Tema Terbaik di Windows 10 dan Cara Memasangnya

Update :

Tema Terbaik di Windows 10 – Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Windows 10 sebenarnya memiliki beragam pilihan kustomisasi. Salah satu yang paling populer adalah varian tema alternatif yang sangat banyak sehingga anda tidak akan bosa dengan tampilan Windows yang begitu-gebitu saja.

Ada dua pilihan yang bisa anda ambil ketika mencoba tema, yakni dengan menggunakan tema ofisial dari Microsoft atau menggunakan tema pihak ketiga dari situs yang terkenal, Devianart. Tema ofisial dari Microsoft memang lebih direkomendasikan bagi yang khawatir masalah keamanan, namun jika dilihat dari sisi penampilan, tema pihak ketiga menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh tema ofisial dari Microsoft.

Tema Terbaik untuk Windows 10

1. Simplify 10

tema simpel untuk Windows 10

Sesuai namanya, simplify terlihat simpel namun tetap astetik.

2. Arc X

tema terbaik windows 10

Arc hadir dengan varian tema hitam dan putih. Untuk lebih membuat Arc indah, anda dapat mencoba memasang Arc icon pack.

3. LAB

tema terbaik windows 10

Yang paling terlihat dari tema LAB adalah bar warna hitam pekat di bagian atas semua jendela aplikasi.

4. Taiwan Culture Sketches

tema windows nuansa cina

Berbeda dengan tema lainnya, tema Taiwan Culture Sketches ini menjadi satu-satunya tema dari ofisial Microsoft dalam daftar ini.

5. cakeOS

tema windows 10 terbaik

Perpaduan warna yang vibrant dan tampak mirip neon dengan warna ikon yang agak kabur membuat cakeOS cukup unik dengan nuansa ‘beda’nya.

6. Desktop by Jonatica-andl

tema windows 10 indah

Namanya memang sedikit sulit diucapkan, nama tema dari Jonatica-andl ini terlihat sangat indah dengan taskbar yang berada di tengah serta informasi CPU, RAM, kecepatan internet di pojok.

7. macOS Sierra

tampilan macOS di Windows

Jika anda mencari tema Windows dengan tampilan macOS, maka tema ini menjadi jawaban anda.

8. Windows XP

tampilan Windows XP di Windows

Jika tema di atas menampilkan sensasi macOS, maka di sini menampilkan sensasi jadul Windows XP.

9. GreyEveTheme

tema gelap terbaik Windows 10

Dark mode menjadi populer akhir-akhir dengan hampir semua aplikasi sudah support dark mode. Namun jika anda mencari dark mode untuk keseluruhan Windows, maka GreyEveTheme ini wajib dipasang.

10. Penumbra

tema gelap terbaik Windows 10

Satu lagi tema dengan nuansa gelap yang wajib anda coba, Penumbra.

Cara Install Tema Ofisial Windows 10

Sebelumnya, kita akan mencoba memasang tema dari ofisial Microsoft terlebih dahulu.

1. Langkah pertama cukup kunjungi website resmi Microsoft theme.

2. Kemudian pilih tema sesuai pilihan kalian, tema yang diunduh seharusnya memiliki ekstensi .themepack. Setelah itu double klik tema tersebut untuk menambah tema ke theme library dan mulai menggunakannya.

mengganti tema Windows 10

3. Selain cara tersebut, anda juga dapat mengaplikasikan tema lewat menu Personalization yang muncul ketika anda mengklik kanan wallpaper Windows 10.

Anda juga dapat mengatur beberapa hal pada menu ini, seperti jenis font, background dan warna. Selain itu, anda juga dapat membuat sendiri tema Windows 10 sesuai keinginan.

Cara Install Tema Pihak Ketiga Windows 10

Tema ofisial dari Microsoft memang terlihat biasa saja, tidak ada yang spesial di dalamnya. Oleh sebab itu beberapa kreator mulai membuat tema mereka sendiri yang kemudian dibagikan di situs terbesar untuk seni, yakni Devianart. Namun untuk memasang tema tersebut, anda tidak dapat hanya dengan double klik seperti tema ofisial, namun anda membutuhkan suatu aplikasi untuk memasangnya.

1. Yang pertama, lakukan backup terlebih dahulu sebab tema dari pihak ketiga dapat menimbulkan masalah bagi Windows 10 anda, walaupun kemungkinannya cuma kecil. Membuat restore point sebenarnya sudah cukup, namun membuat backup keseluruhan malah lebih baik lagi. Jadi saya tekankan di sini untuk anda melakukan hal ini dengan resiko yang anda tanggung sendiri.

2. Setelah itu download UltraUXThemePatcher dan install

cara install ultra UX theme

3. Cari tema yang anda sukai, pilihan tema rekomendasi tim TutorAplikasi ada di atas.

4. Setelah itu copy tema ke “C:/Windows/Resources/Themes”

5. Klik kanan pada wallpaper dan pilih Perzonalize. Pilih Theme dan pilih tema yang telah anda pilih tadi.

Memasang ofisial tema dari Microsoft memang sangat mudah, namun tema yang disediakan tidak terlalu membuat terkesan. Sedangkan memasang tema dari pihak ketiga sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja ada kemungkinan bahwa proses mengganti tema tadi akan merusak Windows anda. Jadi saya tekankan di sini sekali lagi bahwa lakukan hal ini dengan resiko anda sendiri. Sampai jumpa lagi kesempatan berikutnya, Terima Kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *