Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC (Update 2019)

Update :

Aplikasi VPN Gratis Terbaik di PC – Beberapa tahun yang lalu, ada banyak VPN yang dilepas secara gratis namun berkualitas. Namun sekarang di tahun 2019, pilihan itu semakin sedikit karena kebanyakan dari mereka membutuhkan subscription untuk menjalankannya. Bahkan ada juga beberapa yang beralih ke sepenuhnya berbayar dan ada juga yang menawarkan gratis beberapa ratus MB atau beberapa GB saja, kemudian harus berbayar.

Ada beragam alasan anda dalam menggunakan VPN, namun dua alasan yang paling utama biasanya adalah untuk menyembunyikan identitas anda serta untuk membuka kases situs yang diblokir pemerintah.

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC Untuk Membuka Situs Yang Diblokir

Namun menggunakan VPN pun ada resikonya, seperti kemungkinan penyedia layanan VPN akan mengambil data privasi milik anda, seperti website yang dikunjungi, IP yang dipakai dan lain-lainnya. Langsung saja berikut ini daftar aplikasi VPN PC terbaik pilihan tim TutorAplikasi.com.

Aplikasi VPN PC Terbaik dan Tercepat

1. Windscribe

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC Untuk Membuka Situs Yang Diblokir
Windscribe

Windscribe masih baru dalam dunia VPN gratis, namun jumlah akses data yang diberikan serta komitmen untuk menjaga privasi milk anda membuatnya menjadi VPN gratis terbaik yang ada saat ini. Di versi gratisnya, Windscribe memberikan anda 10GB bandwith per bulan dan memberikan opsi bagi anda untuk memilih 8 lokasi servernya. Terdengar wow bukan ?

Anda hanya perlu membuat username dan password untuk mendaftar, email hanya opsional. Windscribe sendiri tidak menyimpan data apapun dari anda seperti log koneksi, IP yang anda gunakan maupun website yang dikunjungi.

Sementara itu, akses data 10GB selama sebulan bisa dibilang besar untuk kategori gratis serta saya rasa cukup bagi anda yang menggunakan VPN untuk keperluan browsing saja. Dan jika anda rasa tidak cukup, maka opsi membeli data yang lebih banyak bahkan sampai unlimited pun bisa dilakukan.

Selain hal yang istimewa diatas, Windscribe juga sudah terinstal adblocker dan firewall secara default, menjadikannya salah satu yang terbaik.

Kelebihan dan Kekuranagan Windscribe :

  • Kuota bulanan yang besar, 10GB (+)
  • Cukup terbuka dalam hal kebijakan privasi (+)
  • Client terkadang kurang baik (-)

2. Spotflux

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC Untuk Membuka Situs Yang Diblokir
Spotflux

Walaupun aplikasi VPN ini gratis digunakan, namun akan ada iklan yang ditampilkan di dalamnya. Dan jika anda menggunakan VPN untuk download atau streaming video, Spotflux merupakan pilihan yang bagus. Spotflux dapat memblokir web yang berbahaya, bekerja di berbagai macam perangkat dengan sistem operasi berbeda sehingga anda tidak perlu melakukan setting di setiap perangkat yang terinstal Spotflux.

Namun jika anda menggunakan Google Chrome dan tidak ingin mendownload versi PC-nya, anda bisa mendownload ekstensinya saja di toko aplikasi Google Chrome. Dan jika ingin menyingkirkan iklan serta mendapatkan kecepatan yang lebih bagus, anda bisa membeli versi premiumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Spotflux :

  • Kuota unlimited (+)
  • Bisa download hanya ekstensinya saja, tanpa aplikasi (+)
  • Kecepatan internet tidak maksimal di versi gratis (-)

3. CyberGhost

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC Untuk Membuka Situs Yang Diblokir
Cyberghost

CyberGhost menjadi barisan terdepan selama beberapa tahun ini jika kita membicarakan tentang aplikasi VPN terbaik. Seperti halnya Spotflux, CyberGhost menawarkan beragam macam model premium, namun tanpa iklan.

Walaupun mempunyai fitur yang lebih banyak dibandingkan Spotflux, versi gratis dari CyberGhost yang tanpa iklan ini menggunakan bandwith-restricted, maknanya anda hanya bisa mengakses internet beberapa ratus MB saja sebelum CyberGhost menghentikan layanan VPN-nya dan memaksa anda membeli versi premiumnya untuk bisa melanjutkan akses ke jaringan VPN CyberGhost.

Tidak seperti aplikasi VPN gratis lainnya, CyberGhost menawarkan fitur one-click launch, yakni satu klik saja untuk membuka browser serta langsung mengaktifkan koneksi VPN, jadi fitur ini sangat mempermudah pengguna VPN CyberGhost.

Kelebihan dan Kekurangan CyberGhost :

  • Tanpa iklan (+)
  • Banyak fitur (+)
  • Kuota yang sedikit (-)

4. VPNBook

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC Untuk Membuka Situs Yang Diblokir
VPNBook

VPNBook dilepas secara gratis dan tidak ada bandwith limit serta tidak ada versi premiumnya. Namun jangan tergoda terlebih dahulu, karena VPNBook ini tidak didesain untuk pemula. Sebab VPNBook ini tidak memiliki aplikasi maupun cara penggunaannya.

Anda hanya akan diberi daftar server dan sisanya diserahkan kepada penggunanya. Untuk menggunakan VPNBook ini, anda harus memilih untuk menggunakan PPTP VPN atau OpenVPN. PPTP VPN support hampir disemua sistem operasi, namun lebih mudah bagi operator untuk memblokir koneksi VPN anda.

OpenVPN lebih aman lagi namun membutuhkan aplikasi terpisah untuk menjalankannya dengan konfigurasi dari VPNBook serta beragam sertifikasi. Jika anda sudah jago, maka VPNBook layak disebut sebagai aplikasi VPN gratis terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan VPNBook :

  • Bisa menjadi yang terbaik dalam kecepatan dan kuota (+)
  • Sulit digunakan (-)
  • Tidak direkomendasikan untuk semua orang (-)

5. Tunnelbear

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC Untuk Membuka Situs Yang Diblokir
Tunnelbear

Tunnelbear mungkin memiliki desain yang agak kekanak-kanakan, namun TunnelBear ini merupakan salah satu aplikasi VPN gratis yang bisa anda miliki. Walaupun dalam versi gratisnya, anda hanya mendapatkan 500 MB setiap bulannya, angka yang terhitung sangat kecil tentunya, karena dengan hanya 500 MB anda tidak dapat menjalankan VPN setiap waktu.

Namun saya rasa sudah cukup bagi anda yang menjalankan VPN hanya untuk membuka situs tertentu yang diblokir atau untuk keperluan lainnya. Performa yang dimiliki oleh TunnelBear ini terlihat sangat masif, cepat dan sangat mudah digunakan karena anda tidak perlu melakukan setting tambahan lagi.

Opsi konek secara otomatisnya bekerja dengan sangat baik, anda juga dapat mengatur opsi untuk memilih satu dari 20 negara yang disediakan. Patut diketahui juga, bahwa baru-baru ini TunnelBear mengubah sedikit kebijakan privasinya, jadi sekarang TunnelBear cuma mengambil data yang lebih sedikit dari biasanya sehingga privasi milik anda pun lebih terjaga.

Kelebihan dan Kekurangan TunnelBear :

  • Mudah digunakan (+)
  • Kuota yang sedikit (-)

6. Speedify

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC Untuk Membuka Situs Yang Diblokir
Speedify

Speedify, sesuai dengan namanya mempunyai satu tujuan jelas dalam memberikan layanan VPN-nya, yakni memastikan bahwa ketika anda menyalakan VPN, maka kecepatan koneksi dari internet milik anda sebisa mungkin akan tetap cepat seperti seharusnya.

Oleh karena itu, Speedify akan menggunakan semua koneksi yang tersedia semaksimal mungkin untuk mendapatkan performa yang baik, dengan cara mengkombinasikan beragam koneksi yang tersedia, seperti Ethernet dengan jaringan 3G/4G. Namun jika anda hanya menggunakan satu koneksi saja, Speedify tetap mengklaim bahwa koneksi tersebut akan dipercepat dengan teknologi milik mereka.

Selain menyuguhkan kecepatan semaksimal mungkin, Speedify juga tidak mengambil data privasi dari anda sama sekali dan sudah tersedia di berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Android, iOS, Mac dan memiliki akses ke 30 server VPN. Di versi gratisnya, Speedify menawarkan akses 4GB di bulan pertama.

Namun turun secara drastis menjadi 1GB di bulan selanjutnya. 1GB mungkin terlihat sedikit bagi kebanyakan orang, namun sekali lagi semua itu tergantung kebutuhan anda dalam menggunakan VPN.

Namun patut diingat lagi bahwa Speedify menawarkan fitur yang menjaga kecepatan internet anda agar bisa semaksimal mungkin dan dalam beragam tes yang dilakukan web terkemuka, hal itu memang benar adanya. Hal itu saja sudah cukup membuat Speedify salah satu aplikasi VPN gratis terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan Speedify :

  • Kecepatan internet tidak berkurang (+)
  • Kebijakan privasi yang terbuka (+)
  • Tidak bisa digunakan untuk Netflix (-)

7. Freelan

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC Untuk Membuka Situs Yang Diblokir
Freelan

Proses instalasi dari Freelan agak berbeda dengan yang lain karena tidak hanya menginstal software saja seperti seharusnya, Freelan juga menginstal network driver yang baru untuk mengambil alih kontrol dari trafik web milik anda. Walaupun itu tidak masalah, namun tetap saja tidak ada salahnya saya menyampaikan hal tersebut.

Freelan merupakan aplikasi VPN gratis dengan kode yang bisa dilihat semua orang, namun proses instalasi bisa menjadi lebih rumit bagi pemula. Namun untuk pengguna yang sudah paham seluk beluk VPN, Freelan ini sangat bagus seperti halnya VPNBook.

Mungkin bagi anda yang masih pemula dalam hal VPN sebaiknya menghindari aplikasi ini. Namun jika anda merasa ingin belajar dengan cara mencoba, tidak ada salahnya juga untuk menginstal Freelan demi mencoba salah satu aplikasi VPN terbaik untuk PC ini.

Kelebihan dan Kekurangan Freelan :

  • Bisa menjadi yang terbaik dalam kecepatan dan kuota (+)
  • Sulit digunakan (-)
  • Tidak direkomendasikan untuk semua orang (-)

8. hide.me

Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC
hide.me

hide.me merupakan aplikasi VPN dari pengembang yang berasal dari negeri tetangga, Malaysia. Walaupun yang tersedia hanya 3 lokasi server yakni Singapura, Belanda dan Kanda serta penggunaan data yang maksimal 2GB perbulan.

Ada beragam alasan anda untuk menggunakannya, salah satunya adalah kecepatannya yang maksimal dan dapat disandingkan dengan kecepatan VPN Premium lainnya. Namun sayang, karena lokasi servernya yang sedikit, itu menjadi kekurangannya yang cukup besar.

Namun bagi kita yang hidup di Indonesia, server Singapura merupakan yang terdekat dan dapat menyuguhkan kecepatan yang luar biasa cepat. Nilai plusnya lagi, data browsing atau privasi dari anda tidak disimpan. Selain di Windows, hide.me juga hadir di berbagai sistem operasi populer lain seperti MacOS. iOS dan Android serta Linux.

Kelebihan dan Kekurangan Hide.me :

  • Kebijakan privasi patut diacungi jempol (+)
  • Tidak ada iklan (+)
  • Kecepatan internet tidak diturunkan (+)
  • Hanya dapat digunakan untuk satu perangkat (-)
  • Hanya memiliki opsi 3 lokasi (-)

9. Hotspot Shield Free VPN

tampilan aplikasi vpn Hotspot-Shield-VPN
Hotspot Shield Free VPN

Popularitas Hotspot Shield sebagai VPN gratis tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Anda dapat memilih hingga 25 negara jika menggunakan versi Elite dari Hotspot Shield ini, namun jika tetap menggunakan versi gratis, maka terdapat beberapa limitasi serta hadir dengan iklan.

Versi gratis dari Hotspot Shield menyediakan kuota harian sebanyak 500 MB atau sekitar 15GB sebulan dan dapat terhubung ke 5 peranglat. Dibandingkan dengan kompetitor lainnya, 500 MB terhitung cukup banyak, apalagi jika anda menggunakan VPN hanya untuk sekadar membuka situs yang terblokir saja tanpa download atau streaming.

Selain cukup murah hati dengan memberikan kuota, Hotspot Shield juga sangat mudah untuk digunakan, baik itu versi mobile atau desktop. Anda juga mendapatkan kesempatan trial premium selama 7 hari untuk menikmati kualitas dari salah satu VPN terbaik untuk PC ini.

Kelebihan dan Kekurangan Hotspot Shield Free VPN :

  • Aman digunakan sebab tidak menggambil data privasi anda (+)
  • Kuota harian 500 MB (+)
  • Mudah digunakan (+)
  • Performa dalam hal kecepatan tidak stabil di versi gratis (-)

10. ProtonVPN Free

tampilan aplikasi vpn protonvpn
ProtonVPN Free

Jika anda mencari VPN untuk PC dengan kuota unlimited, maka pilihan anda harus jatuh ke ProtonVPN Free. Aplikasi ini memang menawarkan VPN tanpa batas kuota. Selain versi gratis, ProtonVPN juga menawarkan versi premium.

Sangat jarang tentu menemui VPN yang menawarkan kuota unlimited seperti ProtonVPN. Walaupun terlihat sangat bagus dengan menawarkan kuota unlimited, ProtonVPN juga memiliki beberapa kelemahan.

Contohnya adalah hanya dapat digunakan di 1 perangkat, kemudian hanya terdapat 3 lokasi untuk dipilih, lalu pengguna gratis juga mendapatkan prioritas rendah dari segi kecepatan dibandingkan pengguna premium.

Kelebihan dan Kekurangan ProtonVPN Free :

  • Tidak ada batasan kuota alias unlimited (+)
  • Terbuka dalam hal kebijakan privasi (+)
  • Hanya dapat digunakan untuk satu perangkat (-)
  • Hanya memiliki opsi 3 lokasi (-)

Itulah beberapa software atau aplikasi VPN gratis terbaik yang patut anda coba, namun satu hal yang penting ketika memilih salah satu di atas ialah tujuan anda menggunakan VPN apakah hanya untuk membuka website tertentu atau yang lain.

Namun jika untuk streaming atau mendownload file, saya sarankan untuk membeli versi premium dari VPN diatas demi akses data yang unlimited. Karena hampir pasti tidak akan ada aplikasi VPN yang menyediakan akses unlimited dengan dibarengi kecepatan yang baik untuk streaming/download. Kunjungi juga artikel VPN Android terbaik dan sampai jumpa di artikel TutorAplikasi.com selanjutnya.

1 thought on “Aplikasi VPN Gratis dan Tercepat di PC (Update 2019)”

  1. Pingback: Aplikasi VPN Android Terbaik dan Tercepat (Update September 2019) • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *