Cara Mudah Flash Lenovo S5 Hanya 10 Menit

Last Updated on

Cara Mudah Flash Lenovo S5 Hanya 10 Menit

Cara Flash Lenovo S5 – Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Lenovo S5 , flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya. Disini juga sudah saya sediakan link download untuk ROM / firmware Lenovo S5 yang terdapat dibawah ini.

Pada minggu keempat di bulan Maret ini, Lenovo secara resmi memperkenalkan ponsel terbaru mereka, yakni Lenovo S5, Lenovo K5 Play dan Lenovo K5. Ketiga ponsel ini memiliki tingkatan sendiri – sendiri dimana Lenovo S5 yang menduduki tingkat teratas. Mengikuti tren ponsel saat ini, Lenovo S5 menggunakan layar FullView rasio 18:9 yang berukuran 5,7 inci dan memiliki resolusi 2.160 x 1.080 piksel.

Sekilas dari tampilan desain, terutama bagian cover belakangnya, ponsel ini terlihat mirip dengan Xiaomi Mi A1. Namun jika dilihat dari depan, maka ponsel ini akan mirip dengan Xiaomi Redmi 5 Plus / Redmi Note 5. Lenovo S5 memiliki beberapa keunggulan, namun yang paling ditonjolkan adalah penggunaan dual camera pada bagian belakang.

Dual camera ini memakai kamera beresolusi masing – masing 13 MP dan didukung oleh LED Flash. Sedangkan kamera depannya memakai resolusi 16 MP dan bukaan lensa f/2.2 yang sanggup merekam video pada resolusi 1080p. Dari segi jeroan yang digunakan, Lenovo S5 memakai prosesor octa-core Snapdragon 625 yang berjalan pada clock speed maksimal 2.0 GHz.

Terdapat juga GPU Adreno 506 yang digunakan sebagai pengolah grafis. Sedangkan dari kapasitas RAM dan storage yang digunakan, Lenovo memberikan tiga opsi bagi pembeli, yakni varian 3GB/32GB, 4GB/64GB dan 4GB/128GB. Untuk mendukung aktifitas ponsel, Lenovo S5 memakai baterai Li-Po berkapasitas 3.000 mAh.

Baca Juga :  Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5 Pro "whyred" (Sukses 100%)

Sedangkan antarmukanya sendiri, Lenovo S5 memakai ZUI 3.7 yang sudah berbasis pada Android 8.0 (Oreo). Namun sayang, untuk saat ini, Lenovo S5 baru dirilis untuk pasar China dengan banderol 999 yuan atau sekitar Rp 2,2 juta untuk varian paling rendahnya. Sedangkan untuk versi internasional, terutama Indonesia, masih belum ada kabar kapan ponsel ini akan dipasarkan.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Lenovo S5 yang bootloop.
  • Ponsel Lenovo S5 yang lupa kata sandi.
  • Ponsel Lenovo S5 yang restart sendiri.
  • Ponsel Lenovo S5 yang hank atau
  • Ponsel Lenovo S5 yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebelum melakukan proses flashing Lenovo S5, maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini.
Nama File Link Download
Lenovo Driver Download
Lenovo Downloader Download
Stock ROM Lenovo K5 Play Terbaru Download

ROM diatas merupakan ROM versi global, jadi sudah terdapat Bahasa Indonesia di dalamnya.

Jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

Langkah ke-1. Ektrak file yang sudah didownload diatas dan install USB Drivernya ke dalam komputer sobat.

Langkah ke-2. Buka aplikasi Lenovo Downloader dengan cara klik kanan QcomDLoader.exe dan pilih Run As Administrator.

Langkah ke-3. Setelah aplikasi terbuka, pilih “Browse” atau klik pada gambar gear seperti di gambar.

Baca Juga :  Cara Flash Xiaomi Pocophone F1 (Hanya 10 Menit) Sukses 100%

Cara Mudah Flash Lenovo

Langkah ke-4. Kemudian arahkan ke dalam folder hasil ekstrak firmware yang sudah di download tadi.

Langkah ke-5. Setelah itu klik tombol Play seperti di gambar.

Cara Mudah Flash Lenovo

Langkah ke-6. Sekarang, matikan ponsel Lenovo K5 Play sobat dan hubungkan ke dalam PC.

Langkah ke-7. Tunggu sebentar, nanti proses flash akan berjalan secara otomatis. Proses ini berjalan kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Langkah ke-8. Proses flash dikatakan sudah sukses jika ada pesan “Passed” pada kolom Progress. Jika sudah terdapat pesan tersebut, maka sobat dapat melepaskan ponsel Lenovo K5 Play.

Langkah ke-9. Cabut ponsel setelah proses flashing selesai dan tunggu ponsel Lenovo K5 Play milik sobat untuk menyala kembali. Sewaktu menyalakan ini, biasanya agak lama, jadi mohon bersabar sejenak.

Setelah sobat selesai melakukan proses flashing, maka sobat dapat mencoba melakukan proses root ponsel Lenovo S5 ini disini. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Mudah Flash Lenovo S5 Hanya 10 Menit | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!