksi suatu masalah. Jika system files ada yang rusak atau hilang, maka perintah ini akan memperbaiki masalah tersebut.

Dan untuk menggunakan tool ini, kita harus membuka Command Prompt dengan menggunakan akses Administrator yaitu dengan cara klik Start > ketik cmd > klik kanan Command Prompt > Run as Administrator.

scan sistem Windows yang bermasalah

Setelah itu ketik perintah di jendela cmd sfc /scannow untuk memulai proses scan.

6. cipher (Menghapus Permanen)

Perintah chiper lebih banyak digunakan untuk mengatur enkripsi, tapi ada juga opsi yang memungkinkan untuk menulis data yang tidak berguna di drive, membuatnya mampu untuk meluangkan isi dari dari drive dan memastikan bahwa data tersebut tidak akan bisa dikembalikan sehingga laptop tidak menjadi lemot.

Data yang terhapus biasanya akan tetap ada di drive kecuali kalau kita menggunakan SSD, dan perintah ciper ini secara efektif membersihkan data hingga data tersebut tidak bisa dikembalikan lagi.

Untuk menggunakan cukup ketik cipher /w  lalu diikuti dengan directory yang diinginkan misalnya cipher /w:c: untuk directory C

menghapus file secara permanen

7. netstat -an (Menampilkan Jaringan Koneksi dan Ports)

Perintah netstat berguna untuk menampilkan semua statistik jaringan ketika digunakan dengan beberapa macam opsi.

Advertisement
menampilkan jaringan dengan cmd

Salah satu opsi yang menarik dari netstat -an adalah menampilkan daftar semua jaringan di komputer bersamaan dengan port yang digunakan dan juga IP address yang digunakan.

8. driverquery (Menampilkan daftar driver yang terinstal)

Driver menjadi software yang paling penting bagi komputer kita, driver yang kurang tepat atau driver yang hilang bisa mengakibatkan tidak berfungsinya berbagai macam hal, jadi sangat baik jika kita memiliki akses daftar driver apa saja yang ada di komputer.

Dan dengan menggunakan perintah driverquery ini kita bisa melihat apa saja driver yang terinstall di komputer secara lengkap.

Menampilkan daftar driver yang terinstal

Kita juga bisa menambahkan perintahnya menjadi driverquery -v untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap seperti di direktori mana driver itu diinstall.

9. fc (Membandingkan File)

Kita bisa menggunakan perintah ini untuk mengidentifikasi perbedaan teks diantara dua file.

Ini berguna bagi penulis dan programer yang mencoba mencari perbedaan kecil diantara dua file yang mereka punya.

Untuk menggunakannya cukup ketik fc lalu dilanjutnkan dengan alamat direktori kedua file yang ingin dibandingkan.

Misalnya kita akan membandingkan perbedaan teks diantara file “tugas 1.txt” di direktori E dan “tugas 2.txt” di direktori F. Maka perintah yang ditulis adalah

fc /l “E:tugas 1.txt” “F:tugas 2.txt”

perintah atau commands cmd untuk membandingkan file

Kita juga bisa merubah perintah ini dengan berbagai cara, misalnya dengan merubah “/l” menjadi “/b” memungkinkan kita untuk membandingkan binary output file tersebut.

Advertisement

Sedangkan menggantinya dengan “/c” akan membuat kita membandingkan file tanpa memperdulikan isi textnya, dan juga “/l” secara default akan membandingkan ASCII teks dalam file kita.

10. tasklist (Melihat Aplikasi Yang Sedang Berjalan)

Kita bisa menggunakan perintah tasklist untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di komputer saat ini.

Walaupun Task Manager juga bisa melakukan hal tersebut, terkadang perintah ini bisa menampilkan aplikasi berjalan yang sedang bersembunyi, jadi bisa dibilang perintah ini adalah versi yang lebih powerful dibandingkan dengan Task Manager.

melihat aplikasi yang sedang berjalan di cmd

Ada juga versi perintah yang lain, misalnya dengan memberi perintah tasklist -v, kita bisa melihat task yang lebih detail, dan tasklist -m akan memberi tahu kita lokasi dari .dll file task tersebut.

11. systeminfo (Mengetahui Informasi System)

Jika kamu ingin mengetahui informasi tentang prosesor atau network card yang dipakai laptop atau PC-mu, maka kamu bisa memakai perintah systeminfo di CMD.

Ada banyak sekali informasi yang akan disediakan dan untungnya daftar informasi ini tersusun secara rapi sehingga kamu bisa dengan mudah membacanya.

12. chkdsk (Scan dan Fix Error di Harddisk)

Jika perintah sfc hanya mengecek sistem file dari Windows milik kita, kamu bisa memakai perintah chkdsk untuk memeriksa keseluruhan drive.

Perintah ini bisa mengecek beberapa hal seperti file fragmentation, bad sector dan disk error. Bahkan perintah ini juga bisa memperbaiki error tersebut (jika memungkinkan).

Seperti itulah bermacam-macam perintah terbaik dan paling berguna yang bisa kita lakukan di cmd.

Patut diingat bahwasanya kita harus tetap teliti dalam mengetik setiap perintah yang ada di cmd, jika tidak, maka perintah yang kita ketik tadi tidak akan bisa berjalan sesuai keinginan kita

Advertisement

Dan juga selain perintah-perintah yang ada di atas, masih banyak lagi perintah yang bisa dilakukan dengan cmd di Windows.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Perintah Atau Commands Terbaik di CMD Yang Harus Kamu Coba”

  1. Pingback: 8 Cara Membersihkan Hardisk yang Penuh di Windows • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *